Tips Kirim Uang ke Luar Negeri Melalui Aplikasi Perbankan




digibank by DBS


Kirim uang ke luar negeri merupakan aktivitas perbankan yang semakin sering dilakukan sekarang ini. Biasanya pengiriman uang dilakukan untuk kebutuhan anak sekolah di luar negeri, belanja online di e-commerce internasional, biaya rumah sakit, atau urusan bisnis.

Pengiriman uang bisa dilakukan melalui bank atau lembaga keuangan yang menyediakan layanan transfer valas. Jika Anda tinggal di daerah yang jauh dari jangkauan lembaga keuangan, bisa melakukan transaksi pengiriman uang melalui kantor pos terdekat.

Teknologi dan internet membantu proses transaksi pengiriman uang dengan lebih mudah dan cepat melalui aplikasi perbankan. Namun begitu, masih banyak keraguan pada masyarakat, khususnya yang hendak menggunakan layanan transaksi tersebut untuk pertama kali.

Hal ini diakibatkan karena kurangnya informasi dan edukasi perbankan, serta banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan aplikasi layanan perbankan. Untuk itu, Anda wajib mengetahui cara kirim uang ke luar negeri dengan benar dan aman melalui aplikasi perbankan.

7 Tips Kirim Uang ke Luar Negeri

digibank by DBS


Memasuki era perbankan digital ditandai dengan menjamurnya sejumlah aplikasi penyedia layanan perbankan yang dapat diakses melalui smartphone. Anda tidak perlu repot lagi datang ke bank untuk membuka rekening dan melakukan berbagai macam transaksi.

Cukup menggunakan smartphone untuk mendapatkan segala kemudahan transaksi perbankan melalui aplikasi, misalnya seperti pengiriman uang ke luar negeri. 

Berikut ini tips melakukan pengiriman uang ke luar negeri melalui aplikasi perbankan yang wajib Anda ikuti, agar mendapatkan layanan yang mudah dan terjamin keamanannya.

1. Pilih Aplikasi Perbankan Terpercaya

Tersedia banyak aplikasi keuangan atau perbankan yang menawarkan jasa kirim uang ke luar negeri di internet. Namun sebelum Anda mengunduhnya di smartphone, pastikan aplikasi tersebut telah mendapat izin resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Keduanya merupakan lembaga keuangan milik pemerintah yang bertugas mengatur dan mengawasi transaksi keuangan yang dilakukan oleh bank atau penyedia jasa keuangan lainnya.

Anda juga bisa mencari tahu kualitas layanan aplikasi melalui rating dan ulasan dari pengguna aplikasi. Biasanya, pengguna sebelumnya memberikan ulasan jujur mengenai pengalamannya saat menggunakan aplikasi perbankan tersebut.

Anda juga bisa bertanya pada orang yang dikenal untuk mendapatkan rekomendasi aplikasi terpercaya.

2. Perhatikan Nilai Tukar Valas

Pengiriman uang ke luar negeri berarti Anda wajib mengetahui nilai tukar valas, antara mata uang rupiah dengan mata uang asing yang digunakan oleh negara tujuan pengiriman. Dengan mengetahui nilai tukar valas, maka Anda dapat melakukan penghitungan jumlah uang yang akan dikirim sesuai dengan kebutuhan di negara tujuan.

Sehingga Anda akan terhindar dari kekurangan atau kelebihan pengiriman uang. Demikian juga dengan biaya pengiriman uang ke luar negeri yang biasanya juga mengikuti nilai tukar valas.

3. Isi Data dengan Benar

Ketika akan kirim uang ke luar negeri, Anda akan memasukkan data penerima uang, alamat bank, dan negara tujuan. Lakukan pengisian data dengan benar dan periksa ulang sebelum melanjutkan proses transaksi.

Kesalahan pengisian data mengakibatkan uang Anda tidak sampai ke tujuan dan akan memperlambat proses transaksi. 

4. Periksa Jumlah Nominal Pengiriman

Sama halnya seperti data penerima uang, Anda juga wajib melakukan pengisian jumlah nominal pengiriman dengan benar. Periksa ulang sebelum melanjutkan proses transaksi melalui aplikasi perbankan di smartphone.

Kesalahan pengisian bisa menyebabkan kerugian untuk kedua belah pihak, pengirim dan penerima. Jangan sampai Anda harus mengulang proses transaksi dan mengeluarkan biaya kirim lagi, agar nominal sesuai yang dibutuhkan penerima uang di luar negeri.

