Cukup Ingat Satu Hal Saat Insecure Sama Tulisan Sendiri

Pretty Black Cat

Cukup Ingat Satu Hal Saat Insecure Sama Tulisan Sendiri



 

Merasa Insecure dengan Tulisanmu? Baca Ini Dulu Yuk!

Kamu pernah nggak ngerasa insecure sama tulisanmu sendiri? Kalau saya sih pernah. Apalagiii kalau mau ikut lomba blog, ah udah insecure duluan. Pas lihat tulisan teman blogger lain, "aduuh, kok aku nggak bisa sih nulis kayak dia.." Dan udah mikir aja pasti nggak bakal menang, wkwk.. Selemah itu jiwa ragaku ini, hah!

Perasaan insecure itu pasti selalu ada ya dalam otak penulis. Mulai dari rasa takut karena tulisan kita nggak ada yang baca. Minder sama tulisan teman yang lain. Ngerasa tulisan kita kok gitu-gitu aja ya, nggak ada perkembangan.

Nahh.. Ini nih yang bikin diri makin malas bertindak, jadi bisanya cuma mengeluh dan mengeluh. Kayak saya, hehe.. Tapi dulu sekali sih.. Tingkat ke-insecure-annya lumayan tinggi. Huhu..

Padahal, tadinya kita udah santai ya pas selesai nulis, seketika muncullah pikiran-pikiran negatif semacam pertanyaan-pertanyaan (nggak penting) untuk diri sendiri.

"Eh, tulisanku udah cukup bagus belum ya?"

"Aduh.. Kok malu ya mau publish tulisan sendiri. Perasaan masih jelek banget."

"Kira-kira, ada yang mau baca tulisanku nggak ya?"

Daaan berbagai macam pertanyaan-pertanyaan lainnyaaa...

Saat pikiran-pikiran tersebut mulai muncul dan mengganggu jiwa dan ragamu, dan mungkin akan mencoba menimbulkan perasaan bahwa tulisanmu nantinya akan sia-sia?

Heei! Enggak ada tulisan yang sia-sia. Yang ada itu rasa malas yang berujung pada ketidakinginan melakukan apa-apa. Itu yang namanya sia-sia atau membuang-buang waktu tanpa tau harus berbuat apa. Oke skip yaa, haha..!

Disaat sederet perasaan itu muncul, mari kumpulkan segenap tenaga untuk mencoba mengingat kembali dan tanya pada diri sendiri, apa sebenarnya tujuan awal kamu menulis. Apakah untuk sekadar gaya-gayaan? Atau ingin dikenal? Atau ingin selalu dipuji? Atau ingin berbagi kebaikan dan manfaat? Dan alasan lainnya..

Yakinlah.. Bahwa nggak ada sesuatu yang sia-sia, selama apa yang kita kerjakan adalah sebuah niat baik. Walau terkadang, hasilnya nggak kita dapatkan langsung, tapi suatu saat, karya kita pasti berguna di masa datang. Karena kita nggak akan pernah tau amalan seperti apa yang diterima.

Untuk itu, manfaatkanlah waktu kita yang sebentar ini.. Buanglah jauh-jauh perasaan over thinking, yang hanya akan menghentikan langkah kita untuk berbuat kebaikan.

Percayalah.. Setiap tulisan yang kamu buat, akan menemukan pembacanya masing-masing. Kalau masih juga belum banyak yang baca, mungkin memang bukan dengan tulisanmu yang ini. Sabar yaa..

Kebaikan yang kamu buat pasti akan segera terbalas selama itu masih berjalan sesuai tujuan awal. Semangat menulis teman-teman..

#SelfReminder



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Kalau insecure sama tulisanmah sering Kak. Apalagi saya kuliah di Bahasa Indonesia, yang pasti insecure nya nambah dengan takut kata yang ditulis tidak sesuai PUEBI. 😅

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.