Persiapan Sebelum Memilih Homeschooling dan Rekomendasi Terbaiknya



Homeschooling Terbaik di Indonesia

Homeschooling, atau sekolah di rumah, merupakan sistem pendidikan di mana orang tua mengambil tanggung jawab penuh atas pendidikan anak-anak mereka secara sadar dan terencana, di luar sistem pendidikan formal seperti sekolah pada umumnya.

Homeschooling di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang, bahkan sebelum masa kemerdekaan, khususnya di kalangan bangsawan dan ulama.

Pengakuan resmi homeschooling terdapat pada UU Sisdiknas 2003: Lahirnya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjadi titik balik penting. Pasal 27 ayat (1) UU Sisdiknas menyatakan bahwa "Kegiatan pendidikan informal dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar mandiri."

Setelahnya di tahun 2006, tercetus Deklarasi Asosiasi Sekolah Rumah dan Sekolah Alternatif (ASah Pena) di Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menandai dimulainya era baru homeschooling di Indonesia.

Manfaat Homeschooling

Homeschooling menawarkan beberapa manfaat yang potensial bagi anak dan orang tua, antara lain:

1. Pembelajaran yang Lebih Personal

Orang tua dan anak dapat mengatur waktu, kurikulum, serta metode belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar anak, sehiingga anak dapat lebih fokus pada topik yang mereka minati dan lebih mudah dipelajari secara mendalam.

2. Perkembangan Karakter dan Bakat

Orang tua dapat lebih terlibat dalam pendidikan anak dan membangun bonding yang lebih kuat sekaligus menanamkan nilai-nilai dan karakter yang mereka anggap penting pada anak. Selaiin itu, anak memiliki waktu dan ruang untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka secara bebas.

3. Keamanan dan Kenyamanan

Anak akan terhindar dari bullying atau lingkungan sekolah yang tidak aman, sehingga orang tua dapat memantau kesehatan fisik dan mental anak.

Selain itu, homeschooling dapat lebih menghemat biaya dibandingkan sekolah formal.

4. Fleksibilitas Gaya Hidup

Waktu belajar yang fleksibel, sehingga anak dapat belajar kapanpun dan dimanapun, bahkan dalam perjalanan kemanapun yang membuka peluang untuk belajar tentang budaya dan tempat yang berbeda.

Anak akan dapat lebih mudah terlibat dalam komunitas sekaligus membangun hubungan dengan orang-orang dari berbagai usia dan latar belakang.

Persiapan Sebelum Memilih Homeschooling

Ruang Belajar yang Kondusif


Memutuskan memilih homeschooling terbaik di Indonesia, merupakan keputusan besar yang membutuhkan pertimbangan dan persiapan yang matang.

Agar proses homeschooling dapat berlangsung optimal, berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan, antara lain:

1. Memahami Homeschooling Lebih Dalam

Sebaiknya, pahami terlebih dulu tentang homeschooling secara menyeluruh. Cari informasi melalui buku, internet, seminar, atau tanyakan langsung kepada orang tua yang sudah menerapkan homeschooling.

2. Menentukan Tujuan Homeschooling

Pastikan tetapkan tujuan yang jelas ketika memilih homeschooling, apakah untuk memberikan pendidikan yang lebih personal, fokus pada minat dan bakat anak, atau karena alasan lain. Tujuan ini akan membantu orang tua dalam menentukan kurikulum, metode belajar, serta sumber daya yang tepat.

3. Memahami Keinginan dan Kebutuhan

AnakMerupakan salah satu langkah yang krusial yaitu memahami keinginan dan kebutuhan anak. Baiknya, orang tua turut mendiskusikan hal ini bersama anak. Mulai dari menjelaskan apa itu homeschooling, menanyakan kepada mereka apakah bersedia, hingga memastikan anak memahami konsekuensi homeschooling, seperti kurangnya interaksi dengan teman-teman layaknya di sekolah formal.

4. Memilih Kurikulum dan Metode Belajar yang Tepat

Pastikan orang tua memilih kurikulum yang memang sesuai dengan kebutuhan anak, baik itu minat maupun gaya belajar anak. Kurikulum homeschooling terbaik di Indonesia umumnya tersedia dalam kurikulum nasional, kurikulum internasional, atau kurikulum berbasis minat. Pilihlah metode belajar yang efektif dan menyenangkan bagi anak.

5. Menyediakan Ruang Belajar yang Kondusif

Sediakan ruang belajar yang nyaman, tenang, dan bebas dari segala gangguan. Pastikan ruang belajar memiliki pencahayaan yang baik, ventilasi yang memadai, serta dilengkapi dengan meja, kursi, dan peralatan belajar yang dibutuhkan.

