Cara Mengelola Keuangan untuk Biaya Pendidikan, Parents Harus Tahu!



Cara Mengelola Keuangan untuk Biaya Pendidikan, Parents Harus Tahu!


Biaya pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam kehidupan. Biaya pendidikan ini bisa saja meliputi biaya untuk bayar SPP, biaya buku, biaya les, biaya transportasi, biaya kuliah, dan biaya-biaya lainnya.

Dengan merencanakan dan mengetahui biaya pendidikan, maka orang tua dapat mempersiapkan diri secara finansial untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya, sehingga tidak merasa khawatir atau bahkan harus mempersiapkan biaya secara mendadak.

Cara Mengelola Keuangan untuk Biaya Pendidikan

Sering kali, biaya pendidikan yang tinggi dapat menjadi kendala bagi sebagian orang untuk melanjutkan pendidikan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola biaya pendidikan dengan lebih baik, antara lain:

1. Lakukan Riset Biaya Pendidikan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan riset biaya pendidikan untuk jenjang pendidikan yang akan ditempuh anak. Hal ini penting untuk mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan.

Anda dapat melakukan riset secara online atau langsung ke sekolah yang dituju. Selain itu, Anda juga dapat bertanya kepada orang tua lain yang memiliki anak di jenjang pendidikan yang sama.

2. Buat Anggaran Biaya Pendidikan

Setelah mengetahui kisaran biaya pendidikan, Anda dapat membuat anggaran biaya pendidikan. Anggaran ini akan membantu Anda untuk melacak pengeluaran dan memastikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk biaya pendidikan anak.

3. Atur Anggaran Keluarga

Selain anggaran biaya pendidikan, Anda juga perlu mengatur anggaran keluarga secara keseluruhan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup dana untuk memenuhi kebutuhan keluarga lainnya.

Anda dapat melakukan pengaturan anggaran keluarga dengan membuat pos-pos pengeluaran yang jelas. Pos-pos pengeluaran tersebut dapat mencakup kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

4. Menabung dan Berinvestasi

Menabung dan berinvestasi adalah salah satu cara untuk mengumpulkan dana pendidikan anak. Anda dapat menabung secara rutin setiap bulan atau menginvestasikan dana Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Praktis Mengelola Biaya Pendidikan Melalui Kredit Digital

Kredit digital adalah kredit yang dapat diajukan dan diproses secara online, tanpa perlu datang ke kantor bank atau lembaga keuangan lainnya. Kredit digital biasanya ditawarkan oleh bank digital, fintech lending, atau perusahaan pembiayaan.

Memperkenalkan JULO sebagai akses kredit digital berbasis aplikasi yang dibuat oleh anak bangsa yang dipersembahkan untuk Indonesia, sehingga masyarakat bisa lebih berdaya secara finansial.

Nama JULO sendiri diambil dari istilah Julo-julo asal Sumatra, yang merupakan sebuah kegiatan pinjam meminjam uang sebagai modal usaha atau hal lainnya. JULO didirikan sejak akhir 2016. Aplikasi ini juga telah terintegrasi teknologi AI (Artificial Intelligence) sekaligus merevolusi akses kredit digital guna mendukung inklusi finansial anak bangsa.

Visi dan Misi JULO

Hal tersebut pun akhirnya membentuk komitmen untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat Indonesia dengan meluncurkan fitur Biaya Pendidikan sejak Maret 2023, dan sekaligus sebagai pionir layanan kredit dalam bidang edukasi yang sudah dapat diterapkan pada 250.000 lebih institusi pendidikan di seluruh Indonesia.

Sebagai catatan, Indonesia menjadi negara dengan sistem pendidikan keempat terbesar di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat. Namun begitu, dunia pendidikan di Indonesia masih butuh banyak dukungan.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 67 persen anak-anak putus sekolah dikarenakan masalah ekonomi. Dan sekitar 86 persen pengangguran didominasi tingkat pendidikan setara dan di bawah SMA.

Keunggulan Fitur Biaya Pendidikan JULO

JULO Biaya Pendidikan

Setelah mengetahui lebih jauh tentang JULO bersama fitur biaya pendidikannya, berikut berbagai keunggulan yang harus diketahui, antara lain:

1. Limit Kredit Tinggi

Limit kredit yang tinggi membuat pengguna dapat memenuhi berbagai kebutuhan biaya pendidikan, mulai dari bayar SPP, uang kegiatan, biaya kuliah, hingga pendidikan informal. Dengan limit kredit yang tinggi, pengguna tidak perlu khawatir jika biaya pendidikan yang harus dibayarkan melebihi limit kredit yang dimiliki.

