Ayo Belajar dengan Cara Seru di Ruangbelajar By Ruangguru

Pretty Black Cat

Ayo Belajar dengan Cara Seru di Ruangbelajar By Ruangguru



Ruangbelajar By Ruangguru, Ruangbelajar, Ruangguru, aplikasi belajar online termurah, aplikasi belajar online terbaik,

Masa pandemi hampir genap masuk ke tahun kedua nih. Itu berarti masa sekolah daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga ngikut dan makin panjang masa berlakunya. Gimana nih anak-anak sekolah, pada senang nggak belajar online?

Pasti ada suka dan (banyak) dukanya ya. Kalau sukanya sih bisa jadi lebih banyak waktu main, hihi.. Kalau dukanya ya belajar sendiri, dan nggak bisa main sama teman-teman, ya kaan??

Bukan cuma itu, PJJ juga dirasakan pahit bagi para orang tua nih. Salah satunya ya kesulitan mengajarkan anak-anak. Karena, selama PJJ, tugas orang tua bukan hanya mendampingi, tapi juga dituntut untuk dapat menjelaskan materi pelajaran. Auto jadi guru deh orang tuanya..

Pertanyaannya, apa semua orang tua bisa atau mampu menjelaskan materi pelajaran dan pemechan soal-soal pada anak?

Walaupun sebenarnya bisa aja tanya om google, tapi cara demikian tetep aja nggak bisa banyak membantu dan nggak cukup lengkap.

Mendaftarkan bimbel dan mendatangkan guru private pun sebenarnya bisa menjadi solusi. Tapi, tetap saja dirasa masih kurang efektif buat belajar anak, karena jadwal pertemuannya yang bisa dihitung jari.

Lantas, apa yang harus dilakukan para orang tua supaya anak semangat belajar dan mampu mengerjakan soal-soal?  Untuk dapetin jawabannya, baca artikel ini sampai habis yaa..

Pembelajaran Berbasis Digital By Ruangguru

Nggak bisa dipungkiri, berkembangnya dunia digital sekarang ini sangat berpengaruh terhadap cara belajar siswa. Pemerintah juga seakan sadar bahwa kebutuhan siswa dengan mengakses materi pembelajaran melalui internet terus meningkat.

Maka dari itu, muncullah beragam media alternatif yang bertujuan untuk lebih mudah menjangkau siswa dan sebagai pemenuhan kebutuhan dalam belajar agar lebih efisien dan efektif. Salah satunya ialah, Ruangguru.

Startup pendidikan ini diklaim mampu meningkatkan semangat belajar anak. Terlebih aplikasi belajar online terbaik ini menghadirkan guru-guru virtual dalam bentuk video dan bahkan bisa diakses secara interaktif.

Ruangguru juga memiliki banyak produk yang bisa orang tua pilih sesuai dengan kebutuhan belajar anak. Bahkan, belum lama ini, Ruangguru meluncurkan produk barunya yang bertajuk Ruangbelajar. Berinovasi melalui fitur-fitur terbaiknya, Ruangbelajar sangat cocok menjadi solusi orang tua yang kesulitan mendampingi anak saat PJJ berlangsung.

Ada banyak fitur seru yang diciptakan Ruangguru di Ruangbelajarnya. Seperti apa fitur menarik yang diberikan Ruangbelajar? Silakan lanjutkan membacanya..

Ayo Belajar dengan Cara Seru di Ruangbelajar By Ruangguru

Udah jadi rahasia umum nih kalau produk-produk keluaran Ruangguru bakal banyak membantu siswa memahami pelajaran, tak terkecuali Ruangbelajar ini.

Berikut fitur-fitur seru Ruangbelajar yang bikin belajar makin lancar, yaitu: 

Fitur-fitur Seru ala Ruangbelajar by Ruangguru

1. Ruangguru PET

Teman Belajar ruangbelajar by ruangguru

Fitur seru ini diperuntukan bagi anak-anak yang pastinya akan membuat belajar makin semangat. Sesuai namanya Ruangguru PET, di mana akan ada 3 jenis karakter hewan yang diadaptasi dari hewan langka di Indonesia yang bisa menjadi Teman Belajar anak. Ada Modo (Komodo), Candra (Cendrawasih), dan Harry (Harimau Sumatera)

2. Ruangguru Adventure

Ruangguru Adventure, Ruangbelajar By Ruangguru

Fitur ini layaknya sebuah permainan. Karena, terdapat poin XP dan gold. Jika berhasil mengerjakan soal, maka kamu akan mendapatkan poin XP dan dapat naik ke level berikutnya. Sedangkan poin gold digunakan untuk membeli berbagai jenis item untuk memodifikasi avatar kamu, misalnya mengganti pakaian, gaya rambut, aksesoris, dsb.

Ada pula video belajar berupa animasi yang dapat ditonton. Dari menonton video aja kamu bisa mendapatkan 10 poin. Sementara untuk latihan soal, besaran poinnya berbeda-beda tergantung tingkat kesulitannya.

3.  Jadwal Belajar

Jadwal Belajar- Ruangbelajar By Ruangguru

Sesuai namanya, fitur ini dapat membantu kamu menentukan sendiri jadwal belajar, seperti memilih mata pelajaran, durasi belajar, jam dan hari belajar. Jadi kamu bisa atur sendiri kapan aja mau belajar.