6. Mempersiapkan Dukungan Sosial

Walaupun homeschooling, pastikan anak tetap memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya, baik melalui komunitas homeschooling, kegiatan ekstrakurikuler, atau kegiatan lainnya.

7. Mempersiapkan Biaya Homeschooling

Setelah cukup matang dan akhirnya memilih pendidikan homeschooling terbaik di Indonesia, pastikan untuk mempersiapkan sekaligus memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk membiayai homeschooling anak dan keperluan lainnya. Biaya homeschooling dapat bervariasi, tergantung metode pembelajaran yang dipilih.

Alta School: Homeschooling Online Terbaik di Indonesia

Alta School Homeschooling Terbaik di Indonesia


Untuk para orang tua yang masih bingung dengan pilihan homeschooling yang ada, Alta School bisa menjadi solusi terbaik.

Alta School merupakan homeschooling berbasis online dengan konsep blended learning yang menggabungkan metode live teaching interaktif sekaligus aktivitas mandiri. Sekolah ini setara dengan sekolah konvensional dan menawarkan kurikulum yang komprehensif untuk jenjang PAUD hingga SMA.

Keunggulan Alta School

Supaya lebih meyakinkan, mari ketahui bersama berbagai keunggulan Alta School sebagai homeschooling terbaik di Indonesia, antara lain:

~ Metode Pembelajaran Fleksibel

Alta School menggunakan sistem belajar online dengan jadwal yang fleksibel, sehingga dapat menjadi sekolah utama maupun pendamping bagi murid.

~ Live Teaching Interaktif

Guru di Alta School mengajar secara langsung (live) melalui platform online, memungkinkan interaksi real-time antara guru dan murid.

~ Kurikulum Setara Sekolah Konvensional

Alta School memiliki kurikulum yang setara dengan sekolah konvensional, sehingga murid yang lulus dari Alta School dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya tanpa hambatan.

~ Mengembangkan Minat dan Kreativitas

Alta School fokus pada pengembangan minat dan bakat murid sejak usia dini melalui berbagai kegiatan kreatif dan inovatif.

~ Biaya Terjangkau

Biaya pendidikan di Alta School tergolong terjangkau dibandingkan dengan sekolah konvensional.

Pilihan Pembayaran Jenjang PAUD

Kurikulum dan Tingkat Pendidikan di Alta School

Alta School menggunakan Kurikulum Nasional (KTSP) yang telah disesuaikan dengan metode pembelajaran online.

Kurikulum ini mencakup berbagai mata pelajaran, meliputi:

  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  • Bahasa Inggris
  • Kesenian
  • Prakarya
  • PJOK
  • dan lain-lain
Testimoni Orang Tua & Murid Alta School

Alta School melayani jenjang pendidikan PAUD hingga SMA, dengan jenjang yang lebih spesifik sebagai berikut:

  • PAUD / TK A/B: Berfokus pada pengembangan dasar-dasar literasi, numerasi, dan pendidikan karakter.

  • Sekolah Dasar (SD): Melaksanakan kurikulum SD Nasional dengan penekanan pada pengembangan kecakapan abad 21.

  • Sekolah Menengah Pertama (SMP): Memfokuskan diri pada persiapan siswa untuk jenjang SMA dengan pendalaman materi dan pengembangan soft skills.

  • Sekolah Menengah Atas (SMA): Mengantarkan siswa untuk siap melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja.

Beragam Fasilitas di Alta School

Alta School sebagai homeschooling terbaik di Indonesia, menawarkan berbagai fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan bagi siswa, meliputi:

1. Live Teaching

Alta School menggunakan metode blended learning, yang menggabungkan pembelajaran online melalui live teaching dengan aktivitas mandiri. Live teaching memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan guru dan teman sekelas secara real-time, layaknya di sekolah umum.

2. Learning Kit

Learning Kit & Modul Pembelajaran

Siswa akan mendapatkan learning kit yang berisi modul pembelajaran, bahan ajar, dan peralatan belajar yang lengkap, khusus untuk PAUD/TK dan SD. Learning kit ini dikirim langsung ke rumah siswa 2 kali dalam setahun, khusus untuk siswa di Indonesia.

3. Platform Belajar Online

Alta School memiliki platform belajar online yang mudah diakses dan digunakan oleh siswa. Platform ini berisi berbagai materi pembelajaran, video edukasi, latihan soal, dan fitur interaktif lainnya.

