Rekomendasi Eau de Parfum Terpopuler Terinspirasi dari Wangi Matahari



Rekomendasi Eau de Parfum Terpopuler Terinspirasi dari Wangi Matahari, EDP, HMNS Essence of the Sun


Essence parfum merupakan salah satu jenis parfum yang memiliki konsentrasi essential oil tinggi, yakni antara 20-40%. Hal ini membuat essence parfum memiliki aroma sangat kuat dan tahan lama. Beberapa orang biasanya menggunakan essence parfum pada acara-acara formal.

Bagian paling istimewa dari essence parfum adalah terbuat dari bahan-bahan alami, seperti bunga, buah-buahan, rempah-rempah, atau jenis tanaman lainnya. Bahan-bahan tersebut lalu diekstrak untuk mendapatkan essential oil-nya, kemudian dicampur dengan alkohol untuk membuat essence parfum.

Selain essence parfum, terdapat pula jenis EDP dan EDT pada parfum. Lantas, apakah perbedaan keduanya? Mari baca artikel ini sampai habis.

Mengenal EDP dan EDT pada Parfum

EDP dan EDT adalah dua jenis parfum yang dibedakan berdasarkan konsentrasi essential oil-nya. Di mana essential oil ini merupakan komponen utama parfum yang menentukan aromanya.

Berikut perbedaan EDP dan EDT pada parfum serta kelebihan dan kekurangannya, antara lain:

1. Eau de Parfum (EDP)

EDP memiliki konsentrasi essential oil antara 15-20%. Oleh karenanya, EDP memiliki aroma yang lebih kuat serta tahan lama. EDP biasanya digunakan untuk acara-acara formal atau acara-acara penting lainnya.

Kelebihan Eau de Parfum (EDP)

- Aroma yang lebih kuat dan tahan lama

EDP memiliki konsentrasi minyak parfum yang lebih tinggi daripada jenis wewangian lainnya, sehingga aromanya lebih kuat dan tahan lama. Ketahanan aromanya bisa bertahan kurang lebih 7 jam, bahkan lebih lama jika disemprotkan pada pakaian.

- Lebih hemat

Karena aromanya yang lebih kuat, EDP hanya perlu digunakan dalam jumlah sedikit. Cukup semprotkan pada beberapa titik denyut nadi, seperti pergelangan tangan, leher, dan belakang telinga, untuk membuat wanginya menyebar ke seluruh tubuh.

- Lebih cocok untuk aktivitas yang padat

EDP cocok digunakan untuk aktivitas yang padat karena aromanya bisa bertahan cukup lama. Anda tidak perlu repot-repot menyemprotkan ulang wewangian di tengah hari.

- Lebih banyak pilihan aroma

EDP tersedia dalam berbagai pilihan aroma, mulai dari yang segar dan fruity hingga yang sensual dan woody. Anda bisa memilih aroma yang sesuai dengan selera dan kepribadian Anda.

Kekurangan eau de parfum (EDP)

- Harga yang lebih mahal

EDP memiliki harga yang lebih mahal daripada jenis parfum lainnya, karena konsentrasi minyak parfumnya yang lebih tinggi. Namun, kamu bisa memilih HMNS yang menjual parfum EDP lebih terjangkau, tapi tetap berkualitas.

- Tidak cocok untuk kulit sensitif

EDP mengandung alkohol yang dapat mengiritasi kulit sensitif. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilih jenis wewangian yang memiliki konsentrasi alkohol lebih rendah, seperti eau de toilette atau eau de cologne.

- Aroma yang terlalu kuat

Bagi sebagian orang, aroma EDP mungkin terlalu kuat dan menyengat. Jika Anda tidak suka aroma yang terlalu kuat, sebaiknya pilih jenis wewangian yang memiliki konsentrasi minyak parfum lebih rendah.

2. Eau de Toilette (EDT)

EDT memiliki konsentrasi essential oil antara 5-15%. Hal ini membuat EDT memiliki aroma yang lebih ringan dan tidak sekuat EDP. EDT biasanya digunakan untuk sehari-hari atau untuk acara-acara santai.

