Apa Itu Outsourcing? Kenali 5 Alasan Pentingnya Outsourcing bagi Perusahaan



Apa Itu Outsourcing?


Mulai tanggal 28 November 2023 pemerintah Indonesia resmi mengganti tenaga honorer dengan tenaga alih daya atau yang biasa disebut dengan tenaga kerja outsourcing. Kebijakan penghapusan tenaga honorer ini mengacu pada UU 5/2014 tentang ASN, lalu apa itu outsourcing?

Jadi, outsourcing merupakan penyerahan sebagian pekerjaan kepada pihak lain (perusahaan, instansi, lembaga, dan lain-lain). Di Indonesia sendiri, sistem outsourcing sudah diterapkan di banyak perusahaan swasta.

Apa Itu Outsourcing? 

Seperti yang dibicarakan di atas, outsourcing adalah sistem pengalihan sebagian pekerjaan kepada perusahaan lain. Sistem outsourcing biasanya dilakukan melalui dua cara, yaitu dengan perjanjian pemborongan pekerjaan atau melalui perusahaan penyedia jasa pekerja.

Di dalam bahasa Indonesia istilah outsourcing biasa disebut sebagai ‘alih daya’. Pada umumnya tenaga kerja outsourcing tidak memiliki hubungan langsung dengan bisnis inti pada perusahaan tempat mereka bekerja.

Sebab pekerjaan mereka akan dialihkan ke pihak lain, tenaga kerja outsourcing juga tidak memiliki jenjang karir karena bekerja berdasarkan perjanjian. Contoh tenaga kerja outsourcing di antaranya adalah:

- Operator call center

- Petugas kebersihan

- Sopir

- Petugas keamanan dan lain-lain

Sistem outsourcing banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan karena memiliki banyak kelebihan. Tidak heran jika perusahaan yang menerapkan sistem ini terus meningkat dari masa ke masa.

Berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003, sistem outsourcing tidak diperkenankan digunakan pada pekerjaan yang berkaitan langsung dengan proses produksi. Berdasar peraturan tersebut karyawan atau buruh pabrik di sebuah perusahaan tidak boleh menggunakan sistem ini.

Alasan Pentingnya Outsourcing bagi Perusahaan

Sistem outsourcing sering kali digunakan perusahaan di Indonesia dalam melakukan perekrutan karyawan, tujuannya untuk mendapatkan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya. Menggunakan tenaga outsourcing memang membawa banyak keuntungan terutama bagi perusahaan.

Saat ini sistem outsourcing menjadi salah satu bagian penting yang dapat membantu perusahaan menemukan sumber daya manusia yang dibutuhkan secara cepat dan efisien.

Supaya lebih paham mengenai apa saja keuntungannya bagi perusahaan, berikut 5 alasan utama mengapa perusahaan Anda perlu menerapkan sistem outsourcing.

1. Perusahaan Dapat Menghemat Biaya Operasional

Alasan utama mengapa perusahaan Anda perlu menggunakan sistem outsourcing, yaitu karena biaya yang dibutuhkan cenderung lebih sedikit.

Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan dapat menghemat anggaran hingga 20 persen dari keseluruhan biaya proses perekrutan karyawan.

Kelebihan ini tentu sangat berdampak pada pendapatan yang diterima perusahaan karena dapat menghemat biaya secara signifikan. Dengan begitu bisnis yang dijalankan akan lebih efisien dan perusahaan bisa mencapai target dan tujuan dengan lebih mudah.

2. Perusahaan Bisa Lebih Fokus Memikirkan Bisnis Inti

Supaya bisnis dapat berjalan sukses, Anda perlu karyawan yang memiliki keahlian mumpuni untuk mendukung kesuksesan perusahaan. Mencari kandidat tenaga kerja yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan tentu akan melewati banyak tahapan.

