Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Pretty Black Cat

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan



Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan - Sejatinya, perempuan memang terlahir sebagai sosok yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Berbagai macam persepsipun bermunculan. Terutama di wilayah Indonesia, yang kebanyakan menganggap bahwa pekerjaan perempuan tak jauh dari sekedar mengurus rumah tangga. Sehingga kerap kali perempuan dianggap remeh dan lemah, bahkan tak mampu berbuat apa-apa.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, perempuan menjadi sosok yang tak jarang disegani. Karena, perempuan kini sangat banyak berkontribusi di berbagai bidang, seperti politik, sosial, budaya, ekonomi bahkan pendidikan. Tak khayal, hal ini membuat banyak perempuan mampu mengatasi berbagai persoalan besar dalam bangsa dan negara.

Dilihat dari segi fisik, perempuan memang mungkin tidak bisa melakukan banyak hal berat. Namun, jauh di dalam dirinya, perempuan sangat berpotensi memberikan kecerdasan khususnya dalam hal pendidikan, selain untuk dirinya sendiri juga untuk generasi akan datang. Perempuan zaman sekarang pastilah perlu juga mendapatkan pendidikan yang layak. Karena, banyak tokoh-tokoh sukses yang tak lepas dari didikan orang tua terutama sang ibu.

Apalagi, sudah sejak lama seorang Raden Ajeng Kartini menggaungkan tulisan serta tindakan-tindakannya yang berani, yang dikenal dengan bahasa emansipasi. Hal ini tentu saja menjadi semangat tersendiri bagi para perempuan masa kini untuk lebih bisa dihargai dalam berbagai macam hal. Karena pada dasarnya, perempuan selalu dianggap sebelah mata untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Mengutip dari wikipedia, belum lama ini dikenal sosok perempuan muda bernama Sherly Annavita Rahmi, MSIPh, lahir di Lhokseumawe, Aceh 28 tahun lalu, adalah seorang kreator konten di YouTube dan sosial media. Sherly merupakan lulusan Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Paramadina, Jakarta. Di tahun 2016, ia melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum dan Bisnis, Swinburne University, Melbourne, Australia. Sherly melewati masa kecil dan menyelesaikan pendidikan di Kota Lhokseumawe, Aceh Utara.


Foto Instagram Sherly Annavita


Sherly aktif mengikuti berbagai ajang perlombaan, seperti MTQ, pidato, dan karya tulis sejak SMP sampai kuliah. Ia merupakan juara pertama Syarhil Qur'an pada ajang MTQ tingkat Kota Lhokseumawe pada 2008. Di 2012, Sherly mengikuti perlombaan pidato dalam ajang "Pemilihan Dai Cilik" mewakili Nangroe Aceh Darussalam. Di bidang penulisan, ia berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Penulisan Kebangsaan Fraksi PKS DPR RI untuk kategori umum pada 2015. Best Delegate AWMUN 2018 (Asia World Model United Nations). Dan belum lama ini Sherly dan kawan-kawan, mendirikan Sherly Enlightment Academy singkatan dari S.E.A Indonesia, yaitu sekolah public speaking pertama di Indonesia.


Dari profil Sherly Annavita di atas, maka sangat diyakini keterlibatan perempuan dalam beragam hal inilah yang pantas dijadikan bukti untuk siapa saja termasuk kaum laki-laki, bahwa pendidikan sebagai kunci penguatan peran perempuan. Sehingga dalam ruang lingkup apapun, perempuan mampu berekspresi menyampaikan gagasan-gagasannya untuk kemajuan bangsa dan negara. Bahkan, sangat pantas untuk disejajarkan dengan kaum laki-laki.

Oleh karenanya, tak ada lagi yang perlu dikhawatirkan terutama masalah pendidikan. Bagaimanapun, orang tua pasti ingin memiliki anak-anak dengan ilmu yang mumpuni agar masa depannya menjadi lebih baik, bahkan dari orang tuanya sendiri. Semoga bermanfaat.


