5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui. Simak, Yuk!



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Kopi, Kopi Hitam


Manfaat kopi bagi kesehatan memang sudah banyak diketahui para pecinta kopi. Popularitas kopi sampai detik ini pun semakin eksis, bahkan hampir di setiap sudut tempat, membuat kopi menjadi primadonanya anak muda hingga kaum tua.

Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh sudah menjadi rahasia umum. Apalagi, bila kopi dikonsumsi tanpa gula, manfaat yang terkandung busa jadi lebih banyak lagi.

5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui. Simak, Yuk!

Terdapat senyawa bioaktif yang terkandung dalam kopi yang berdampak positif untuk kesehatan tubuh dan otak. Beberapa di antaranya adalah, antioksidan serta nutrisi seperti vitamin B2 (riboflavin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B3 (niacin), magnesium, mangan dan kalium.

Berikut adalah manfaat kopi bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui, yakni:

1. Mengurangi Gangguan Fungsi Otak

Sebagaimana yang kita tahu, otak manusia pasti akan mengalami penurunan fungsi. Seperti virus pada penyakit Alzheimer dan Demensia, di mana keduanya akan menyebabkan daya ingat serta kemampuan berpikir yang menurun, sehingga cepat atau lambat akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi, penyakit tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi kopi, karena terdapat zat antioksidan dan senyawa anti radang yang berfungsi meminimalisir peradangan sel otak. Kandungan kafeinnya membantu mencegah terserang penyakit Parkinson (penyakit yang menghambat pergerakan tubuh dan tremor). 

2. Mengurangi Risiko Terserang Diabetes Tipe 2

Peniliti di Australia dalam jurnal Archive of Internal Medicine, menyatakan bahwa satu cangkir kopi mampu memberikan manfaat mengurangi risiko Diabetes tipe 2 sampai 7 persen.

Terdapat pula kandungan klorogenik dan alkaloid trigonelin yang mengurangi kadar glukosa dan insulin di dalam tubuh. Sementara itu, lebih baik mengonsumsi kopi tanpa campuran susu, gula maupun creamer.

3. Mencegah Kanker

Kafein, asam klorogenik, dan fitoestrogen dalam kopi diklaim mampu menurunkan risiko terserang kanker payudara. Selain itu, pengonsumsi kopi rutin juga memiliki risiko lebih kecil terkena kanker mulut, esophagus, dan kerongkongan.

4. Melindungi Organ Hati

Gagal hati (Sirosis) yang terjadi karena Kolangitis Sclerosing Primer, juga dapat diminimalisir dengan rutin mengonsumsi kopi hitam. Kopi juga dapat menurunkan risiko kanker hati.

5. Mencegah Depresi Akut

Menurut penelitian Harvard School of Public Health, risiko depresi akan turun sebesar 15 persen apabila seseorang rutin mengonsumsi tiga cangkir kopi dalam sehari.

Sebagaimana telah dipercaya banyak orang, mengonsumsi kopi mampu mengurangi rasa kantuk. Namun nyatanya, manfaat kopi bisa lebih dari itu. Akan tetapi, sebaiknya kamu butuh saran dari dokter apabila memiliki penyakit tertentu, sehingga tidak disarankan mengonsumsi kopi, baiknya dihindari.

Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

0 Komentar