Manfaat Memakai Sunscreen Pria Setiap Hari dan Tips Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit



Sunscreen Pria

Di tengah kesibukan para pria modern, kesehatan kulit seringkali terabaikan, terutama dari bahaya paparan sinar matahari yang berlebih. Hal tersebut dapat membawa dampak negatif bagi kulit, seperti kulit terbakar, penuaan dini, hingga risiko kanker kulit.

Maka, sangat disarankan untuk kaum pria menggunakan sunscreen setiap hari, karena terdapat banyak manfaat sunscreen untuk kesehatan kulit pria.

Sebelum mengetahui manfaat memakai sunscreen pria setiap hari, sebaiknya ketahui dulu perbedaan sunscreen pria dan wanita berikut ini.

Perbedaan Sunscreen Pria dan Wanita

Perbedaan Sunscreen Pria dan Wanita

Terdapat beberapa perbedaan kandungan sunscreen untuk pria dan wanita, antara lain:

1. Tekstur

Karena kulit pria yang cenderung berminyak, sunscreen pria umumnya dibuat bebas minyak (oil-free) dengan tekstur yang lebih ringan.

Sementara sunscreen wanita, teksturnya lebih bervariasi, ada lotion, gel, atau krim, dan beberapa diformulasikan dengan bahan pelembap tambahan.

2. Kandungan

Sunscreen pria umumnya mengandung chamomile untuk menenangkan kulit, atau aloe vera untuk membantu mengurangi iritasi akibat bercukur.

Pada sunscreen wanita, sering ditemukan kandungan bahan anti-aging seperti retinol atau hyaluronic acid yang membantu mengatasi tanda-tanda penuaan.

3. Aroma

Aroma sunscreen pria biasanya lebih maskulin atau aroma-aroma netral yang menyegarkan. Untuk sunscreen wanita aromanya lebih beragam, seperti floral, fruity, fresh, dan sebagainya.

4. Kemasan

Sunscreen pria biasanya dikemas dalam tube atau botol yang lebih kecil, sehingga lebih praktis saat digunakan.

Sementara untuk sunscreen wanita seringnya dikemas dalam berbagai ukuran dan bentuk, termasuk tube, botol, dan jar.

Perbedaan ini sebenarnya tidak selalu mutlak. Karena, beberapa sunscreen pria terkadang juga anti-aging maupun sunscreen wanita oil-free. Namun yang terpenting, pilihlah sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu.

Manfaat Memakai Sunscreen Pria Setiap Hari

Sunscreen Pria


Bagi pria yang enggan memakai sunscreen, ada baiknya mengetahui manfaat utama memakai sunscreen pria setiap hari, yaitu:

1. Melindungi dari Sinar UVA dan UVB

Sinar matahari yang mengandung UVA dapat menyebabkan penuaan dini, sementara UVB menyebabkan kulit gelap bahkan terbakar. Maka dari itu, sunscreen berfungsi melindungi kulit dari pantulan sinar UV, sehingga mencegah efek buruk terjadi pada kulit.

2. Mencegah Terkena Kanker Kulit

Paparan sinar matahari langsung dapat menimbulkan sel-sel kanker seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Untuk itu, penting menggunakan sunscreen setiap hari, agar dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

3. Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

Fungsi lain sunscreen membantu melindungi kulit dari kerusakan dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti bintik hitam dan garis halus pada kulit. Menjadikan kulit tampak lebih muda dan segar.

4. Menjaga Warna Kulit Tetap Merata

Terpapar sinar UV dapat menyebabkan kulit belang dan hiperpigmentasi. Dengan memakai sunscreen setiap hari, maka akan membantu menjaga warna kulit tetap merata.

5. Melembapkan

Sunscreen umumnya diformulasikan dengan bahan pelembap yang tetap dapat menghidrasi kulit, sehingga membuatnya terasa lebih halus dan kenyal.

Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Pria

Tips Memilih Sunscreen Pria Sesuai Jenis Kulit


Memilih sunscreen pria yang tepat sangat penting untuk mendapatkan manfaat perlindungan kulit yang maksimal. Berikut tips memilih sunscreen sesuai jenis kulit pria, yaitu:

1. Jenis Kulit Berminyak

Pilih tekstur gel atau lotion yang ringan, adem, dan mudah menyerap serta terdapat label "non-comedogenic" dan "oil-free", agar terhindar dari penyumbatan pori-pori.

2. Jenis Kulit Kering

Tekstur krim atau lotion yang lebih kental juga dapat memberikan hidrasi ekstra pada kulit. Pilih sunscreen dengan label "hydrating" atau "moisturizing" untuk membantu menjaga kelembapan kulit pria.

3. Jenis Kulit Sensitif

Sunscreen berlabel "hypoallergenic" dan "fragrance-free" berfungsi untuk meminimalisir risiko iritasi pada kulit. Pilih tekstur gel atau lotion yang lembut dan tidak menyengat.
Lakukan patch test terlebih dahulu di area kecil kulit sebelum menggunakan sunscreen di seluruh wajah.

Pastikan produk sunscreen yang kamu pilih sudah terdaftar di BPOM, sehingga terjamin keamanan dan kualitasnya yang telah teruji.

Memakai sunscreen pria setiap hari merupakan langkah penting demi menjaga kesehatan kulit pria. Dengan menggunakan sunscreen secara rutin dan pemakaian yang tepat, maka dapat melindungi kulit dari berbagai efek berbahaya sinar matahari serta menjaga kulit agar tetap sehat.

