Jenis-jenis Program Diet, Pilih yang Sesuai Tujuan dan Kebutuhanmu



Jenis Program Diet, Pilih yang Sesuai Tujuan dan Kebutuhanmu


Ada banyak jenis program diet sehat yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya cukup mudah diikuti, sedangkan cara diet yang lain cukup ekstrem.

Namun, kamu bisa memilih jenis program diet yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhanmu, supaya bisa konsisten dan berhasil. Beragam makanan untuk diet pun harus diperhatikan, misalnya memilih cemilan malam untuk diet, agar program dietmu tidak gagal.

Jenis-jenis Program Diet

Berikut adalah beberapa jenis program diet sehat yang mudah dilakukan, antara lain:

1. Diet Intermittent Fasting (IF)

Diet IF adalah diet yang mengatur jadwal makan dan puasa. Ada banyak jenis IF yang berbeda, tetapi semuanya melibatkan pembatasan waktu di mana kamu makan. Misalnya, dalam diet 16:8, kamu hanya makan selama 8 jam dalam sehari dan berpuasa selama 16 jam.

Diet IF telah terbukti efektif untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Ini juga relatif mudah diikuti, karena kamu tidak perlu menghitung kalori atau membatasi asupan makanan apa pun.

2. Diet Volumetrik

Diet Volumetrik adalah diet yang menekankan pada konsumsi makanan bervolume tinggi dan kalori rendah. Makanan-makanan ini biasanya kaya akan serat, air, atau keduanya.

Diet Volumetrik dapat membantu kamu merasa kenyang dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Ini juga dapat membantu kamu mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

3. Diet Mediterranean

Diet Mediterania adalah diet yang didasarkan pada pola makan tradisional dari negara-negara Mediterania. Diet ini kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

Diet Mediterania telah terbukti efektif untuk menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

4. Diet DASH

Diet DASH adalah diet yang dirancang untuk menurunkan tekanan darah. Diet ini kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan produk susu rendah lemak.

Diet DASH juga dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Diet Flexitarian

Diet Flexitarian adalah diet yang menggabungkan pola makan vegetarian dan omnivora. Diet ini menekankan pada konsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta membatasi konsumsi daging merah.

Diet Flexitarian dapat membantu kamu menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pilihan diet yang tepat untuk kamu akan tergantung pada tujuan dan kebutuhan kamu. Jika kamu tidak yakin diet mana yang tepat untuk kamu, bicarakan dengan dokter atau ahli gizi. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

19 Komentar

  1. aku pernah nyobain Diet Intermittent Fasting dan ini jenis diet yang cocok sih, meski sekarang gak lagi, hahahaha. jadi aku diet karbo )nasi) dulu sih sekarang

    BalasHapus
  2. Saya pernah membaca, ada artis luar yang diet dengan cara memasukkan cacing pita ke perutnya. Ekstrem sekali.
    Dan saya setuju, diet itu disesuaikan dengan kebutuhan dan pilih diet yang sesuai. Tidak perlu mengikuti cara diet orang lain. Karena tiap orang berbeda.

    BalasHapus
  3. Saya pernah coba yang intermitten fasting Mbak, dan sampai saat ini, saya merasa pola diet ini cocok untuk saya. Rasanya mudah aja gitu diterakan. Apalagi yang OCD yang mirip dengan IF ini.

    BalasHapus
  4. Nah, memang banyak sekali jenis diet buat kita namun yang penting adalah mana yang paling cocok dan memungkinkan untuk dilakukan. Jangan sampai menyiksa diri dan tidak mendapatkan manfaat optimal. malah rugi waktu, biaya dan tenaga

    BalasHapus
  5. Diet IF sepertinya mudah dilakukan ya, bisa dicoba nih bu ibuk, biar suami makin nempel ayo diet sehat sesuai tips diatas hehe

    BalasHapus
  6. aku sudah lama ikut diet, tapi lebih baik emang konsul ke ahlinya langsung ya biar sesuai sama kebutuhan badan kita.

    BalasHapus
  7. Diet IF ini rame banget banyak yang udah nyobain, tapia k belum dulu hahaha. Tapi efektif ya buat nurunin BB, apalagi ngga perlu ngitung kalori atau membatasi makanan apapun. Yah balik lagi aja deh sama tujuan dan kebutuhan diri masing2 mana yang paling tepat.

    BalasHapus
  8. Kalau mengurangi porsi karbo itu termasuk diet gak?
    Huhuhu.. soalnya aku baca-baca beberapa buku mengenai diet ((buku yang diterbitkan beberapa artis yang berhasil diet dengan metode tertentu)) dan badanku agaknya jadi semakin lemes dan gampang sakit.

    Rasanya belum bener-bener bisa diet dengan satu metode khusus ya.. badannya masih manja.

    BalasHapus
  9. Daku pernah nyobain yang IF, cuma kadang suka tergoda ketika makanan kesukaan ada di hadapan hehe. Padahal asik juga sih, karena badan jadi terasa lebih seger gitu

    BalasHapus
  10. Rupanya banyak juga jenis diet. Mungkin kalau saya diet saya akan mencoba diet puasa.

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak jg ya jenis diet yg bs kita terapkan. Aku sih blm pernah diet ketat spt ini. Tp msh perlahan aja. Kyk kurangin gula dan garam serta penyedap. Dan mulai makan buah, sayur dibanding daging2. Syukurlah badan udh agak entemg dan jrg terkena penyakit.

    BalasHapus
  12. Kalo aku kayaknya pengen coba yang diet flexitarian deh. Soalnya lebih ke kesehatan aja ya

    BalasHapus
  13. Sering denger diet IF, apalagi beberapa temanku menerapkan diet IF ini dalam keseharian mereka. Aku sendiri belakangan lagi mikir buat ikut menjalankan diet IF ini. Tapi baru mikir, siiiih, belum melaksanakannya.

    BalasHapus
  14. ternyata banyak sekali ya jenis diet ini mba, tapi saya belum pernah melakukan salah satunya, penasaran sama intermeittent fasting ini, katanya bagus juga untuk pembersihan lambung dan lainnya

    BalasHapus
  15. Wah, ternyata ada banyak macamnya diet ya. Saya benar-benar baru tahu tentang diet-diet ini. Ternyata puasa bisa menjadi bagian dari diet juga ya

    BalasHapus
  16. Wah, banyak banget pilihan program diet yang bisa dicoba. Suka banget sama konsep Diet Flexitarian yang gabungin pola makan vegetarian dan omnivora, kayaknya bisa lebih fleksibel dan tetap sehat. Tapi yang pasti, yang paling penting tetap konsisten dan seimbang, ya! Semangat buat semua yang lagi berjuang dalam program dietnya! 💪🥗

    BalasHapus
  17. Hemm... Kalau saya rasanya malah bingung mau memilih program diet yang mana heheh...
    Semuanya ada dampak juga ya. Ada kelebihan ada kekurangan
    Tapi kalau tahu jenis progam diet, kita kan udah bisa memprediksikan bagaimana selanjutnya ya

    BalasHapus
  18. Kirain diet itu cuman buat nurunin berat badan doang. Ternyata banyak jenisnya ya. Pengetahuan baru nih. Makasih mbak

    BalasHapus
  19. Diet itu banyak sekali macamnya yaa, kupikir diet cuma mengurangi makan aja sih.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!