2. Tenor Panjang dan Fleksibel

Tenor yang panjang dan fleksibel memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk membayar kembali pinjamannya. Pengguna dapat memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan finansialnya.

3. Bunga Bersahabat

Bunga yang bersahabat membuat beban pembayaran pinjaman menjadi lebih ringan. Bunga yang ditawarkan oleh JULO mulai dari 0.1%, yang merupakan salah satu bunga terendah di industri kredit digital.

4. Proses Pengajuan Mudah dan Cepat

Pengguna dapat mengajukan pinjaman melalui aplikasi JULO secara mudah dan cepat. Pengajuan pinjaman dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit.

5. Aman dan Terpercaya

JULO merupakan aplikasi kredit digital cepat cair yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini memastikan bahwa JULO merupakan perusahaan yang aman dan terpercaya.

Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang saatnya orang tua mempersiapkan diri sekaligus menerapkan cara-cara tersebut guna mengelola keuangan untuk biaya pendidikan dengan lebih baik.

Aplikasi JULO, cepat, mudah, aman, terpercaya untuk menjadi sahabat (solusi) di kala kebutuhan dana darurat. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar

13 Komentar

  1. artikel ini akan memberi pemikiran yang sangat maju dan saya sendiri jadi terinspirasi untuk segera mempersiapkan tabungan untuk keluarga kecil saya nanti thanks you

    BalasHapus
  2. Memang biaya pendidikan itu mahal dan perlu perencanaan lebih dulu. Terima kasih tipsnya kak.

    BalasHapus
  3. Kalo aku sih udah ada khusus tabungan buat pendidikan jadi gabisa diambil.. emang harus direncanain sih

    BalasHapus
  4. Saya termasuk yang harus banyak belajar lagi tentang pengelolaan keuangan untuk biaya pendidikan anak-anak karena ada hal yang kurang terperhatikan yaitu tentang kenaikan uang daftar ulang tahunan yang naiknya tak terduga dan melebihi inflasi kemana-mana.
    Jadi pelajaran banget kedepannya untuk menyiapkan tabungan dan atau dana pendidikan lebih lagi buat biaya sekolah anak-anak

    BalasHapus
  5. Pendidikan memang hal yang penting yang harus kita orioritaskan. Untuk itu penting sekali menyisihkan anggaran agar tidak kesusahan ketika butuh. Thanks ka tipsnya.

    BalasHapus
  6. Informasi tentang cara mengelola keuangan untuk biaya pendidikan ini penting banget ya mbak
    Biaya pendidikan makin lama makin mahal soalnya
    Untung ada JULO yg bisa membantu ya

    BalasHapus
  7. semuanya emang kudu direncanakan dan disiapkan sebaik mungkin. Harus ada perhitungan matang supaya ngga keteteran didalam perjalanannya. Dengan perencanaan dan perhitungan matang semuanya bakalan lancar

    BalasHapus
  8. Kalau untuk anak apalagi terkait biaya pendidikan tuh.. gak pernah ada kata "eman" (sayang). Karena investasi terpanjang anak terkait ilmu diniyyah ini yang paling penting. Dan semoga semua pembiayaan pendidikan dimudahkan dan dilancarkan.

    JULO menjadi salah satu cara agar orangtua bisa tenang dalam membiayai biaya pendidikan anak.

    BalasHapus
  9. Dengan adanya Julo bisa jadi rekomendasi bantuan dana pendidikan yang terpercaya ya. Limit kreditnya tinggi serta tenor pembayaran yang panjang bisa jadi pilihan yang tepat

    BalasHapus
  10. Buat calon orangtua jadi masukan juga nih biar punya gambaran saat nantinya berumahtangga bagaimana menyiapkan biaya pendidikan buat anaknya kelak.

    BalasHapus
  11. bicara soal biaya pendidikan memang gemas, pilih yang bagus auto nyiapin budget lebih. Aplikasi julo bisa di pertimbangkan nih bantu memenuhi biaya pendidikan

    BalasHapus
  12. bicara soal biaya pendidikan memang gemas, pilih yang bagus auto nyiapin budget lebih. Aplikasi julo bisa di pertimbangkan nih bantu memenuhi biaya pendidikan

    BalasHapus
  13. Aku juga baru ikut webinar soal dana pendidikan anak nih. Jadi takut sih pny anak soalnya dana pendidikan naik terus setiap tahun. Bahkan mengalahkan inflasi. Jd penting bgt utk naruh dana pendidikan anak ke instrumen investasi yg lbh cuan.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!