Kelebihan Eau de Toilette

- Harga yang lebih terjangkau

EDT biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan parfum jenis lain, seperti eau de parfum (EDP) atau parfum. Hal ini dikarenakan konsentrasi minyak wangi dalam EDT lebih rendah, sehingga biaya produksinya juga lebih murah.

- Aroma yang lebih ringan dan segar

Kadar minyak wangi yang rendah membuat EDT memiliki aroma yang lebih ringan dan segar dibandingkan dengan EDP atau parfum. Aroma EDT biasanya lebih cocok untuk digunakan sehari-hari, terutama untuk aktivitas yang tidak terlalu berat.

- Ketahanan aroma yang cukup lama

Meskipun konsentrasi minyak wanginya rendah, EDT tetap memiliki ketahanan aroma yang cukup lama. Aroma EDT biasanya bertahan selama 2-3 jam, tergantung pada kulit dan aktivitas penggunanya.

Kekurangan Eau de Toilette

- Ketahanan aroma yang tidak sekuat EDP atau parfum

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, EDT memiliki ketahanan aroma yang tidak sekuat EDP atau parfum. Hal ini dikarenakan konsentrasi minyak wanginya yang lebih rendah.

- Tidak cocok untuk kulit sensitif

Kandungan alkohol dalam EDT yang lebih tinggi dibandingkan dengan EDP atau parfum dapat berpotensi mengiritasi kulit sensitif.

Rekomendasi Eau de Parfum Terpopuler

HMNS Parfum Essence of the Sun

Sebagai rekomendasi EDP terbaik dari HMNS Perfume adalah parfum Essence of the Sun (EoS) yang juga merupakan salah satu parfum terpopuler di Indonesia. Uniknya lagi, essence parfum ini terinspirasi dari wangi matahari, maka dari itu diberi nama Essence of The Sun. EoS yang memiliki aroma segar, feminim, dan pastinya tahan lama.

Selain hal tersebut di atas, Parfum Essence of the Sun (EoS) memiliki karakteristik sebagai berikut:

- Tipe: Gen-XX (feminine atau female fragance)

- Kemasan: Premium dan Elegan

- Ukuran: 100 ml

- Ketahanan wangi: 7 jam

- Sillage: Moderate-to-heavy

- Projection: 2 meter

- Komposisi:

Top Notes: Bergamot, Coriander Seeds, Pink Pepper

Top notes dari parfum ini adalah perpaduan bergamot, biji ketumbar, dan lada merah. Aromanya segar dan berenergi, memberikan kesan pertama yang kuat.

Middle Notes: Indian Jasmine Sambac, Turkish Rose, Tiare Flower & Solar Accord

Heart notes dari parfum ini adalah perpaduan bunga-bunga tropis, yaitu Indian Jasmine Sambac, Turkish Rose, dan Tiare Flower. Aromanya feminin dan elegan, memberikan kesan yang anggun.

Base Notes: Tonka Bean, Ambrette, Cedarwood

Base notes dari parfum ini adalah perpaduan tonka bean, ambrette, dan cedarwood. Aromanya creamy dan hangat, memberikan kesan yang sensual.

Parfum Essence of the Sun (EoS) sangat cocok untuk wanita feminin yang ingin tampil segar dan terlihat elegan. Parfum ini umumnya digunakan dalam berbagai acara, baik formal maupun informal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penggunaan Parfum Essence of the Sun (EoS) baiknya disemprotkan pada titik-titik nadi, seperti leher, pergelangan tangan, dan belakang telinga.

Itulah tadi penjelasan mengenai essence parfum, mengenal perbedaan EDP dan EDT, serta rekomendasi EDP terpopuler dari HMNS. Selamat mencoba!


Posting Komentar

18 Komentar

  1. kalo dipakai oleh pria apakah cocok ya kak? Kalo cocok, siapa tahu bisa saya rekomendasikan ke teman-teman,

    BalasHapus
  2. HMNS emg parfum favorit sih. Sering bgt influencer bahkan org biasa merekomendasikan parfum ini. Ternyata emg benar2 harum dan menyegarkan sih.

    Aku hrs coba jg nih. Soalnya parfum di rumah udh abis. Jd hrs beli yg baru. Jd penasaran mau cobain EDP atau EDT ya? Tp lbh cocok yg EDT sih gw.

