Tips Memilih Material Atap Metal untuk Hunian Kekinian



Atap Metal Natural


Atap merupakan bagian penting dari sebuah hunian yang berfungsi sebagai penutup dan pelindung dari cuaca ekstrem. Atap berfungsi untuk melindungi bangunan dan penghuninya dari berbagai cuaca, seperti hujan, salju, dan panas matahari. Selain itu, atap juga dapat memberikan perlindungan dari angin kencang dan benda-benda yang jatuh dari atas.

Ada banyak jenis material atap yang tersedia di pasaran, seperti genteng, atap sirat, dan atap metal. Salah satu jenis atap yang memiliki elemen estetika dan cukup banyak dipilih saat ini adalah atap metal. Atap jenis ini memiliki bentuk dan warna yang menarik serta dapat menambah nilai keindahan hunian yang kekinian.

Definisi Atap Metal dan Kelebihannya

Atap metal adalah jenis atap metal yang terbuat dari bahan logam, seperti baja ringan atau galvanis. Atap metal tidak memiliki lapisan pasir pada permukaannya, sehingga tampilannya terlihat lebih natural dan tidak mengkilap. Sehingga tidak heran, jika jenis atap metal begitu populer dengan model kekinian.

Atap metal memiliki beragam kelebihan, antara lain:

- Tahan lama. Atap metal dapat bertahan hingga 50 tahun atau lebih, tergantung pada jenis dan kualitasnya.

- Tahan cuaca. Atap metal tahan terhadap hujan, angin, dan salju.

- Anti rayap. Atap metal tidak rentan terhadap rayap.

- Anti api. Atap metal tahan terhadap api.

- Mudah dirawat. Atap metal tidak membutuhkan perawatan yang banyak.

- Berat ringan. Atap metal memiliki bobot yang ringan, sehingga tidak membebani struktur bangunan.

- Efisiensi energi. Atap metal dapat membantu mengurangi panas matahari masuk ke dalam rumah, sehingga dapat menghemat energi.

Tips Memilih Jenis dan Model Atap Metal

Sebelum memilih jenis atap metal yang sesuai, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Pilih Produk Berkualitas

Pilihlah atap metal yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki lapisan pelindung yang kuat, seperti jenis atap metal natural. Karena produk atap metal yang berkualitas pasti memiliki ketahanan yang tinggi terhadap cuaca, seperti hujan, panas, dan angin. Atap metal juga harus memiliki nilai estetika yang tinggi, Untuk itu, pilihlah atap metal yang sesuai dengan desain rumah Anda.

2. Perhatikan Harga dan Anggaran

Karena harga atap metal bervariasi, tergantung pada jenis dan modelnya, lebih baik lekukan perbandingan harga atap metal terlebih dulu dari beberapa vendor sebelum memutuskan untuk membelinya. Selain itu, plihlah atap metal yang sesuai dengan anggaran Anda.

3. Pertimbangkan Kebutuhan

Pastikan Anda mempertimbangkan kebutuhan Anda sebelum memilih atap metal. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah yang sering hujan, Anda memerlukan atap metal yang memiliki ketahanan yang tinggi terhadap air.

4. Konsultasikan dengan Ahli Atap

Sebelum memutuskan untuk menggunakan atap metal, terlebih dahulu sebaiknya berkonsultasi dengan ahli atap untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, sekaligus memilih tukang baja ringan yang berkualitas dan terpercaya, sehingga dapat memahami kondisi bangunan.

Rekomendasi Atap Metal Bluescope Zacs®

Dalam pemilihan produk berkualitas, rekomendasi atap metal Bluescope Zacs® menjadi pilihan yang tepat untuk sebuah hunian. Berikut kelebihan atap metal Bluescope Zacs® yang harus kamu ketahui, antara lain:

1. Garansi Resmi

Produk atap metal berkualitas dari BlueScope Zacs® telah memiliki garansi resmi, di mana 10 tahun untuk ketahanan karat dan 5 tahun untuk ketahanan warna, jadi kamu tidak perlu khawatir jika nantinya terjadi kerusakan.

2. Terdapat Lapisan Pelindung Karat

Atap metal BlueScope Zacs® dibuat dengan lapisan pelindung karat AZ 100, sehingga atap metal akan tetap kokoh dan makin kuat dalam jangka waktu lebih lama.

3. Memiliki Ragam Variasi Warna

Atap metal BlueScope Zacs® tersedia dalam beragam variasi warna yang trendi, natural dan memiliki tekstur layaknya kulit jeruk, sehingga dapat membuat hunian terlihat lebih menarik dan alami.

4. Hemat Energi dan Memberikan Kesan Sejuk

Jenis atap metal BlueScope Zacs®️ mampu menghemat energi listrik hingga 8% dan juga memberikan efek suhu atap lebih rendah hingga mencapai 6° C.