Rekomendasi sunscreen pria Kahf, solusi terbaik yang bukan hanya melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, tetapi juga dapat menghidrasi kulit, karena mengandung moisturizer, memberikan kenyamanan pada kulit di tengah padatnya kesibukan sehari-hari. Jangan pernah skip sunscreen pria lagi yaa. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Sunscreen Pria Kahf




Posting Komentar

20 Komentar

  1. Kulit laki ya pada dasarnya sama ya kayak kulit perempuan. Butuh perawatan supaya tetap sehat

    BalasHapus
  2. Adikku nih susah bener kalau disuruh pakai sunscreen. Padahal, aktivitasnya agak lumayan juga di luar rumah. Manalah sering main bola juga.

    Padahal mah sunscreen cewek dan cowok kan beda ya.

    BalasHapus
  3. penting bagi pria untuk menggunakan sunscreen setiap hari, bahkan pada hari yang mendung. Sunscreen bekerja dengan cara menyerap atau memantulkan sinar UV matahari sehingga kulit terlindungi.

    BalasHapus
  4. wah kahf ada sunscreen-nya juga sekarang? auto rekomendasiin sama paksu deh. selama ini udah pakai sabun mukanya. dan katanya cocok. cuz ah disuruh pake sunscreen juga, biar kulitnya makin glowing, hehe

    BalasHapus
  5. Tidak hanya perempuan ya yang harus merawat wajah, pria juga perlu banget ini, merawat wajah. Klo suamiku sendiri untuk wajah malah kurang diperhatikan bearti kalo kaya gini jadi tugas saya untuk memperhatikan suami.

    BalasHapus
  6. Penting juga ya sunscreen buat pria. Nggak cuma cewek aja yang butuh perawatan. Pria juga butuh merawat kulit agar selalu nampak awet muda.

    BalasHapus
  7. Nah iya, gak hanya perempuan aja, pria juga harus pakai sunscreen untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari, ya. Dan Kahf bisa jadi rekomendasi sunscreen yang bagus untuk pria.

    BalasHapus
  8. Sayangnya, nggak semua pria mau merawat kulit mereka karena adanya anggapan kalau "skincare termasuk sunscreen hanya untuk wanita". Padahal skincare tidak memandang gender.

    BalasHapus
  9. Kahf ya. Noted. Aku lagi nyari sunscreen buat anak bujang, soalnya kalau pakai punyaku atau kakaknya, aromanya terlalu manis buat cowok.

    BalasHapus
  10. Ternyata ada beda kandungannya ya ss buat pria dan wanita. Jadinya memang kudu yang khusus untuk pria deh ss nya seperti dari Kahf ini biar sesuai kondisi kulit ya

    BalasHapus
  11. kayaknya suamiku harus mulai pake ini deh soalnyaa udah mulai kusam dan dekil banget mukanya,sedih banget wkwkwkw. dikira ngga dirawat apa yak XD

    BalasHapus
  12. Aku udh biasa tuh pake aloe vera utk mencegah iritasi abis cukur kumis dan jenggot. Bawaannya adem bgt setelah pake.

    Kalo Kahf ini aku udh pake baik yg fash wash maupun bofy wash. Utk yg sunscreen ini, aku blm voba sih. Penasaran kyk gmn ya rasanya. Apakah ada sensasi ademnya atau lbh lembut setelah pakai?

    BalasHapus
  13. Bisa dibedakan lho kalau menggunakan sunscreen sama saat tidak menggunakannya. Kulit yang terkena paparan sinar matahari langsung, akan jauh lebih burik dibandingkan yang pakai sunscreen. Jadi emang mending pakai sunscreen dong...
    Selain merawat kesehatan kulit juga sebagai upaya kita dalam.lenjaga kesehatan diri

    BalasHapus
  14. Mau wanita atau pria pakai sunscreen itu wajib. Tapi suamiku masih belum mau, karena belum ketemu yang cocok sepertinya

    BalasHapus
  15. Mantap nih, Khaf juga mengeluarkan skincare dengan kandungan sunscreen yang memang dikhususkan untuk kaum pria. Soalnya urusan merawat kulit ua bukan hanya untuk kaum perempuan saja. Biar nggak sempat merasa "nggak enak hati" juga pas belinya karena memang produknya khusus untuk kaum laki-laki.

    BalasHapus
  16. Sunscreen bukan hanya dibutuhkan oleh cewek, melainkan cowok juga. Apalagi cowok kebanyakan di luar ruangan. Langsung terpapar sinar matahari dan lainnya. Butuh sunscreen yang tepat.

    BalasHapus
  17. Pas banget nih, suami dan anak lanangku juga pake Kahf. Tadinya masih ikutan pake sunscreen punyaku, tapi sejak ada Kahf, mereka lebih pilih itu. Aromanya maskulin gitu sih ya soalnya, lebih nyaman bagi mereka.

    BalasHapus
  18. sering banget nih kahf lewat beranda sosial media ku, dan testimoninya juga bagus

    kayaknya memang perlu nih rekomendasi kahf ke suami biar kulitnya terawat

    BalasHapus
  19. Baik cewek ataupun cowok, sunscreen penting banget sih ya. Tapi cowok banyak yang gak mau pakai sunscreen karena agak gak enak kali ya waktu belinya. Tapi kalau ada produk sunscreen memang khusus cowok gitu, jadi lebih tertarik pastinya para cowok buat beli.

    BalasHapus
  20. Circle-ku jarang euuii yang menggunakan sunscreen.
    Padahal sama halnya dengan ciwi, cowo juga perlu tuh perlindungan dari paparan sinar UV. Apalagi yang kerjanya sering di luar daripada di dalam ruangan.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!