Fakta & Mitos Seputar Menstruasi, Check!

Pretty Black Cat

Fakta & Mitos Seputar Menstruasi, Check!



Fakta & Mitos Seputar Menstruasi

Fakta & Mitos Seputar Menstruasi, Check! - Selamat datang kembali di Blog Kyndaerim. Bahasan kali ini masih aja sering jadi pertanyaan di benak perempuan, yaitu hal-hal yang berbau menstruasi/datang bulan/haid. Berbagai fakta maupun mitos yang muncul tentang menstruasi, membuat para perempuan menjadi tidak bebas melakukan apapun. Tapi, seberapa benar sih fakta dan mitos yang muncul ? Langsung kita bahas aja yuks.

1. Tidak Boleh Keramas Saat Menstruasi

Mitos paling populer nih, hehe. Katanya sih wanita nggak boleh keramas saat sedang menstruasi. Karena akan menyebabkan sakit kepala. Makanya kebanyakan perempuan rela tidak keramas selama berhari-hari, termasuk saya, haha..
Namun faktanya.. Perempuan yang sedang menstruasi memang bisa mengalami sakit kepala. Tapi keramas bukanlah masalahnya, melainkan karena sindrom premenstrual. Gejala dalam sindrom premenstrual biasanya timbulnya jerawat, badal terasa pegal, mudah marah, kembung, dan perubahan suasana hati. Jadi seandainya kalau ada perempuan lagi marah-marah nggak jelas, anggap aja dia lagi menstruasi, hihi..

2. Minuman Soda Dapat Melancarkan Menstruasi

Menstruasi yang tidak lancar akan membuat kamu kesakitan dan jadi tidak nyaman melakukan kegiatan sehari-hari. Ada sebuah mitos bahwa dengan meminum-minuman bersoda, maka menstruasimu bisa lancar. Ini sih jelas mitos yaa..
Karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungannya antara minuman bersoda dengan kelancaran menstruasi. Penyebab menstruasi tidak lancar adalah karena hormon yang bertugas mengatur siklus menstruasi tidak seimbang, perubahan berat badan, atau karena stres. Cara agar menstruasi lancar adalah bukan dengan minum minuman bersoda, melainkan dengan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air putih. Intinya jalani gaya hidup sehat ya girls.

3. Tidak Boleh Minum Minuman Dingin Saat Menstruasi

Perempuan dilarang meminum minuman dingin saat menstruasi, karena dapat menyebabkan jadwal datang bulan menjadi terlambat dan karena minuman dingin dianggap dapat membekukan darah haid dan membuat dinding rahim mengeras. Benarkah mitos ini ?
Faktanya menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi wanita, sedangkan makanan dan minuman berhubungan dengan sistem pencernaan. Jadi, mengonsumsi minuman dingin tidak berpengaruh pada keterlambatan menstruasi seseorang. Menstruasi yang datang terlambat disebabkan oleh tiga hal, yaitu adanya masalah pada dinding rahim, masalah hormonal dari indung telur, dan masalah psikologis, seperti stres.

4. Tidak Boleh Berenang

Perempuan yang sedang menstruasi dilarang berenang karena akan menyebabkan air tercemar darah haid, serta dapat menghentikan siklus menstruasi, sampai dapat menyebabkan mandul. 
Faktanya, kamu tidak perlu takut darah haid akan mengotori kolam renang karena tekanan air di dalam kolam renang akan menghambat darah keluar selama kamu berada di dalam air. Meski demikian, tekanan air kolam tidak akan menghentikan darah haid sehingga tidak keluar sama sekali. Selain itu, kegiatan olahraga ini juga tidak akan memengaruhi kesehatan reproduksi wanita yang sedang menstruasi. Namun, sebagian besar wanita memang mengaku tidak nyaman untuk berenang ketika sedang menstruasi, apalagi jika darah yang keluar sedang banyak.