5. Lebih Awet Hingga Empat Kali

Oleh karena memiliki material atap dengan teknologi pelapis hasil pengembangan di Australia, atap metal BlueScope Zacs®️ memadukan 100 gr/m² minimum pelapis dengan alumunium seng, sehingga terbentuk empat lapisan superior anti-karat dan lebih awet. Itulah sebabnya atap metal jenis ini aman untuk para penghuni.

Keunggulan Atap Metal Natural BlueScope Zacs®

Atap Metal Natural

Tak bisa dipungkiri, produk atap metal Natural BlueScope Zacs® sangat berkulitas dan memiliki beragam pilihan warna yang menarik, yaitu Hitam Rokan, Hijau Rasamala, Coklat Amara, dan Merah Gaharu.

Warna-warna tersebut terinspirasi dari alam, agar menciptakan hunian yang selaras dengan unsur-unsur alam yang kuat di sekeliling bangunan, seperti pepohonan dan bebatuan. Selain itu, pada kawasan padat bangunan, pilihan warna-warna ini pula akan memberikan kesan natural sekaligus menonjolkan sisi keindahan, dan membuatnya terasa nyaman dan sejuk.

Sementara itu, teksturnya yang seperti kulit jeruk berlapis baja kualitas tinggi dan sudah bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Australia ini, memberikan kesan bangunan kekinian yang menyatu dengan alam. Seperti pada beberapa hunian yang bergaya modern saat ini.

Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi, bahwa keunggulan atap metal Natural BlueScope Zacs® sudah terbukti kualitasnya dan terpercaya.

Semoga artikel ini membawa banyak manfaat. Selamat membangun hunian impian yang nyaman dan aman dengan menggunakan material baja ringan yang terbaik.



Posting Komentar

11 Komentar

  1. Sejak terjadi gempa di tempat saya ini Cianjur, sekarang kalau membangun rumah banyak yang menggunakan atap metal. Selain kuat , kalau ada bencana lagi bisa meminimalisir dampaknya kan
    Sesuai dengan saran kementerian pupr juga

    BalasHapus
  2. Warna-warna gentengnya saya suka. Kalem dan bervariasi, sehingga memberikan kesan cerah. Kualitas genteng metal dari BlueScope Zacs® enggak perlu diragukan lagi deh... Ada harga, pastinya ada kualitas!

    BalasHapus
  3. Atap metal sekarang bagus-bagus ya baik model maupun warnanya, awet pula, lihat punya tetangga yang sudah aplikasikan ini jadi pengen juga, maintenancenya minim

    BalasHapus
  4. bener kak, apalagi melihat cuaca seperti ini pastinya butuh atap metal yang bikin adem juga ya kak, serta pastinya mendukung green building juga

    BalasHapus
  5. Info yg menarik nih, kak suatu saat mau renovasi rumah kudu diperhitungkan kalau mau ganti atap yg bekualitas.

    BalasHapus
  6. Bikin rumah itu banyak banget yang perlu dipertimbangkan ya. Salah satunya pilihan atap, harus kuat, warna juga harus cocok.

    Untungnya ada atap metal natural BlueScope Zacs yang banyak ragam dan pilihan warnanya.

    BalasHapus
  7. Pilhan warnanya cakep ya. Rupanya atap metalnya ini lapisannya seperti kulit jeruk. Kebayang sih kesan hidup yang ditampilkan jika memasang atap metal. Nah, kalau bisa hemat energi dan bikin bagian dalam bangunan jadi sejuk sih, tentu langsung jadi pilihan.

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu loh kalo atap metal malah ringan bobotnya. Kupikir malah melebihi asbes. Aku soalnya baru bgt benerin garasi rumah. Udh 4 tahun ternyata penyangganya melengkung. Emg keberatan atapnya sih.

    Ntr bjat atap rumah, aku mau coba atap metal ini ah.

    BalasHapus
  9. Paling enak tuh pilih atap yang gak gampang bocor dengan kualitas bahan terbaik. Warna warna alam juga keren untuk tampilan rumah yang modern. BlueScope Zacs memang rekomended

    BalasHapus
  10. kebetulan aku lagi pengen ganti atap yang sekarang aku masih pakai asbes di sebagian ruangan dan ruangan lain udah pake atas genteng. pengen pakai atap baja ringan nih karena low cost ya. noted nih aku mau pilih Atap Metal Bluescope Zacs

    BalasHapus
  11. Ternyata atap dari Baja Ringan Bluescope Zacs® ini sudah berpengalaman 100 tahun Lebih di Australia dan 46 tahun lebih mengatapi keluarga Indonesia. Jadi gak perlu diragukan lagi dengan kualitasnya yang pasti senantiasa diperbarui untuk kenyamanan perlindungan bagi rumah keluarga Indonesia.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!