Ingin Road Trip Bersama Keluarga? Ini yang Harus Disiapkan!



Road Trip


Road trip bersama keluarga pastinya sangat menyenangkan karena Anda bisa menikmati momen lebih dekat bersama pasangan dan anak. Dalam perjalanan menuju tempat wisata, Anda bisa bernyanyi hingga bercanda bersama dengan keluarga. Selain itu kegiatan ini bisa menjadi cara untuk refreshing melepas penat dari kesibukan bekerja.

Supaya road trip bersama keluarga bisa berjalan lancar, Anda perlu melakukan persiapan dengan matang. Salah satunya dalam hal keuangan, mulai dari biaya hingga keperluan transaksi selama road trip. Anda dapat memanfaatkan mobile banking untuk kebutuhan memudahkan transaksi. Anda pasti sudah akrab apa itu mobile banking dan kegunaannya.

Ada banyak manfaat mobile banking yang akan memudahkan Anda saat road trip bersama keluarga. Sebelum itu, Anda juga perlu tahu tips melakukan road trip yang nyaman dan aman.

Apa Itu Road Trip?

Road trip adalah sebuah istilah yang sering dikaitkan dengan perjalanan darat ke suatu tempat yang lumayan jauh. Kegiatan road trip identik dengan bepergian jauh menggunakan mobil pribadi. Kendaraan yang digunakan dipastikan memadai dan cukup tangguh untuk menempuh perjalanan panjang.

Saat melakukan road trip, Anda akan merasakan pengalaman baru yang mengasyikkan. Anda akan menempuh perjalanan melewati berbagai daerah, mulai dari perkotaan, pedesaan, hingga pegunungan. Selama perjalanan Anda bisa menjumpai persawahan, bangunan-bangunan gedung perkotaan, hingga lereng gunung.

Maka dari itu kegiatan ini sangat menyenangkan untuk keluarga. Salah satu contoh road trip yaitu ketika Anda melakukan perjalanan wisata dari Jakarta menuju Yogyakarta.

PermataMobile X

Tips Melakukan Road Trip Aman dan Nyaman 

Road trip adalah cara seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Supaya perjalanan road trip bisa lancar dan aman, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan road trip adalah mengecek kondisi kendaraan. Jangan sampai perjalanan Anda berantakan karena terjadi sesuatu pada mobil Anda, misalnya ban bocor atau mogok di jalan. Kalau sudah terjadi hal seperti ini, pastinya Anda harus mencari bengkel terdekat dan tentunya cukup merepotkan.

Sebelum pergi, Anda bisa menyervis kendaraan Anda terlebih dahulu. Pastikan semua komponen kendaraan berfungsi dengan normal. Anda juga perlu mempertimbangkan ketersediaan ruang di mobil agar tidak terlalu berdesakan dan tidak mengganggu tekanan ban. 

2. Mengenali Medan Perjalanan

Tips berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengenali medan perjalanan. Sebelum hari keberangkatan, Anda perlu mencari tahu bagaimana medan perjalanan yang akan Anda lewati.

Anda bisa memanfaatkan fitur maps dan review perjalanan orang lain yang ada di media sosial. Dengan mengetahui medan perjalanan, Anda tidak akan kaget kalau menemukan jalan yang kurang bagus atau banyak lubang. 

3. Menyiapkan Bekal yang Cukup

Melakukan perjalanan jauh dengan keluarga pastinya membutuhkan bekal yang memadai. Apalagi kalau Anda memiliki anak kecil yang biasanya mudah rewel. Anda bisa membawa makanan berat, camilan, buah, vitamin, hingga minuman di dalam mobil.

Jadi, Anda bisa makan saat lapar di tengah perjalanan. Anda juga bisa menepi sejenak untuk makan walau sebentar.

4. Siapkan Jadwal Mengemudi dan Istirahat

Apabila road trip Anda akan menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilometer, Anda perlu memperhatikan kesiapan mengemudi. Usahakan kondisi badan Anda dalam keadaan fit saat akan berangkat road trip.

