Camilan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui, Cobain Deh!

Pretty Black Cat

Camilan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui, Cobain Deh!



Camilan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui, Cobain Deh!

Camilan pelancar ASI, memangnya ada ya? Ada dong. Camilan pelancar ASI bisa jadi sangat efektif nih untuk membantu ibu menyusui memenuhi kebutuhan nutrisinya. Karena, makan tiga kali sehari aja, bisa jadi nggak cukup untuk semua itu.

Camilan pelancar ASI bisa dikonsumsi disela-sela waktu menyusui. Jadi yang dimakan nggak harus nasi kalau lagi lapar sehabis menyusui. Menemukan camilan pelancar ASI yang sehat dan bebas lemak itu nggak susah kok.

Apa aja ya camilan pelancar ASI yang dimaksud? Yuk baca artikel ini sampai habiiis..

Camilan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui, Cobain Deh!

1. Sereal gandum utuh

Serat dari secangkir sereal gandum utuh, bisa menjadi asupan baik untuk ibu menyusui sebagai pelancar ASI. Campurkan ½ cangkir sereal gandum dengan susu ibu menyusui. Kalau saya sih langsung dijadikan camilan, hihi..

2. Edamame (kacang kedelai muda)

Camilan pelancar ASI ini salah satu favorit saya nih. Mengolahnya juga mudah, rebus 5,5 ons edamame selama 10 - 15 menit, boleh beri sedikit garam jika ingin menambahkan rasa. Kandungan Vitamin K yang tinggi mampu memperlancar ASI dan membuat nutrisi ibu menyusui tetap terjaga.

3. Yogurt

Siapa yang nggak tahu yogurt? Makanan sehat satu ini ternyata bisa jadi camilan pelancar ASI juga lho. Kandungan proteinnya dan probiotik alaminya sangat baik untuk pencernaan. Tambahkan irisan buah segar seperti pisang atau granola untuk menambah nutrisi.

4. Kacang-kacangan

Selain kandungan serat, ibu menyusui juga perlu untuk mencukupi kebutuhan lemak sehat yang bersumber dari kacang-kacangan. Ada almond, mete, kenari, yang mengandung protein serta tinggi zat besi. Supaya kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, cobalah mengolahnya dengan cara dipanggang, dijamin lebih lezat dan ASI bisa menjadi lebih kental.

5. Popcorn

Hah?! Popcorn? Yups, camilan pelancar ASI selanjutnya. Popcorn terbuat dari jagung tinggi serat, sudah pasti sehat untuk ibu menyusui. Karena, telah ada penelitian dari Departemen Kesehatan Keluarga dan Masyarakat Universitas Wisconsin, yang mengatakan bahwa popcorn dapat membantu mendorong proses laktasi.

Jika ingin menambahkan rasa, tambahkan keju sebagai protein, atau karamel sedikiitt aja, supaya kalorinya nggak berlebih.

6. Milkshake 

Aduhduh.. Siapa sih yang nggak doyan Milkshake? Ini juga jadi camilan sehat pelancar ASI andalan saya dong. Selain banyak mengandung nutrisi, milkshake juga bergizi tinggi.

Cara olahannya, campurkan 1 cangkir susu ibu menyusui, 1 sendok makan coklat bubuk rendah gula atau bisa diganti dengan dark chocolate, irisan pisang, dan es batu secukupnya. Blender hingga halus, dan siap dinikmati.

FYI, dark chocolate mengandung tinggi antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu juga bisa mengganti buahnya dengan dengan kandungan tinggi vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin B, dan vitamin C.

7.  Sandwidch atau roti panggang isi

Roti memang menjadi salah satu camilan favorit ibu menyusui nih, termasuk saya, hehe.. Karena, roti menjadi sumber serat dan karbohidrat yang kompleks, sehingga bisa jadi camilan pelancar ASI super sehat.

Tambahkan variasi topping atau isian sesuai selera kamu. Bisa selai kacang, krim keju rendah lemak, atau irisan buah pisang, alpukat, dll. Bisa juga menambahkan irisan ikan salmon atau tuna dengan telur, sayur bayam, dan tomat atau paprika.

8. Buah pepaya

Buah pepaya berkhasiat meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuh yang mampu memperlancar ASI. Buah pepaya juga kaya akan Vitamin A, B, C, dan E, rendah kalori yang baik untuk pencernaan.

Dibanding dengan perempuan lain, ibu menyusui akan membutuhkan lebih banyak kalori yaitu sekitar 2500 kalori per hari. Oleh karenanya, penting menambah asupan melalui camilan sebagai pendamping makanan utama. Dengan memperhatikan sumber gizi, nutrisi, protein dan kandungan lainnya, camilan sehat pelancar ASI yang sangat baik dikonsumsi.

Hindari makanan dengan nilai lemak tinggi. Dan jangan lupa untuk selalu menyempatkan diri berolahraga ketika menyusui bayi di atas 40 hari, supaya berat badan tetap terjaga serta sehat dan bugar.

Selain itu, ibu juga bisa memilih Anmum jadi teman susu buat ibu menyusui sebagai pendamping camilan pelancar ASI. Nyemil makin lezat, ASI makin lancar. Selamat mencoba.

Yups, itulah tadi beragam camilan pelancar ASI yang bisa ibu menyusui pilih. Selamat mengASIhi, semoga sehat selalu. Sampai jumpaa..


Ref: https://bit.ly/2TZ1oJf



Posting Komentar

5 Komentar

  1. wahh saya baru tahu nih kalo buah pepaya bisa memperlancar asi. Makasih yaa infonya

    BalasHapus
  2. Weh popcorn juga bisa melancarkanASI jg yah ternyata..
    aku baru tahuuuu <3 thankyou infonya mba kyy

    BalasHapus
  3. dari list di atas, cuma pepaya nih yg kukonsumsi, lainnya mehong, eh nggak denk, susah didapat kalau di warung warung belum ada. Milkshare dan yogurt itu aku ngebayangin manisnya aja nggak kuat bu, karena bikin bayi gendut katanya. takut susah keluar nanti...

    BalasHapus
  4. wah bisa saya rekomendasikan ke saudara saya yang sedang menyusui niy mba, biar makin lancar asinya, dan kebetulan juga makanannya mudah dicari

    BalasHapus
  5. Lah ternyata ada camilan untuk pelancar asi, aku baru tahu wkwkwk.
    Maklum ilmu calon emak2 nya masih minim nihh.
    Thanks mba Ky infonya, bermanfaat sekalii ini

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.