Adbox
LightBlog

23 November 2019

Cara Membiasakan Anak Perempuan Berhijab


"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri orang-orang Mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbab mereka ke seluruh tubuh titik yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal sehingga mereka tidak mudah diganggu. Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Ahzab: 59)

Pasti udah nggak asing ya mendengar ayat di atas. Ayat tersebut sangat terjelaskan bahwa perempuan wajib menutup auratnya.

Hijab adalah lambang ketaatan seorang muslimah kepada Allah dan RasulNya. Lebih dari itu, hijab adalah inti dari wanita muslimah, dan wanita muslimah adalah inti dari keluarga Islami. Karena itu, sebagai orang tua harus mulai melatih anak gadisnya untuk berhijab sejak usia dini.

Namun, sebelum itu, kedua orang tua wajib tahu apa makna hijab. Hijab mengandung dua makna. Pertama, hijab bermakna menutup tubuh wanita. Kedua, hijab bermakna tidak bercampurnya wanita muslimah dengan laki-laki yang bukan mahramnya. Dua makna hijab tersebut harus diajarkan kepada anak perempuan sejak dini. Sehingga, nilai kemuliaan hijab akan melekat di hatinya. Ia pun tidak akan menanggalkan hijab nya ketika dewasa, dan merasa risih jika ia tidak menggunakan hijabnya.

Orang tua harus bisa mulai melatih dan membiasakan anak perempuan untuk berhijab ketika ia berusia 7-10 tahun, sama seperti halnya perintah untuk mengajarkan anak sholat. Seorang ulama terkemuka Syekh Ali Ash-Shabuni berkata bahwa, seorang muslim harus membiasakan anak gadisnya untuk berhijab syar'i sejak berusia 10 tahun. Sehingga, saat baligh kelak, ia tidak sulit diminta untuk berhijab.

Cara melatih anak perempuan berhijab

❣Berikan pemahaman kepada anak tentang aurat sejak ia berusia 3 tahun
❣Arahkan anak perempuan an anda untuk menutup seluruh tubuhnya selain rambut, leher, wajah, telapak tangan dan telapak kaki nya di depan keluarga.
❣Biasakan buah hati anda untuk memakai celana panjang, baik di luar rumah maupun di dalam rumah, termasuk ketika tidur.
❣Biasakan anak anda untuk tidak masuk ke ruangan orang yang bukan mahramnya sejak berusia 5 tahun.
❣Biasakan anak perempan Anda untuk menutup rambut ketika keluar rumah.
❣Anjurkan anak perempuan Anda untuk berhijab sejak umur 6 tahun. Secara naliri, seharusnya ia sudah terdorong untuk berhijab ketika melihat ibu dan kakak-kakaknya telah berhijab.
❣Perintahkan anak perempuan Anda yang berusia 7 tahun untuk berhijab. Berikan apresiasi untuknya berupa pujian atau hadiah. Namun, ketika ia menolaknya, maka berilah hukuman ringan dan bukan menghukum secara fisik.
❣ Jika anak perempuan berusia 10 menolak untuk berhijab, Anda bisa menghukumnya secara fisik, tanpa melukai. Jika tidak di biasakan, maka Ayah juga akan berdosa dan bertanggung jawab di akhirat jika membiarkannya.

Insya Allah cara-cara di atas memudahkan kita sebagai orang tua untuk melatih anak perempuan berhijab ya. Memang harus dengan paksaan, karena sudah jelas diperintahkan Allah dalam Al-qur'an. Namun harus tetap sabar dan secara bertahap. Ya Allah, semoga saya lekas dikaruniai seorang anak perempuan, biar bisa praktekin cara-cara di atas, aamiin 😇

2 comments:

  1. Hoo jadi umur yang pas tuh sebetulnya 6 tahun ya. Lalu di tahun depannya mulai suruh dan apresiasi. Makasih ya mbak! (padahal punya temen berkembang biak aja belom). Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul..
      Itu dipupuk aja biar cepat gede, haha..

      Delete

Silahkan beri penilaian, masukan dan saran yang membangun. Mohon tidak menyertakan link aktif atau komentar spam. Terima kasih :)

LightBlog
LightBlog