Cara Menyukseskan Manajemen Penggajian dalam Perusahaan

Pretty Black Cat

Cara Menyukseskan Manajemen Penggajian dalam Perusahaan



Manajemen Penggajian
Beberapa tahun lalu, saat saya masih bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi, saya ingat sekali sistem manajemen penggajian di sana sangat tepat waktu dan jarang sekali mengalami keterlambatan. Selain itu, hubungan antar karyawan dengan atasan pun sangat baik.

Setelah terjadi berbagai obrolan dengan beberapa teman, ternyata memang salah satu faktor yang menyebabkan terjalinnya hubungan baik tersebut adalah proses manajemen penggajian yang sangat baik. Karena, manajemen penggajian adalah kunci dari perusahaan yang kredibel dalam mengelola karyawan.

Beruntung sekali.. Sebab saya pernah menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Karena memang terkadang dibeberapa perusahaan, proses manajemen penggajiannya tidak selalu berjalan lancar dan mudah. Itu sebabnya, terdapat kendala dan berdampak dalam pengelolaan karyawan.

Lantas, bagaimana ya cara menyukseskan manajemen penggajian yang baiknya dijalankan dalam perusahaan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menyukseskan Manajemen Penggajian dalam Perusahaan

Berikut ada beberapa cara yang bisa digunakan perusahaan untuk menyukseskan penggajian. Check this out!

1. Otomatisasi sistem penggajian

Proses penggajian di perusahaan masih banyak yang mengandalkan cara manual. Kini, perkembangan teknologi dapat mewujudkan otomatisasi sistem penggajian dalam perusahaan. Sistem secara otomatis akan memproses dan menghitung gaji karyawan dengan serentak.

Salah satu cara mudah untuk mewujudkan otomatisasi penggajian adalah dengan menggunakan Software HRD. Dengan menggunakan Software HRD, perhitungan gaji dapat dilakukan secara serentak untuk banyak karyawan sekaligus. Contohnya adalah Software HRD dari LinovHR.

2. Menentukan cara pembayaran gaji dengan tepat

Perusahaan akan menggunakan berbagai metode pembayaran dalam manajemen penggajian. Ada perusahaan yang masih memberikan gaji dengan cara memberi uang tunai, ada pula perusahaan yang mengirimkannya langsung kepada rekening karyawan. Namun, biasanya perusahaan lebih memilih mengirimkannya langsung ke rekening karyawan.

3. Simpan informasi bank secara terpusat dan sistematis

Perusahaan yang memilih untuk membayarkan gaji melalui transfer bank biasanya akan bekerja sama dengan pihak bank tertentu. Tentu saja, hal ini membuat HRD harus menyimpan banyak informasi bank dan nomor rekening karyawan. Ada baiknya perusahaan menyimpan semua informasi ini secara terpusat dan sistematis. Sehingga ketika HRD hendak mengakses data tersebut, HRD tidak membutuhkan waktu lama dalam mencarinya.

4. Membuat laporan penggajian dan slip gaji dengan cepat

Laporan penggajian dipakai sebagai landasan pengambilan keputusan dan evaluasi soal gaji karyawan. Selain laporan penggajian, HRD juga pasti akrab dengan slip gaji. Kedua dokumen ini tampak sederhana, tetapi sangat penting bagi pengelolaan karyawan. Oleh karena itu, perusahaan harus memproses keduanya dengan cepat, tepat, dan akurat.

Manajemen Penggajian

5. Menghitung simulasi pajak tahunan

Manajemen penggajian pasti akan berkaitan dengan perhitungan pajak penghasilan. HRD harus mampu menghitung simulasi pembayaran pajak dalam setahun agar lebih mudah dalam memproses anggaran setiap tahunnya. Dengan demikian setiap pengeluaran di perusahaan adalah pengeluaran yang tepat guna sesuai sasaran.

HRD bertanggung jawab sepenuhnya atas manajemen penggajian dalam perusahaan. Sebab, manajemen penggajian merupakan bagian dari pengelolaan administrasi sumber daya manusia yang tidak boleh sembarangan menerapkannya.

Proses manajemen penggajian yang baik , adalah awal untuk menjaga hubungan karyawan dengan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan wajib melakukan pengelolaan gaji karyawan dengan benar dan sesuai ketentuan Undang-Undang Ketenagakerjaan. Sehingga kerjasama yang terjalin antara karyawan dengan perusahaan tetap berjalan lancar.

Jadi, sudah terbayangkan seperti apa manajemen penggajian yang baik dan bagaimana cara menyukseskannya  dalam perusahaan? Artikel ini memberi gambaran bahwa, pentingnya menjalin kerjasama yang baik untuk menjadikan perusahaan lebih maju dan berkembang.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa share yaa.. Sampai jumpaa..




Posting Komentar

15 Komentar

  1. Bener banget, mbak. Soalnya hubungan imbal balik antara perusahaan sama karyawan itu ditandai dengan gaji. Seberapapun pressure yang dialami selama bekerja, kalau gaji bisa masuk kantong tepat waktu paling gak bisa mengurangi beban pikiran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak betul, jadi, kebutuhan internal karyawan pun bisa segera terpenuhi.

      Hapus
  2. seneng ya bu kalo gajian tepat waktu, jadi atasan tu serasa menghargai apa yang kita kerjakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups! sungguh bahagia pastinya bu. kinerja karyawan juga makin baik.

      Hapus
    2. Apalagi kalo udah tersistem gini gajiannya pake software udah ga perlu nunggu kapan hilal tiba ini mah...

      Hapus
  3. Bener banget, apalagi utk perusahaan berskala besar, sistem penggajian memang diperlukan.

    BalasHapus
  4. Setuju. Dengan sistem penggajian yg jelas karyawan makin betah, dan gak banyal yg dikit² resign.

    BalasHapus
  5. Emang penting banget sih soal sistem penggajian gini. Kalau ada yang mudah dan akurat, memang cocok jadi pilihan

    BalasHapus
  6. Kalau ngikutin tips dari tulisan ini. Baik perusahaan maupun pegawainya pasti makmur ya.

    BalasHapus
  7. Di balik diberikannya hak karyawan berupa gaji, ada suatu manajemen yg mengaturnya ya. Ngga kebayang sih kalau manajemen ini ambiradul yg menyebabkan gaji tidak tepat waktu dll, bisa kacau. Pntg bgt nih manajemen yg bagus ;)

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu kalau proses penggajian di perusahaan ini prosesnya panjang. Tapi ada softwarenya pasti lebih gampang ya

    BalasHapus
  9. Baca yg terakhir aku jdi inget blum lapor spt nih mba, heheheh

    BalasHapus
  10. dengan melakukan otomatisasi memang dapat membantu meminimalkan kesalahan ya kak dalam penggajian untuk karyawan. Dan pastinya aplikasi seperti LinovHR bakal bermanfaat banget buat HRD

    BalasHapus
  11. Zaman digital serba mudah ya, Mbak Kyndaerim. Zaman saya semua manual. Terima kasih telah berbagi informasi.

    BalasHapus
  12. penting bgt ini bikin otomatisasi managemen penggajian, selain memudakan bagian perusahaan, karyawan juga tentu bakal diuntungkan krna minim kesalahan

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.