Jangan Panik! Ini Beragam Modus Penipuan Telkom dan Cara Menghindarinya



Jangan Panik! Ini Beragam Modus Penipuan Telkom dan Cara Menghindarinya

Begitu banyak modus penipuan terbaru, terutama dari salah satu provider internet terbesar se-Indonesia Raya, Telkom. Beberapa teman pun sempat menceritakan pengalamannya ditipu oknum tidak bertanggungjawab tersebut, bahkan hingga berkali-kali dengan orang yang berbeda-beda.

Semakin ke sini semakin ke sana, tidak kejahatan modus penipuan ini pun masih terus berlanjut hingga saat ini. Untuk itu, supaya tidak terjebak dalam jerat penipuan Telkom, kamu harus mengetahui beberapa modus penipuan Telkom.

Beragam Modus Penipuan Telkom

Modus penipuan Telkom yang marak terjadi di Indonesia antara lain:

1. Penipuan dengan modus mengatasnamakan CS Telkom

Pelaku penipuan akan menghubungi pelanggan Telkom dan berpura-pura menjadi CS Telkom. Pelaku akan memberikan informasi palsu, seperti bahwa layanan Telkom pelanggan akan diputuskan karena tunggakan, atau bahwa pelanggan memenangkan hadiah. Pelaku kemudian akan meminta data pribadi pelanggan, seperti nomor KTP, nomor rekening, atau kode OTP.

2. Penipuan dengan modus mengatasnamakan petugas Telkom

Pelaku penipuan akan datang ke rumah pelanggan Telkom dan berpura-pura menjadi petugas Telkom. Pelaku akan memberikan informasi palsu, seperti bahwa jaringan Telkom di rumah pelanggan bermasalah, atau bahwa pelanggan harus membayar biaya tambahan untuk perbaikan jaringan. Pelaku kemudian akan meminta uang tunai kepada pelanggan.

3. Penipuan dengan modus mengatasnamakan perusahaan jasa pengiriman

Pelaku penipuan akan mengirim pesan singkat atau email yang mengatasnamakan perusahaan jasa pengiriman. Pesan tersebut akan berisi informasi bahwa pelanggan telah memenangkan hadiah atau menerima paket dari luar negeri. Pelaku kemudian akan meminta pelanggan untuk membayar biaya pengiriman atau bea cukai.

4. Penipuan dengan modus mengatasnamakan pihak asing

Pelaku penipuan akan menghubungi pelanggan Telkom dan berpura-pura menjadi pihak asing, seperti orang tua atau kerabat yang berada di luar negeri. Pelaku akan memberikan informasi palsu, seperti bahwa mereka mengalami kecelakaan atau membutuhkan bantuan keuangan. Pelaku kemudian akan meminta uang tunai kepada pelanggan.

Cara Menghindari Penipuan Telkom

Cara Menghindari Penipuan Telkom

Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari penipuan Telkom:

- Jangan pernah memberikan data pribadi kepada orang yang tidak dikenal. Data pribadi yang dimaksud seperti nomor KTP, nomor rekening, atau kode OTP, dapat digunakan oleh pelaku penipuan untuk mencuri uang atau identitas kamu.

- Jangan pernah memberikan uang tunai kepada orang yang mengaku sebagai CS Telkom atau petugas Telkom. CS Telkom atau petugas Telkom resmi, tidak pernah meminta uang tunai kepada pelanggan.

- Jangan pernah membuka tautan atau menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Tautan atau aplikasi tersebut dapat berisi malware (perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server atau jejaring komputer tanpa izin (informed consent) dari pemilik) yang dapat mencuri data pribadi kamu.

- Selalu konfirmasi informasi yang kamu terima dari CS Telkom atau petugas Telkom melalui saluran resmi, seperti situs web Telkom atau akun media sosial resmi Telkom.

Tips Menghindari Penipuan Telkom

Tips Menghindari Penipuan

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menghindari penipuan Telkom:

- Aktifkan fitur keamanan ganda pada akun Telkom kamu. Fitur keamanan ganda akan meminta kamu untuk memasukkan kode OTP saat login atau melakukan transaksi.

- Perbarui perangkat lunak dan aplikasi kamu secara berkala. Pembaruan perangkat lunak dan aplikasi biasanya menyertakan fitur keamanan baru untuk melindungi perangkat kamu dari malware.

- Hati-hati saat berbelanja online. Pastikan kamu membeli dari toko online yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

- Bersikaplah skeptis terhadap semua penawaran yang terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Jika kamu menerima tawaran yang mencurigakan, sebaiknya hindari.

Dengan mengetahui modus penipuan Telkom dan cara menghindarinya, kamu akan terhindar dari menjadi korban penipuan. Sebarkan informasi ini kepada keluarga, teman, dan siapa saja, supaya tidak ada lagi korban penipuan Telkom atau modus penipuan lainnya.



Posting Komentar

3 Komentar

  1. emang yaa, kayanya kebocoran data udh segampang itu, aku baru aktifin no telkomsel baru pun, sms penawaran dan penipuan macem2 udah masuk ajaaaaa, harus waspada banget

    BalasHapus
  2. Tulisan seperti ini harus banyak yang baca. Soalnya penipu sekarang makin pinter, kita harus membekali diri dengan banyak informasi supaya gak kalah pintar sama penipu.

    BalasHapus
  3. Nggak cuma Telkom sih, skrg banyak banget penipuan yang mengatasnamakan lembaga/instansi/brand tertentu. Intinya sih jangan percaya begitu saja kalau bkn pesan dari akun bercentang biru

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!