4. Konsultasi Guru

Siswa dapat berkonsultasi dengan guru secara langsung melalui platform online atau live chat, untuk mendapatkan bantuan dan bimbingan belajar.

5. Bimbingan Konseling

Alta School menyediakan layanan bimbingan konseling untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah belajar, emosional, hingga sosial.

6. Komunitas Belajar

Alta School memiliki komunitas belajar online yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas hingga memahami materi pelajaran.

7. Event dan Aktivitas

Alta School Program

Alta School menyelenggarakan berbagai event dan aktivitas online maupun offline untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa, seperti kuis, webinar, workshop, dan project bersama.

8. Akses Materi Lengkap

Siswa memiliki akses ke berbagai materi pembelajaran yang lengkap dan up-to-date, termasuk buku elektronik, artikel, dan video edukasi.

9. Penilaian dan Evaluasi

Alta School menggunakan sistem penilaian dan evaluasi yang berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar siswa dan memberikan feedback yang konstruktif.

10. Pantau Perkembangan Belajar Anak

Orang tua dapat memantau perkembangan belajar anak melalui platform online dan mendapatkan laporan kemajuan pembelajaran secara berkala.

11. Fasilitas Belajar Lainnya

Terdapat fasilitas sekolah utama atau pendamping (kursus) seperti Fasilitas Kelas Reguler (7x live teaching/minggu) dan Fasilitas Kelas Reguler+ Bilingual (7x + 4x live teaching/minggu), dan hanya untuk kursus seperti Fasilitas Cambridge Program Berstandar Kurikulum Singapore (4x live teaching/minggu).

Alta School merupakan pilihan tepat bagi orang tua yang menginginkan pendidikan berkualitas untuk anak mereka dengan metode pembelajaran yang fleksibel dan modern. Untuk mendapatkan pengalaman belajar bersama Alta School homeschooling terbaik di Indonesia, langsung saja COBA KELAS GRATISnya dengan mengklik banner di bawah ini! Semangat belajar, semoga bermanfaat!


Alta School






Posting Komentar

26 Komentar

  1. Enaknya ya kalau homeschooling anak belajarnya jadi lebih fokus dan terarah, membentuk karakter anak dan kepribadiannya yang baik. Tapi, aku paling penasaran sama biayanya apakah dua kali lipat dibanding sekolah biasa atau justru terjangkau 🙈 kepoin dulu deh homeschooling nya 😍

    BalasHapus
  2. Meski home schooling lebih mengutamakan peran orang tua. Tetap saja ya, kita butuh persiapan saat ingin memilih home schooling buat anak. Rekomendasinya Alta School ya. Okelah.

    BalasHapus
  3. Memilih homeschooling memang tricky, ya. Butuh informasi yang sevalid mungkin untuk mendapatkan info homeschooling terbaik.
    Fortunately ada Alta School sebagai salah satu rekomendasi homeschooling terbaik

    BalasHapus
  4. Memilih metode pendidikan untuk anak, bukan sekolah formal, tetapi homeschooling udah biasa sih zaman sekarang ya...
    Apalagi ada Alta School Program, yang kurikulumnya & fasilitasnya lengkap. Banyak kok anak-anak homeschooling yg nantinya bisa kuliah ke PTN ternama.

    BalasHapus
  5. Homeschooling, atau sekolah di rumah, kian dilirik sebagai alternatif pendidikan bagi anak. Fleksibilitas, fokus pada minat anak, dan keamanan menjadi daya tarik utama. Namun, sebelum terjun ke dunia homeschooling, perencanaan matang menjadi kunci sukses dan cobakan dulu, cocok ngga ama anak kita kan ya

    BalasHapus
  6. Biasanya orang tua memilih homeschooling agar anak terhindar dari bullying di sekolah. Butuh ekstra hati-hati sih kalo menurutku jika memilih homeschooling. Biar anak juga tetap disiplin meski belajar di rumah.

    BalasHapus
  7. Salut deh buat ortu yang bisa jalani homeschooling buat anak-anaknya. Butuh komitmen dan konsistensi yang tidak main-main. Karena menyangngkut masa depan anak-anaknya

    BalasHapus
  8. Aku pribadi selalu salut pada ortu yang memutuskan homeschooling untuk anak-anaknya, karena ortu mesti siap dari segala segi. Termasuk mau terus belajar dan mengajar.

    BalasHapus
  9. Saya sebenarnya tertarik sih sama homeschooling ini. Kalau misalnya saya mau ambil buat anak saya nanti, tetap ya banyak hal yang harus saya perhatikan sebagai bahan pertimbangan.