4.  Asah Otak

Fitur satu ini akan menguji seberapa paham kita bisa menjawab pertanyaan yang disediakan. Apabila berhasil menjawab, maka akan muncul rekomendasi video mengenai pemahaman lebih lanjut. Jadi, nggak meninggalkan jawaban yang benar, tapi kamu akan diarahkan pada pengerjaan yang lebih tepat, sehingga jadi lebih tau letak kekurangan saat mengerjakan soal.

5. Bank Soal

bank soal - ruangbelajar by ruangguru

Di Ruangbelajar, nggak cuma diberikan materi pelajaran, tapi juga mendapatkan kumpulan soal-soal dari berbagai mata pelajaran dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Semua dapat disesuaikan sama kebutuhan kamu.

Fitur ini sangat berguna untuk kamu melatih diri mengerjakan soal-soal sebelum ujian. Jadi, kamu bisa tau seberapa jauh kemampuan kamu dalam memahami pelajaran dan mengerjakan soal.

Dalam fitur ini, ada 4 pilihan jenis Bank Soal, yaitu Bank Soal UAS, UTS, UN, dan SBMPTN.

6. Laporan Belajar

Selama menggunakan aplikasi Ruangguru khususnya pada produk Ruangbelajar, orang tua pasti ingin mengetahui perkembangan belajar anak kan? Nah, dalam fitur ini, orang tua bisa mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif, cukup dengan mengetik "Rapor Anak" dan mengirimkannya ke nomor WhatsApp Ruangguru di 081578200000.

Selain ke 6 fitur menarik Ruangbelajar di atas, ada fitur terbaru yang dirilis 1 Juli 2021 ini, lho..

Berikut adalah ke 6 fitur terbaru Ruangbelajar by Ruangguru, di antaranya:

1. Adapto

Fitur ini akan mengambil manfaat dari setiap nilai kuis dalam video yang kamu kerjakan. Karena memang, dengan cara pembelajaran yang lebih interaktif, kamu akan lebih tau kemampuan belajarmu, dan nantinya akan bisa memilih materi belajar sendiri.

Melalui fitur ini, kamu akan dapat meningkatkan kecepatan belajar dan memastikan betul bahwa kamu dapat memahami materi dalam satu sesi, sebelum nantinya dapat melanjutkan ke materi selanjutnya. Sehingga menciptakan pengalaman belajar yang berkelanjutan, lebih lancar dan imersif.

2. Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Sesuai namanya, fitur ini akan lebih mendisiplinkan kamu dalam pemahaman materi melalui tontonan video dan materi pembelajaran lainnya. Sehingga terciptanya kebiasaan yang baik dengan yang harus dipelajari setiap minggunya.

Selain itu, fitur ini akan memberikanmu rekomendasi playlist yang sesuai dengan kebutuhan atau agenda di sekolah. Jadi lebih teratur dan nggak sembarangan belajar.

3. Subtitle Video

Fitur ini dapat menjadi tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran secara global, terutama yang terdapat pada rekaman konten sebelumnya. Dengan penggunaan transkrip, maka akan lebih baik membantu pembelajaran. Dengan lebih banyak mempelajari kata per kata, maka poin-poin pentingnya nggak akan terlewatkan.

4. Fitur Pencarian

Fitur ini akan memberikan manfaat lebih mudah dan cepat mencari materi pembelajaran dalam aplikasi. Cukup dengan mengetik materi apa yang dicari dalam kolom pencarian, setelah itu hasilnya akan muncul dengan cepat.

5. Pet Mission

pet mission - ruangbelajar by ruangguru

Fitur ini ada dalam halaman evolusi hewan peliharaan. Di mana akan terdapat misi hewan peliharaan yang harus diselesaikan. Apabila kamu dapat menyelesaikan 4 misi dalam satu minggu, maka kamu akan mendapatkan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Fitur ini digadang-gadang dapat mendorong semangat belajar, terutama bagi kamu yang doyan bermain game online. Jadi merasa tertantang, gitu..

6. Tes Minat Bakat

Fitur ini merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Tes ini engukur kemampuan aritmatika, induktif, deduktif, spasial, dan reasoning. Tujuan fitur ini adalah membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri kamu.

Hasil tes ini akan ditunjang dari bakat yang kamu miliki, sehingga akan menghasilkan jurusan-jurusan yang sesuai dengan minat kamu. Jadi nggak ragu lagi kalau mau milih jurusan saat ingin masuk ke jenjang perguruan tinggi nanti, bener nggak?

Yups, seru dan menarik bukan fitur-fitur yang dimiliki Ruangbelajar by Ruangguru? Fitur-fitur di atas harus dimanfaatkan sebaik-baiknya ya.

Untuk itu, bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak, jangan pernah ragu untuk memilih Ruangguru sebagai aplikasi belajar online terbaik. Karena dapat menjadikan kamu lebih baik dari segi nilai dan karakter. Semoga bermanfaat, sampai jumpaa..


Gif: canva
Ref: https://ruangguru.com/https://www.ruangguru.com/ruangbelajar


Posting Komentar

0 Komentar