Sehingga akan menyita banyak waktu dan Anda pun tidak bisa mencurahkan lebih banyak waktu untuk memikirkan masalah-masalah inti pada bisnis. Masalah inti yang sangat penting dipikirkan dan membutuhkan waktu yang cukup untuk mengatasinya contohnya adalah:

- Menyusun strategi untuk meningkatkan pendapatan

- Cara mendapatkan pelanggan baru

- Mencari cara meningkatkan citra perusahaan

- Menciptakan produk yang lebih inovatif dan lainnya 

Dengan menggunakan sistem outsourcing Anda dapat membuka peluang baru untuk mencapai kesuksesan. Sebab Anda bisa lebih fokus terhadap masalah-masalah inti tersebut karena tidak perlu lagi disibukkan dengan proses perekrutan tenaga kerja.

Perusahaan Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan outsourcing untuk menangani hal tersebut. Sehingga bisnis yang dijalankan perusahaan Anda pun bisa berjalan lebih efisien dan peluang mencapai target kesuksesan juga akan semakin terbuka lebar.

3. Mempermudah Perusahaan Mencari Tenaga Kerja yang Ahli di Bidangnya

Tidak semua perusahaan memiliki karyawan internal dalam membantu semua tugas yang berkaitan dengan bisnis. Alasannya karena mereka lebih nyaman menggunakan tenaga outsourcing untuk menunjang keberhasilan bisnisnya.

Dengan bekerja sama dengan perusahaan outsourcing Anda dapat mempekerjakan karyawan secukupnya selama perjanjian kerja mereka selesai. Selain, memudahkan Anda dalam merekrut tenaga kerja yang mumpuni beberapa perusahaan outsourcing juga menawarkan layanan lain yang dibutuhkan perusahaan.

Beberapa contohnya menyediakan layanan yang berkaitan dengan:

- Perencanaan bisnis

- Riset pasar

- Pembuatan prospek

- Pemasaran e-mail

- Transkripsi audio

- Pengujian manual

- Sumber produk

- Pengembangan web

4. Perusahaan Bisa Mempekerjakan Karyawan Secara Efektif 

Perusahaan yang sukses umumnya dapat membuat para karyawannya lebih produktif dengan pekerjaan terbaik mereka. Dengan produktivitas karyawan yang tinggi perusahaan tidak perlu mempekerjakan banyak karyawan dan menghabiskan banyak waktu dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan.

Dengan bantuan tenaga kerja outsourcing Anda bisa lebih leluasa menentukan jumlah karyawan dan jangka waktu mereka bekerja dengan lebih mudah. Sehingga produktivitas mereka akan lebih efisien dan perusahaan pun akan lebih diuntungkan.

5. Perusahaan Bisa Mengatur Ulang Proses Bisnisnya Menjadi Lebih Baik

Dengan menggunakan sistem outsourcing, perusahaan Anda bisa lebih inovatif dalam menjalankan proses bisnisnya.

Sistem outsourcing dapat menyederhanakan dan menghapus langkah-langkah yang tidak penting dalam proses rekrutmen calon karyawan.

Bekerja sama dengan perusahaan outsourcing juga akan membantu Anda mendapatkan layanan lain yang berkaitan dengan masalah bisnis dengan lebih baik.

Dimana Bisa Menemukan Jasa Outsourcing Terbaik?

Setelah mengetahui pentingnya jasa outsourcing untuk kemajuan sebuah perusahaan, selanjutnya Anda bisa memilih jasa outsourcing yang terbaik. Dan bagi Anda yang mencari jasa outsourcing,

Workmate Indonesia dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini kelebihan yang ditawarkan Workmate Indonesia dalam menunjang kebutuhan tenaga kerja di perusahaan Anda:

- Menyediakan kandidat pekerja dengan cepat dan tepat.

- Absensi tanpa timesheet manual yang lebih memudahkan Anda.

- Menawarkan layanan yang lebih terjangkau 30% dari proses rekrutmen konvensional.

- Proses rekrutmen menjadi lebih efisien dengan sistem digital.

Setelah mengetahui apa itu outsourcing dan alasan pentingnya sistem tersebut untuk perusahaan. Sekarang Anda tidak perlu ragu lagi bekerja sama dengan perusahaan outsourcing untuk membantu meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Segera dapatkan tenaga kerja yang Anda butuhkan dengan mudah melalui Workmate Indonesia.



Posting Komentar

0 Komentar