5. Dilarang Berhubungan Intim

Banyak pasangan yang menunda berhubungan intim karena sang perempuan sedang menstruasi. Berhubungan intim saat sedang menstruasi dianggap hal yang menjijikan atau kotor.
Faktanya menurut beberapa ahli, berhubungan intim saat sedang menstruasi justru dapat meredakan rasa kram di perut. Hal tersebut dapat terjadi karena saat kamu mencapai orgasme, otot-otot rahimmu berkontraksi dan pelepasan, sehingga dapat membuat kram perutmu jadi lebih baik. Selain itu, darah haid juga dapat berguna sebagai pelumas alami untuk memudahkan melakukan hubungan intim. Wow..
Yup! Itu tadi beberapa fakta dan mitos tentang menstruasi. Jadi, kamu udah nggak perlu lagi membatasi kegiatan saat sedang menstruasi ya, nggak ada alasan apapun, kecuali kalau datang bulan yang kamu rasain sangat ekstrim. Misalnya, perut kram berlebihan, sakit kepala berlebihan, atau merasa lemas, lebih baik segera hubungi dokter ya, supaya tetap aman.


Gif: tenor.com


Posting Komentar

13 Komentar

  1. Kalo saya untuk melancarkan haid banyak minum air putih hangat. Entah mitos atau bukan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener atau enggaknya, semoga selalu sehat kita ya mbak :D

      Hapus
  2. 4 mitos yang pernah aku denger kecuali yang nomor 5. Dulu aku sempet percaya kalo minum es bikin haid ga lancar, terus jadi ga minum es dan makan es krim pada saat haid. Abis itu ngeh juga karena haid kan di bagian reproduksi, sedangkan makan dan minum itu pencernaan. Jadi setelah ngeh itu, aku uda ga pantang-pantang minum es atau makan es krim lagi hahaha

    Buat yang nomor 5, aku justru malah tambah kram kak HAHAHA padahal aku cuma bercumbu ga penetrasi. Eh malah bikin perutku makin sakit karena kontraksi. Kupikir akan bikin rileks kan eh malah tambah bikin sakit hahaha Tapi kalau untuk berhubungan intim hingga penetrasi sih aku ogah juga karena geli HAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Kalo nomor 5 sih memang mayoritas perempuan jarang atau bahkan nggak pernah ngelakuinnya ya, semua tergantung masing-masing aja, hihi..

      Bahasan dewasa sudah, hihi..

      Hapus
    2. Hahaha iya soalnya topiknya nyerempet dewasa siiih jadi nyenggol deh ><

      Hapus
  3. Tapi, eh, tapi, kalo aku minum minuman bersoda, haidku jadi lebih lancar dan deras loh, jadinya cepet selesai. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih kak? Mungkin memang lancar aja gitu haidnya kak Muna, haha..

      Hapus
  4. aku nggak terlalu mematuhi mitos mitos yang selalu orang bilang, katanya ga boleh keramas, lah masa seminggu lebih mau ga keramas, apa kabar nanti rambut, apalagi kerjaan selalu berhubungan dengan orang-orang, dikira nggak pernah mandi nantinya
    lalu ga boleh minum es, kalau lagi pengen es ya tinggal beli aja, apalagi kalau pas siang siang lagi terik emang paling enak minum es.
    kadang apa yang dibilang orang orang ini suka nggak masuk akal di aku mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah.. semua memang tergantung pendapat maasing masing ya mbak. Kadang ada yang bikin kepikiran, dan banyak yang santai juga sih, kaya mbak Ainun, hehe..

      Hapus
  5. nomor 5 sangat kontroversial. tapi katanya kalau berhubungan badan ketika haid bisa menimbulkan kista rahim, bener ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yg aku baca sih resikonya bikin mandul sama kista, wallahu'alam sih bu

      Hapus
  6. wkwk gak nyangka saya pernah menjadi korban dari semua list tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp mbak, wajar. yang nggak pernah ngerasain ini kan lelaki, hihi..

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.