Blooming Sparkly Red Rose

Ini Cara Dietku. Anti Gagal!





Halo semuanyaa.. Sehat selalu, jangan 
bosen buat cuci tangan dan jaga kebersihan diri yaaa..

Saya punya pengalaman gendut nih, hihi.. Selama hamil kemaren, berat badan saya naik 13kg, jadi sekitar 63kg gitu. Dan setelah melahirkanpun berat badan saya selalu mentok di 60kg. Cuma turun 3 kilo, itupun karena bayinya lahir, haha..

Berat badan itu saya 'miliki' sekitar 3 tahun lamanya setelah melahirkan, pernah sih turun, paling banyak 2 kilo, haha..

Di tahun berikutnya, saya berniat untuk benar-benar bisa turun ya setidaknya di angka 55 kilo laahh.. Tapi tetap aja stabilnya di angka 57 atau 58.

Tahulah, yang namanya perempuan kalau udah dikatain makin 'gendut', makin 'gemuk', makin 'bulat' kayak bakpao, langsung deh kepikiran sampai bagian otak terdalam, wkwk..

Kalau saya yang paling nyesek itu pas di bilangin 'eh, hamil lagi ya?' Saya orangnya jujur jujur agak panik sih, dan langsung jawab 'eh, enggak, belum kok belum'.

Well, sekitar 2 bulan lalu, saya ngerasa kok agak ringan nih badan. Dan pergilah saya mengambil timbangan badan yang ada di bawah rak buku, dan hal mengejutkan pun terjadi (jeng-jeng-jeng) jarum timbangan yang saya pijak itu mengarah ke kiri, tepatnya di angka 54kg.

Jadi, saya coba hitung mundur dari berat badan awal, kalau nggak salah sekitar 2 mingguan saya berhasil mendapatkan 54kg itu. Dan 2 minggu kemudian coba timbang lagi, dan turun lagi 2kg. Jadi berat badan saya sampai dengan detik ini adalah 51kg.

Makannya gimana? Soal makan tetep 3x sehari, dengan porsi secukupnya. Dan saya memang terkadang mengurangi makan malam, terkadang lho yaa..

Jadi makan malamnya saya ganti ke sorenya. Tapi itu juga kadang godaan banyak mengancam. Karena, kadang kalau suami pulang kerja, ada aja bungkusan yang di bawa. Yang paling sering itu es bubur kacang ijo (mengandung santan dan gula, NO!). Jadi, saya sedikit kasih edukasi aja buat suami, kalau istrinya ini sedang berjuang untuk nurunin berat badan, huhuhu..

Singkat cerita, tanpa sadar kebiasaan saya yang jarang ngemil (tidak termasuk makan malam) menjadi faktor utama penyebab keberhasilan diet saya, hhahaha..

Padahal ya, tadinya saya paling suka ngemil, apalagi sejenis kacang, keripik, dkk.

Setelah berhasil menurunkan berat badan "tanpa sadar" ini, akhirnya saya menemukan solusi baru untuk tetap menjaga kestabilan timbangan saya, yaitu dengan cara membeli cemilan khusus untuk anak saya. Misalnya wafer, itu sih yang paaaling anak saya suka.

Jadi, kalaupun saya mau ngemil, saya akan langsung ingat "oh iya, ini cemilannya Bang Rasyiid," langsung lah mengembalikan toples isi wafer tersebut.

Selain itu, saya juga membeli setidaknya 2 macam buah per-tiga hari. Seperti pepaya, pisang, semangka, atau buah naga (sementara itu sih yang selalu di bawa mas sayur keliling langganan saya, hehe).

Well.. Ternyata diet itu nggak susah kok (cuma tergantung niat sih). Dan inget aja rumus saya, no ngemil makanan ringan dan utamakan buah. Titik!

Gif: tenor.com


Post a Comment

14 Comments

  1. malas mahu diet. semoga berjaya dengan rutin diet kamu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak perlu dietlah kak Tiara. Sebab kamu sudah langsing, cantik lagi :D

      Delete
  2. Oooo, berarti saya tahu sebabnya, saya kok rasanya tambah berat ini, jadi ini karena makan malam ya. Makasih banyak ya, Mbak, soalnya saya sering makan malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Betul bang. Makan malamnya ganti sore aja, atau kalo laper pas malem, mending minum air putih terus tidur, haha..

      Delete
  3. kalau ngomongin diet memang harus konsisten sih, tapi lagi lagi paling cuma wacana apalagi wfh hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk.. Betul betul. WFH yg membawa lemak ya jadinya.

      Delete
  4. 3 tahun lalu saya dan istri diet ketat. saya joging seminggu 3x, istri olahraga ringan di rumah dgn alat2 bantu. porsi nasi dikurangi, klo pesan jus buah murni tanpa gula dan susu. 3 bulan kemudian istri malah hamil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya itu tips diet sehat untuk kesuburan, ya bang? :))

      Delete
  5. Saya justru kepingin ndut mbak.. Tpi susah.. Walo udh sering ngemil.. Gimana yaaa wk wk kebulak balik kita 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwwaaa.. Komen kamu bikin akutu pengen makan loh.. makan orang! wkwk..

      Delete
  6. yang penting itu semangat !

    ReplyDelete
  7. Yang penting sesuai bmr makannya mba, biar gak kekurangan nutrisi, dan badan tetep ideal 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Rini, BMRnya langsung saya itung lho 😂

      Delete

Kyndaerim: Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.