Solusi Tepat Atasi Gatal karena Jamur Kulit, Check!

Pretty Black Cat

Solusi Tepat Atasi Gatal karena Jamur Kulit, Check!



Solusi Tepat Atasi Gatal karena Jamur Kulit, Check!

Ada beragam jenis masalah pada kulit. Salah satunya adalah masalah jamur kulit yang paling sering dialami siapa saja. Jamur kulit biasanya menyebabkan gatal-gatal pada kulit hingga dapat menyebabkan infeksi.

Sebelum mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengatasi jamur kulit? Yuk, simak dulu penjelasan singkat tentang apa itu infeksi jamur kulit. Baca artikel ini sampai habis yaa.. 

Infeksi Jamur Kulit Itu Apa Sih?

Jamur dapat hidup di mana saja. Selain dapat tumbuh di tanah dan tumbuhan, jamur juga dapat tumbuh pada permukaan kulit. Walau organisme mikroskopis ini tidak terlalu menyebabkan masalah serius, namun jika pertumbuhannya semakin cepat dan mulai merambati luka, itulah yang bisa menjadikan jamur kulit berbahaya.

Umumnya jamur menyukai tempat yang hangat dan lembap untuk bertumbuh. Maka nggak heran, jika infeksi jamur kulit akan cepat tersebar pada area yang berkeringat, cenderung basah, dan minim terkena udara. Seringya jamur kulit bisa tumbuh pada lipatan kulit, bagian kaki dan paha.

Jamur kulit tidak jauh berbeda dengan ruam, ditandai dengan adanya sisik dan perubahan warna kulit dan terasa gatal. Infeksi jamur kulit sangat bisa menular, terutama melalui kontak langsung. Biasanya disebabkan oleh tersentuh jamur yang menempel pada pakaian atau pada hewan.

Upaya Melakukan Pencegahan Jamur Kulit

Jamur kulit yang menyebabkan gatal-gatal memang sangat membuat tidak nyaman. Untuk itu, agar terbebas dari infeksi jamur kulit, coba catat beberapa langkah berikut ini, yuk! 

- Membawa perlengkapan pribadi saat bepergian, sebaiknya kamu membawa sendiri segala perlengkapan pribadi seperti handuk, pakaian, peralatan mandi, dan sebagainya. Hindari bergantian menggunakan barang pribadi dengan orang lain. Selain itu, saat berkeringat, segera ganti pakaian, kaos kaki, dan pakaian dalam, agar jamur pada barang-barang tersebut tidak tumbuh dan menyebar.

- Hindari memakai pakaian atau sepatu yang terlalu ketat. Dan pilihlah sepatu yang memiliki sirkulasi udara, supaya sepatu dan kaki tidak menimbulkan, dan terhindarkan dari jamur.

- Setiap kali akan membersihkan diri, pastikan handuk dalam keadaan kering. Selanjutnya gunakan sandal atau selop jika ke kamar ganti kolam renang dan jangan berjalan tanpa alas kaki.

- Selalu sedia lap bersih, untuk membersihkan semua permukaan benda dan tempat apabila berada di tempat umum. Seperti pada di tempat gym dengan membersihkan matras terlebih dahulu atau peralatan lainnya.

- Hindari hewan yang memiliki gejala infeksi jamur, jauhi hewan saat sedang menggaruk atau semacamnya, agar jamur tidak menyebar melalui bulunya yang rontok.

Ketahui Cara Pengobatan Jamur Kulit

Antijamur merupakan jenis pengobatan yang baik untuk menghilangkan infeksi jamur. Obat ini akan bekerja membunuh jamur secara langsung, dan mampu mencegah jamu kembali lagi. Jenis obat jamur kulit tersedia dalam bentuk obat OTC (pengobatan dengan resep).

Berikut adalah jenis obat jamur yang aman digunakan, antara lain:

- Krim atau salep

- Spray atau semprotan

- Sampo

- Pil

- Bedak

Apabila kamu terlanjur mengalami infeksi jamur pada kulit, gunakan produk obat OTC, karena bisa membantu membasmi jamur sampai ke akar-akarnya. Namun, apabila infeksi jamur mulai menyebar cukup parah, dokter akan memberikan rekomendasi obat antijamur yang sesuai dengan infeksi jamur yang diderita.

Selain jenis pengobatan OTC, kamu juga bisa melakukan pencegahan jamur di rumah. Begini cara pencegahannya:

- Senantiasa menjaga kebersihan area yang terkontaminasi infeksi jamur supaya tetap kering dan bersih

- Menggunakan jenis pakaian dan sepatu yang agak longgar, supaya kulit tetap bisa bernapas

Infeksi jamur kulit dapat membuat sakit bahkan perih. Dalam beberapa kasus, penderita infeksi jamur akan sembuh dalam hitungan minggu atau bulan, tergantung seberapa parah infeksi jamu kulit yang diderita.

Apabila kamu mengalami gejala infeksi jamur kulit, segeralah mengobatinya dengan Canesten. Obat jamur kulit Canesten adalah solusi tepat atasi gatal penyebab jamur kulit. Salah satu obat keluaran Bayer ini telah hadir lebih dari 45 tahun dan sudah digunakan hingga seluruh dunia.

Ingin tahu informasi lengkap seputar produk Canesten? Segera kunjungi website resminya ya. Sampai jumpa. Semoga senantiasa sehat  dan terhindar dari segala macam jamur kulit.


Pict: canva



Posting Komentar

4 Komentar

  1. Wah boleh banget nihproduknya. Apalagi untuk di cuaca panas seperti di sini ya kakak

    BalasHapus
  2. Kalau jamur sih poinnya memang menjaga kebersihan ya. Dan sebisa mungkin jangan lembab ya.

    BalasHapus
  3. aku pernah infeksi jamur sampai 2 tahun. lama ya, wkwkwkwk. kata dokter karena stress. waktu itu jaman kuliah sih. udah gontaganti dokter akhirnya berobat ke rumah sakit besar dan alhamdulillah sembuh

    BalasHapus
  4. Allhamdulillah ya mba sudah ada obat mengatasi jamur kulit jadi nggak perlu khawatir lagi asal cepat ditangani

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.