Bagaimana Cloud Hosting Mendukung Website dengan Trafik Tinggi? Ketahui Penjelasannya di Sini!



Bagaimana Cloud Hosting Mendukung Website dengan Trafik Tinggi? Ketahui Penjelasannya di Sini!


Ketika kamu ingin membuat website, maka kamu akan dihadapkan pada empat opsi layanan hosting, yakni, shared hosting, cloud hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting. Setiap jenis hosting memiliki kelebihan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis website yang dibangun.

Bagi pemula, shared hosting umumnya menjadi pilihan utama, karena pengelolaan dan konfigurasi server ditangani oleh penyedia hosting. Selain aspek operasional, shared hosting juga terjangkau, menjadikannya pilihan populer untuk website UMKM dan blog pribadi dengan traffic yang belum tinggi.

Namun, ketika website berkembang dengan peningkatan traffic, shared hosting mungkin tidak lagi optimal, karena kebutuhan sumber daya menjadi lebih besar. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah, meng-upgrade layanan hosting, dan biasanya, penyedia hosting menawarkan dua pilihan, yaitu, VPS hosting atau cloud hosting.

Dalam artikel ini, akan fokus membahas cloud hosting. Lalu, apa saja keunggulan cloud hosting dalam pengelolaan website dengan trafik tinggi? Namun, sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kenali terlebih dulu apa itu cloud hosting.

Mengenal Pengertian Cloud Hosting

Pengertian Cloud Hosting 


Cloud hosting merupakan bentuk hosting yang terkoneksi dengan lebih dari satu server, saling berhubungan untuk menyeimbangkan beban dan meningkatkan waktu operasional server (uptime), sehingga kinerja website tetap optimal.

Berbeda dengan penggunaan single server, cloud hosting menggunakan teknologi yang disebut "cluster," yang menggabungkan berbagai sumber daya server secara terpusat. Keunggulan teknologi cluster ini, terletak pada kemampuannya untuk menjaga kinerja website, walaupun salah satu server mengalami gangguan (down), sehingga uptime-nya cenderung tinggi dengan dukungan dari server yang saling backup.

Dapat dikatakan bahwa, cloud hosting mirip dengan VPS, namun dengan memiliki kontrol yang serupa dengan shared hosting. Selain memiliki kualitas yang hampir setara dengan VPS, pengelolaan cloud hosting juga sangat mudah seperti shared hosting. Membuat cloud hosting menjadi pilihan platform dengan kinerja tinggi sekaligus kemudahan pengelolaan bagi pengguna pemula.

Kelebihan Penggunaan Cloud Hosting

Keunggulan Cloid Hosting


Jika perbedaan antara VPS hosting dan cloud hosting sudah terang bagi kamu, mari menelaah berbagai keunggulan yang dimiliki oleh cloud hosting yang akan dibahas satu per satu berikut ini:

1. Uptime Tinggi dan Akses Cepat

Kelebihan utama cloud hosting sejalan dengan VPS. Dengan memiliki lebih dari satu server, cloud hosting mampu menjaga kestabilan website kamu, bahkan, saat lalu lintas pengunjung melonjak. Tak hanya itu, umumnya web hosting dalam bentuk cloud dikenal dengan kecepatan sistemnya.

Hal ini karena, setiap transfer data berasal dari server yang responsif. Jika salah satu server mengalami kendala, maka data secara otomatis dialihkan melalui server lain.

2. Manajemen Website yang Sederhana

Cloud hosting sangat direkomendasikan bagi yang memerlukan sumber daya besar dengan sistem pengaturan website yang mudah. Inilah sebabnya cloud hosting dianggap mirip dengan shared hosting. Meski begitu, kamu tetap memiliki akses ke kontrol panel melalui cPanel untuk mengelola aspek-aspek teknis di dalam website. 

Selain itu, sudah terkonfigurasi dengan WordPress yang memudahkan kamu dalam melakukan pembaruan. Kamu juga dapat melakukan tinjauan tampilan website sebelum dipublikasikan.

Kelebihan lainnya dari cloud hosting adalah adanya fitur auto installer, yang memungkinkan kamu menginstal berbagai platform hanya dengan satu klik, seperti Joomla, Drupal, Weebly, Laravel, dan sebagainya.

3. Aman dan Terdapat Dukungan Pelanggan

Cloud hosting termasuk platform hosting yang memberikan perlindungan penuh terhadap keamanan website. Oleh karenanya, layanan ini telah dilengkapi dengan beragam fitur proteksi guna mencegah serangan malware dan upaya peretasan.

CloudLinux OS pada cloud hosting bertujuan untuk melindungi data pribadi hingga fitur proteksi terhadap malware dan DDoS (Distributed Denial of Service) guna mencegah serangan malware dan upaya peretasan. Tak hanya itu, banyak penyedia hosting juga menawarkan fitur backup otomatis untuk mengamankan data kamu dan mencegah kehilangan data.

Cloud hosting merupakan pilihan yang ideal bagi pemilik website dengan tingkat trafik tinggi, dan membutuhkan sumber daya yang lebih besar. Selain itu, beralih ke cloud hosting disarankan jika kamu tidak memiliki keahlian teknis untuk mengelola server sendiri.

Jika kamu memerlukan website yang dapat beroperasi selama 24 jam dengan kinerja yang optimal, dan menginginkan fleksibilitas untuk meng-upgrade layanan dan sumber daya dengan mudah, maka beralih ke cloud hosting menjadi pilihan yang tepat. Layanan terpercaya seperti dari DomaiNesia bisa kamu andalkan untuk mendapatkan cloud hosting berkualitas. Semoga bermanfaat!


Posting Komentar

0 Komentar