Menulis: Sebuah Kegiatan Iseng, Jadi Hobi yang Langgeng

Pretty Black Cat

Menulis: Sebuah Kegiatan Iseng, Jadi Hobi yang Langgeng



 

Menulis: Sebuah Kegiatan Iseng, Jadi Hobi yang Langgeng

Halo semuaa.. Ngomongin tentang hobi, kamu punya hobi apa sih? Ada berapa banyak hobi yang kamu punya? Haha.. Kalau saya sih sejak 2 tahun lalu memutuskan, bahwa menulis adalah hobi tetap saya, hehe.. Apalagi setelah banyak gabung di komunitas menulis, rasa-rasanya makin semangat aja buat nulis. Dan selanjutnya, hobi menulis saya mulai mendatangkan cuan, hihi..

Jadi, sebenarnya hobi itu apa sih?

Menurut wikipedia, hobi berarti kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hobi adalah kata benda yang dapat diartikan sebagai kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan sebagai pekerjaan utama.

Memilih hobi juga jangan sembarangan ya. Pilihlah hobi yang benar-benar bermanfaat, atau lebih baik lagi yang memberikan keuntungan. Bahkan bisa memberkan peluang kerja buat kamu. Contohnya menulis, atau katakan saja blogger ya, bisa jadi ada banyak brand yang ingin mempromosikan mereknya melalui tulisan, baik berupa review atau semacamnya.

Hobi yang lain juga banyak yang bermanfaat kok, seperti menggambar, bisa saja nanti bakal ada yang melirikmu untuk menjadi ilustrator, atau hobi memasak, kamu bisa membuka peluang berjualan makanan. Hobi baca buku bisa menambah wawasanmu. Dan hobi-hobi lainnya yang membuat hati senang, dan waktu luang terisi dengan baik.

Merubah Hobi

Cerita sedikit tentang hobi yang pernah saya tekuni. Zaman SMA dulu, sekitar 2007 silam, saya punya hobi bermusik, bahkan saya sempat punya band yang personilnya cantik-cantik alias perempuan semua, hehe.. Tapi setelah memutuskan untuk merantau di 2012 awal, hobi bermusik seakan tinggal kenangan, haha..

Mungkin karena kesibukan kerja juga. Selain itu, alat musik juga nggak punya. Sempat sih mau beli gitar waktu itu, tapi kok rasanya eman gitu, hehe.. Alhasil, saya iseng buat nulis, mulai berpuisi dan bikin cerpen. Dan atas saran seorang teman, saya akhirnya bikin blog. Dan mulai dari sanalah hobi menulis saya bermula.

Alhamdulillah, hobi menulis yang saya tekuni, langgeng sampai sekarang. Bahkan bisa jadi sumber pemasukan, walau nggak banyak, tapi bikin bahagia dan super ngilangin stres lho, ya karena itu tadi, kita menekuni hobi sesuai keinginan, hihi..

Semoga dengan makin menekuni hobi menulis ini, saya bisa menjadi seoarang penulis profesional, dan bisa bikin buku juga dong, aamiin..

Jadi, sudah sejauh mana kamu menekuni hobi kamu?


Gif: pinterest



Posting Komentar

3 Komentar

  1. Aku baru mulai menulis lagi sejak 2018. Gara-garanya seorangs sahabat bilang, "Tulisan kamu di IG bagus lho, nggak pingin ditekuni jadi hobi yang menghasilkan?"

    Waktu itu baru benar2 sadar kalau aku memang suka menulis. Sayangnya tidak terarah dan random nulis di mana aja hahaha Baru sejak itulah aku buat blog khusus yang niatnya kuseriusin diisi. Karena sebenarnya sudah punya blog dari 2010 tapi ngisinya seingatnya aja :P

    Dan, akhirnya menemukan hobi lama itu sangat menyenangkan ya. Banyak ketemu teman baru, dan bikin lebih pintar karena belajar banyak hal baru :D

    Yuk semangat terus nulisnya Mba Ky, sama2 berjuang kita, woohoo

    BalasHapus
  2. Saya belum terlalu jauh menekuni hobi menulis. Jadi, baru hanya sebatas blog saja. minimal sepekan sekali lah yaa ada yg ditulis. mbak. ehhee

    BalasHapus
  3. alhamdulillah hobi yang menghasilkan nih, hehe

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.

Pembuatan Blog Murah!

Hobi nulis? Publikasikan tulisan pada personal blog dan hasilkan cuan dari blog mu sekarang!

Buat Blog di Sini !