    BalasHapus
  3. Owh, aku baru tau bedanya EDP dan EDT.
    Kemarin sempet pas beliin anakku skicare, tergoda buat beli parfum yang sungguhan wanginya "Aku banget".

    Tapi katanya EDT. Kalem, soft gitu sii memang, jadi aga ragu kalo tahan lama. Ternyata beneran bisa tahan sampai 2-3 jam. Cukup lah ya.. biar seger aja sii...

    BalasHapus
  4. Kalau wanginya tahan lama memang bakal jadi andalan, apalagi misal tersedia beragam varian wanginya, bikin seger deh bisa nyobain semua atau milih salah satu yang jadi favorit biar jadi ciri khas

    BalasHapus
  5. Wah...baru ngeuh ada perbedaan antara eau de parfum dan eau de toilette. Pengennya sih yg awet wanginya kan...Mau aah EoS...Aku suka wangi yg engga terlalu floral, lebih ke rempah sih...Kayaknya cocok nih...

    BalasHapus
  6. Eh HMNS ini brand lokal baru yang lagi hits banget di kalangan milenial dan gen Z lho. Aku penasaran sih sama EoS yang feminin banget dengan wangi lembut, segar namun elegan. Bisa buat berbagai macam acara, santai maupun formal nih..

    BalasHapus
  7. Wawww. wanginya sampe 7 jam? Pengeeen hahaha soalnya kegiatan padet banget ditambah cuaca lagi panas2nya tuh bikin parfum cepet ilaaang baunya huhu. cobain ah yg ini

    BalasHapus
  8. Setelah sekian lama, aku baru tahu loh apa itu EDP dan EDT, serta bedanya dimana. Biasanya asal comot aja kalau beli parfum

    BalasHapus
  9. Baru tahu selain eau de parfum ada juga yang namanya eau de toilette ya. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan ya tinggal sesuaikan saja dengan keinginan dan budget. Cuma kalau saya juga lebih suka yg EDP karena wanginya lebih awet

    BalasHapus
  10. dulu saya ga suka kalau pakai parfum entah kenapa kayak alergi tapi setela bekerja mau ga mau harus jaga penampilan, tetap segar dan wangi, dari situ mulai suka koleksi parfum dan yang ini saya belum punya mba, jadi pengen beli juga, apalagi tahan sampai dengan 7 jam

    BalasHapus
  11. buat yang aktivitas padat di luar atau kerja kantoran, mungkin better pakai EDT atau EDP ya, biar tahan lama gitu sepanjang hari. kalau parfum biasa kan hitungan jam juga udah ilang wanginya.

    BalasHapus
  12. Wah ini, aku nih yang sering bingung beda EDP dan EDT, akhirnya paham juga beda keduanya. Thanks udah menuliskannya ya, Kak. Kapan-kapan mau coba juga ah parfum Essence of the Sun (EoS) ini.

    BalasHapus
  13. Mantap nih kalau ketahanan wanginya bisa sampai 7 jam. Apalagi aroma wangi matahari yang ditawarkan tuh pas banget untuk perempuan yang ingin tampil elegan. Rasanya dengan memperhatikan tingkat aromanya, parfum wangi matahari ini tuh bisa dipakai baik untuk acara formal maupun non formal deh.

    BalasHapus
  14. Aku sebenarnya gak begitu suka parfum. Tapi sejak dikasih teman sebuah parhim, aku kok jadi makin suka ya. Terima kasih kak

    BalasHapus
  15. Jadi lebih paham, mengapa yang di gerai Mall ternama harganya lebih mahal dan kualitasnya terbaik karena yang dijual EDP. Apalagi dipesawat juga sering jual tuh yang EDP dengan harga jutaan

    BalasHapus
  16. Ini parfum khusus cowo atau cewe ya,
    Klu cowo jadi penasaran wanginya.

    BalasHapus
  17. Ini parfum khusus cowo atau cewe ya,
    Klu cowo jadi penasaran wanginya.

    BalasHapus
  18. Baru paham bedanya EDP sama EDT, Kak. Trnyata parfumku EDT, pantes murah dan emang ringan sih. 🤣
    Tertarik sama jenis parfumnya EoS ini sih. Kapan-kapan beli ah

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!