    BalasHapus
  10. Selalu salutttt pwoll sama orangtua yang kasih homeschooling anaknya, pasti sabarnya luasss buanget wkwkw ngga kayak aku yang gampang frustasi kalo ngajarin anak zzz

    BalasHapus
  11. Sebenarnya sangat tertarik ya mendaftarkan anak ke Homeschooling, tapi biayanya aduhai. Butuh banyak pertimbangan ini.

    BalasHapus
  12. Homeschooling emang banyak manfaatnya, ya! Bisa bikin pembelajaran lebih personal dan fokus pada minat anak, apalagi kalau pakai layanan kayak Alta School yang lengkap dan fleksibel. Nggak cuma hemat biaya, tapi juga aman dari bullying dan bisa bikin anak lebih kreatif. Plus, orang tua bisa lebih terlibat dan memantau perkembangan anak secara langsung. Homeschooling bisa jadi solusi keren untuk pendidikan anak di zaman sekarang!

    BalasHapus
  13. Ah iya, homeschooling pun juga banyak pilihan kurikulum ya. Sehingga perlu melihat dari potensi si anak juga, siapa tahu dapat kurikulum yang cocok terus bisa menunjang kemampuan dia buat bekal masa depannya juga

    BalasHapus
  14. Home Schooling kini jadi pilihan. Karena lebih personal, maka karakter dan bakat bisa lebih berkembang. terus waktunya bisa lebih fleksibel. Orang tua pun bisa terus mengawasi anak-anak selama belajar sacar home schooling.

    BalasHapus
  15. Alta School keren ya. Apalagi kurikulumnya kalo ga salah pake kurikulum terintegrasi. Jadi bisa Homeschooling dari rumah dengan bimbingan profesional

    BalasHapus
  16. Ternyata ga bs sembarangan loh ya menentukan homeschooling buat anak2. Kita harus tahu detail tentang homeschooling ini, termasuk kurikulumnya meski fleksibel. Apalagi anak2 tuh pengennya main2 dulu. Plus ini pembelajaran online. Jadi hrs diketahui banget karakter anak biar sesuai dgn metode pembelajarannya.

    BalasHapus
  17. Palaing oenting nanget nih, orang tua memahami apa itu homeschooling biar ga ada salah penafsiran ya, Kak. Btw, Alta School keren nih bisa mengambik ceruk Home Schooling.

    BalasHapus
  18. Bagi orang tua yang memilih cara home schooling untuk pendidikan anaknya sepertinya perlu persiapan yang matang, yaa ...
    Dan Alta School memang cocok untuk siapa saja yang mau homeshooling karena fasilitasnya lengkap.

    BalasHapus
  19. meski masih bayi, aku udah mulai kepikiran. besok anakku sekolah reguler apa homeschooling ya? dan sepertinya emaknya harus belajar lebih banyak lagi nih, biar bisa memilih mana yang paling pas sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  20. Ada beberapa faktor yang mengharuskan seorang anak harus homeschooling. Untungnya di Indonesia sudah ada beberapa lembaga yang melayani homeschooling seperti Alta School ini.

    BalasHapus
  21. Saat ini homeschooling banyak menawarkan nilai plus ya. Dulu saya waktu kasih anak homeschooling susah juga nyari informasinya.
    Alih sekarang makin mudah ya...

    BalasHapus
  22. Makin ke sini nampaknya makin marak saja orang tua yang menginginkan buah hatinya homeschooling sebab pendidikan si anak bisa dipantau lebih jauh karena memang orangtua terjun langsung sebagai pendidiknya.

    BalasHapus
  23. Lengkap juga ya paket yang ditawarkan oleh Alta School. Perlu diperhatikan nih untuk menabung agar bisa memenuhi biaya pembelajarannya. Ternyata lumayan juga yaa meskipun homeschooling gini.

    BalasHapus
  24. Dulu, zaman anak-anak pra-sekolah.. kepikiran apa kita homeschooling aja yaa..? Karena memang pingin bonding dan menikmati proses belajar itu sendiri. Dan kini, ada solusinya bersama Alta School. Jadi lebih terarah dan terstruktur belajarnya yaa..

    BalasHapus
  25. dulu homeschooling masih jarang dan sekarang makin banyak ya yang menyediakan homeschooling dan sudah mulai seperti umum juga, dan pastinya memang butuh persiapan dan rekomendasi di atas pastinya sangat membantu

    BalasHapus
  26. fleksibilitas homeschooling ini memang gak diragukan lagi..salah satu yang bikin kami memilih jalan ini

    wah boleh juga ada alta school

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!