Gif: tenor.com
Sumber profil: Wikipedia


Posting Komentar

16 Komentar

  1. namun kadang, masalah gender juga merambah dalam pernikahan. karena label "istri harus patuh pada suami", ketika istri berusaha menyuarakan pendapat sering disebut tidak patuh dan membantah. gimana menurut mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya balik lagi ketujuan awal menikah ya. Komitmen apa yang sudah disepakati. Dan semua memang tergantung pribadi masing-masing sih. Wadidaw! 😅

      Hapus
  2. Keren banget sejak dini sudah berprestasi. Semogs generasi muda indonesia banyak yang berprestasi seperti kak sherly ini

    BalasHapus
  3. Perkembangan jaman sekarang membuat perempuan harus berpendidikan. Kalau gak gitu bagaimana bisa memberikan makanan yang sehat, pendidikan yang baik dll untuk anak-anaknya...

    BalasHapus
  4. Aku bangga terlahir jadi seorang perempuan. Meskipun sampai sekarang kita gak bisa serta Merta meluruskan stigma masyarakat tentang gender perempuan ini

    BalasHapus
  5. Kmrn channelnya sheryl nongol nih. Ternyata dia hasilnya bagus juga yaa. Kapan2 mampir ah coba

    Perempuan semakin terbuka sket kesempatannua mbak. Perlu disyukuri bgt, semoga kita dan lingkungan kita mendukung kita utk terus berkembang yaa

    BalasHapus
  6. Makanya ada istilah anak2 yg cerdas lahir dari rahim ibu yg cerdas, krna emang IQ anak nurun dri gen ibu

    BalasHapus
  7. Bener banget kak. Ngga ada peninggalan paling berharga dari orangtua selain ilmu atau pendidikan yang layak untuk anaknya. Karena harta itu udah pasti habis. Sedangkan ilmu, atau pendidikan, manfaatnya pasti kerasa sampai dia tua.

    BalasHapus
  8. Lah, melalui tulisan ini aku baru tahu loh profilnya Sherly Annavita.. Aku seneng banget dengerin suara Kak Sherly, motivasinya mengena banget.

    BalasHapus
  9. sherly temen aku pas kuliah pas sama2 di satu kepanitian antar kampus ketemu. waktu masih tahun 2010, kita masih unyu2 wkwk. emang anaknya humble sih hehe

    BalasHapus
  10. Aku selalu takjub kak sama perempuan yang sangat berpendidikan. Mereka sangat inspiratif, apalagi kalau memang punya life skill penunjang. Semoga kita bisa seperti perempuan2 cerdas itu ,tanpa melupakan kodratnya

    BalasHapus
  11. Setuju banget. Dengan ilmu perempuan pun bisa berdaya. Aku gak asing sama mukanya mba sherly ini. Mungkin karena beberapa kali pernah liat juga di youtube.

    BalasHapus
  12. Aku setuju sih, mau jadi apapun nanti, pendidikan anakku yang perempuan ini sangatlah penting, karena akan menjadi bekalnya dalam menjalani kehidupan. Dan akan menjadi bekalnya dalam mendidik anaknya kelak.

    BalasHapus
  13. Benar-benar sosok perempuan mudah yang menginspirasi ya Sherly Annavita ini. Kuncinya memang ada pada pendidikan. Tidak salah juga bila perempuan diibaratkan sebagai tiangnya negara. Dalam arti peran perempuan tidak bisa diangap sepele oleh sebab itu perempuan juga harus berdaya ya Mbak

    BalasHapus
  14. Perempuan bagaimanapun perannya ttp harus berpendidikan ya kak. Karena pendidikan itu invest paling berharga. Terlebih generasi terlahir dr rahim seorang perempuan. Aku salut bgt dengan kak Sherly yg punya prestasi amazing.

    BalasHapus
  15. Karena perempuan adalah madrasah pertama untuk anak2, maka penting perempuan mengenyam pendidikan setara dengan laki2

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.