Gerakan Dasar Senam Otak, Bikin Konsentrasi dan Tenangkan Pikiran

Blooming Sparkly Red Rose

Gerakan Dasar Senam Otak, Bikin Konsentrasi dan Tenangkan Pikiran



Senam, senam otak, senam sehat


Gerakan Dasar Senam Otak, Bikin Konsentrasi dan Tenangkan Pikiran - Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata senam? Pasti olahraga ya. Ada berbagai macam gerakan-gerakan dalam senam. Karena memang, senam memiliki banyak jenis. Seperti, senam aerobik, senam akrobatik, senam lantai, dan sebagainya. 

Namun, pernahkah kamu mendengar gerakan senam otak? Kalau belum, yuk kita bahas secara singkat apa dan bagaimana gerakan dalam senam otak

Sejarah Singkat Senam Otak

Pada tahun 1960, senam otak pertama kali dikembangkan oleh sepasang suami istri ahli pembelajaran asal Amerika Serikat, Paul Dennison dan Gail Dennison. Awalnya, senam otak diperuntukkan bagi para siswa agar lebih efektif dalam belajar. Beberapa instruktur bahkan menjadwalkan waktu khusus untuk senam otak kepada siswa yang mengalami disabilitas. 

Seiring berjalan waktu, senam otak semakin lama semakin populer bukan hanya dikalangan siswa saja, namun juga seluruh masyarakat yang menganggap gerakan-gerakan senam otak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Senam Otak

Senam otak merupakan gerakan tubuh yang dipercaya mampu menjaga kesehatan mental serta fungsi kognitif agar lebih baik berpikir. Aktivitas otak sangat erat kaitannya dengan gerakan tubuh, sehingga tersinkronisasi dengan baik. Dengan begitu, kamu bisa menyerap informasi lebih cepat, meningkatkan kemampuan belajar, mengasah gerak refleks, koordinasi tubuh lebih baik, mempertajam daya ingat serta konsentrasi, dan juga dapat menyeimbangkan tubuh dan pikiran.

Manfaat lain yang didapat dari senam otak adalah, dapat membantu mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, serta meringankan beban pikiran, sehingga terasa lebih santai dan tenang.

Senam otak bahkan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja di waktu senggang. Misalnya di sela-sela kesibukan kantor atau kegiatan lainnya. Agar manfaat dari senam otak dapat dirasakan segera, maka sebaiknya senam otak dilakukan secara rutin.

Gerakan Dasar Senam Otak

Terdapat tiga gerakan dasar senam otak. Sesuai dengan panduan yang diterbitkan pasangan suami istri Dennison. Gerakan ini memang diperuntukkan kepada pemula. Simak dan ikutin gerakannya yuk..

Gerakan pertama

Gerakan ini dilakukan bisa dengan posisi duduk tegak atau berdiri tegak. Buka kedua kaki selebar bahu. Angkat kaki kanan hingga mengenai siku kiri. Begitu pun sebaliknya. Bersamaan dengan itu, miringkan kepala sesuai gerakan tangan. Lakukan bergantian, selama kurang lebih 30 detik.

Gerakan senam ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan otak kanan dan kiri, meningkatkan imunitas tubuh, dan melatih pernapasan. Karena memang gerakan ini menggerakan seluruh tubuh.

Gerakan Senam Otak 1


Gerakan Kedua

Gerakan ini cukup sederhana, dan ada dua pilihaan:

~ Jika dalam posisi berdiri, kamu hanya perlu menggerakan kedua tangan dengan membentuk angka 8 tidur atau simbol tak terhingga ∞ secara berlawanan.

~ Jika dalam posisi duduk, kamu perlu menyediakan selembar kertas dan dua alat tulis. Masing tangan memegang alat tulis, dan mulailah menulis membetuk angka 8 secara bersamaan namun berlawanan.

Lakukan selama 30 detik. Jika masih kesulitan, cobalah tulis dengan satu tangan terlebih dulu. Nantinya akan terlihat, otak kiri dan kanan memancarkan sinyal-sinyal saraf, tangan yang lebih dominan menggambar akan melemaskan otot-otot pergelangan tangan, sedangkan untuk tangan yang tidak dominan akan mampu melatih kreativitas.

Gerakan ini akan melatih otak kiri dan kanan agar meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, serta kecermatan visual.

Gerakan Senam Otak 2


Gerakan Ketiga

Berdirilah dengan tegak dan santai. Jalin kedua tangan tepat di depan dada secara menyilang. Sementara posisi pergelangan kaki juga saling menyilang. Pertahankan kedua posisi ini. Lalu pejamkan mata sambil menarik napas dalam dan hembuskan lewat mulut dengan perlahan-lahan. Lakukan pernapasan ini semampunya saja, selama yang kamu bisa.

Lakukan gerakan ini selama 3 - 5 menit, atau ketika kamu sudah merasa lebih tenang.

Gerakan ini bermanfaat untuk menenangkan sistem saraf pusat otak. Selain itu, pikiran akan terasa lebih jernih dan fokus. Cobalah lakukan gerakan sesaat sebelum beraktivitas, atau saat kamu butuh untuk memutuskan sesuatu, saat dilanda kecemasan, atau bahkan sulit berkonsentrasi.

Gerakan Senam Otak 3

Gimana, cukup mudah ya gerakan senam dasar otak ini. Lakukan dengan rutin, supaya hasilnya maksimal. Dijamin, pikiran akan lebih tenang dan juga lebih santai dalam melakukan kegiatan apapun. Semoga bermanfaat, jaga kesehatan dan jangan lupa berbagi ke media sosial. Sampai jumpa..

Gif: tenor.com

Reff: https://hellosehat.com/hidup-sehat



Posting Komentar

6 Komentar

  1. Wahhh yang nomer satu aku sering bangett tanpa sadar itu merupakan bagian dari senam otak yahh.. Hihi, setidaknya 1 dari 3 gerakan sudah sering dilakukan setiap harinya :D..

    Kirain eh bakal geleng-geleng kepala biar otaknya gerak hihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah.. rajin olahraga ya mas, keren-keren..

      Wkwk.. Judulnya agak mengecok ya, kalo geleng-geleng sih beda tujuan lagi itu :D

      Hapus
  2. cocok banget ini mbak. Aku lakuin nih langsung selagi baca. Belakangan ini punggung rasanya berat banget kalo abis ngadep di depan laptop, jadi emang perlu rileksasi termasuk senam otak ini yaa. nice info Mbak Ki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. ya mbak Ghinaaa.. Semoga otak kita semakin jernih dan sehat ya, biar makin semangat nulisnyaaa :D

      Hapus
  3. Oalaaah ada juga toh senam otak mba. Selama ini ya kalo denger senam otak, itu aku lgs mikirnya TTS ato sudoku, supaya otak ttp aktif :D.

    Ntr aku mau coba ah gerakan2nya. Ga terlalu sulit juga kok. Bisa aku masukin dlm daily workout routine ku :)

    BalasHapus
  4. Bisa juga sih mbak, tapi itu semacam latihan berpikir. Kalo ini versri gerakannya. Selamat mencoba, semoga berhasil :D

    BalasHapus

Sponsored by Digital Marketing Agency Bali

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.