Selain itu, Anda perlu menentukan jadwal mengemudi dengan anggota keluarga yang lain. Jangan terlalu memaksakan menyetir untuk jarak yang jauh. Apabila merasa kelelahan, Anda perlu berhenti di rest area untuk istirahat. Perhatikan rute perjalanan dan lokasi adanya rest area.

Kelebihan Road Trip

Banyak orang merasa perjalanan jauh akan terasa membosankan dan melelahkan. Padahal kegiatan road trip bersama keluarga sangatlah menyenangkan. Ada banyak kelebihan dari kegiatan ini.

1. Bebas dan Fleksibel Melakukan Wisata

Road trip menggunakan kendaraan pribadi akan lebih bebas dibanding bepergian menggunakan transportasi umum. Saat naik transportasi umum seperti kereta, Anda harus menyesuaikan waktu dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Sedangkan ketika Anda bepergian menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa bebas mengatur waktu sesuai keinginan. Selain itu, Anda juga bisa beristirahat saat di perjalanan apabila merasa capek. Anda juga bisa menentukan sendiri rute perjalanan sehingga road trip lebih seru.

2. Eksplorasi tempat baru

Kelebihan road trip berikutnya adalah bisa mengeksplorasi banyak tempat. Saat melakukan road trip, Anda bisa mendatangi berbagai tempat baru. Anda akan menemukan jalanan baru maupun pemandangan yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya. Hal ini pasti berbeda kalau Anda menggunakan transportasi umum, seperti bus, kereta, dan pesawat yang memiliki rute tetap.

3. Quality Time Bareng Keluarga

Road trip juga menjadi momen untuk menikmati quality time bersama keluarga. Pada hari-hari biasa, setiap anggota keluarga pastinya sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Anda bisa mengagendakan road trip bersama keluarga untuk liburan dan refreshing dari kesibukan. Selama di perjalanan, Anda bisa lebih dekat berbincang dan bercanda bersama keluarga.

4. Penuh Tantangan dan Keseruan

Liburan road trip memang menjadi tantangan tersendiri. Namun dibalik itu, road trip juga memberikan keseruan. Jangan khawatir apabila mengalami kendala saat di perjalanan. Misalnya ketika ban kempes atau trek sulit dilalui. Anda bisa bekerja sama dengan keluarga untuk mengatasinya. Justru kondisi tersebut akan membangun kekompakan keluarga dan membuat perjalanan terasa lebih seru.

PermataMobile X: Mobile Banking untuk Transaksi During Road Trip

Dengan perencanaan yang matang, Anda bisa melakukan road trip dengan lancar dan tenang. Untuk memudahkan berbagai keperluan keuangan saat road trip, Anda bisa memanfaatkan mobile banking. Salah satu mobile banking yang akan menunjang berbagai kebutuhan Anda adalah PermataMobile X.

Apa itu mobile banking PermataMobile X? Mobile banking ini adalah platform keuangan digital dari PermataBank. Mobile banking ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Pendaftaran mobile banking ini sangatlah mudah dan syaratnya cukup sederhana. PermataMobile X memang dihadirkan untuk memudahkan berbagai transaksi di era digital.

Ada banyak manfaat m banking PermataMobile X yang akan memudahkan kebutuhan Anda selama road trip. Anda bisa menggunakan mobile banking ini untuk melakukan berbagai transaksi online. Selain itu, PermataMobile X juga menyediakan ratusan fitur yang bisa Anda manfaatkan.

Layanan yang tersedia dalam PermataMobile X, di antaranya transfer dana secepat kilat dengan BI-Fast, bayar tagihan (tagihan listrik, internet, kartu kredit, dan lainnya), top up (e-wallet, paket data, voucher game, dan lainnya), cek mutasi rekening hingga 12 bulan, WhatsApp Gift, investasi Reksadana, mengelola kartu kredit (mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan lain-lain), pembayaran menggunakan QR Pay, tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash, dan Apply produk-produk PermataBank.

Informasi lengkap mengenai apa itu mobile banking PermataMobile X dan cara pendaftarannya bisa Anda baca di laman https://www.permatabank.com/id/permatamobile.



Posting Komentar

0 Komentar