5. Ikuti Proses Pengiriman Uang

Aplikasi perbankan yang menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri akan memberikan rekam jejak pengiriman uang. Perbedaan sistem yang digunakan perbankan Indonesia dengan sistem perbankan luar negeri, menyebabkan proses transfer uang ke luar negeri melibatkan beberapa pihak.

digibank by DBS


Pihak-pihak terkait akan mengajukan pertanyaan terkait uang yang akan dikirim, sumber dana dan tujuan pengiriman. Hal ini dilakukan untuk menghindari pencucian uang atau transaksi ilegal lainnya.

Aplikasi perbankan terpercaya juga menerapkan transparansi transaksi. Anda dapat memantau seluruh proses pengiriman uang sampai di tangan penerima. Jika terjadi hal-hal yang mencurigakan atau kurang dipahami, sebaiknya Anda segera menghubungi layanan nasabah atau pusat pengaduan aplikasi tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi.

6. Ketahui Kecepatan Transaksi

Cara kirim uang ke luar negeri berbeda dengan kirim uang di dalam negeri. Seperti yang telah dijelaskan di atas, perbedaan nilai mata uang, sistem perbankan, dan keterlibatan beberapa pihak terkait menyebabkan proses pengiriman uang berjalan lebih lama.

Beberapa aplikasi menawarkan layanan pengiriman uang ke luar negeri dengan lebih cepat. Namun sebaiknya Anda benar-benar mengetahui persyaratan yang wajib dipenuhi agar transaksi berlangsung dengan cepat dan lancar.

Seperti misalnya masa berlaku harian mata uang yang berbeda-beda. Jika masa berlakunya telah habis, otomatis proses pengiriman uang tertunda dan baru bisa dilakukan keesokan harinya.

7. Ketahui Biaya Pengiriman

Setiap aplikasi menerapkan biaya pengiriman yang berbeda-beda, tapi umumnya lebih mahal daripada biaya pengiriman uang di dalam negeri. Besaran biaya pengiriman uang ini bisa menjadi bahan pertimbangan apakah Anda menggunakan aplikasi perbankan tersebut atau tidak.

Biaya pengiriman yang besar tentu akan menambah nominal uang yang wajib Anda siapkan untuk kebutuhan pengiriman uang ke luar negeri. Ketahui dengan benar biaya pengiriman uang, jika Anda salah menghitung, bisa mengurangi jumlah uang yang akan dikirim.

Sehingga Anda harus mengirim uang sekali lagi dan menambah biaya pengirimannya juga. Kesalahan mengetahui jumlah biaya pengiriman bisa menyebabkan Anda mengeluarkan uang lebih banyak lagi.

Kirim Uang ke Luar Negeri Aman Melalui Aplikasi digibank by DBS

Jika Anda akan melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri melalui aplikasi, tidak perlu khawatir atau takut. Aplikasi digibank by DBS hadir sebagai solusi kemudahan bertransaksi dengan aman melalui smartphone.

Selain mudah, dengan menggunakan aplikasi perbankan ini maka Anda tidak perlu ribet datang ke kantor cabang untuk mendapatkan layanan transaksi pengiriman uang. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja.

Biaya pengiriman uang yang besar juga bukan menjadi kendala jika Anda menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Banyak keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini untuk memudahkan Anda melakukan pengiriman uang ke luar negeri, antara lain:

- Akses 24/7 tanpa harus ke kantor cabang

-Gratis biaya pengiriman uang ke lebih dari 20 negara tujuan

-Nilai tukar valas terkini dan kompetitif

- Sampai di hari yang sama (transfer same day)

Kirim uang ke luar negeri melalui aplikasi perbankan bukan lagi menjadi kendala. Anda bisa memilih aplikasi terpercaya yang menjamin keamanan proses transaksinya seperti Aplikasi digibank by DBS. Proses pengiriman uang dilakukan dengan mudah dan aman melalui smartphone. Segera gunakan Aplikasi digibank by DBS sekarang juga. Dapatkan informasi lebih lanjut di sini.




Posting Komentar

2 Komentar

  1. dari dulu penasaran sama Digibank, mau buka rekening aktivasinya yang susah karena aku tinggal di kota kecil, jadi kudu ke surabaya dan itu ga sempet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain, Mbak Ai. Semoga next bisa daftar ya.

      Hapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!