Tantangan One Day One Post Bersama ICC. Ikutan Yuk!

Pretty Black Cat

Tantangan One Day One Post Bersama ICC. Ikutan Yuk!



One Day One Post, ODOP


Tantangan One Day One Post Bersama ICC. Ikutan Yuk! - Halo semua.. Beberapa hari lalu, salah satu WAG support yang saya ikuti, mencoba membuat gebrakan baru nih. Insya Allah, di awal tahun depan, akan ada sebuah tantangan yaitu One Day One Post (ODOP) selama 30 hari berturut-turut.

Ada yang tau nggak sih asal muasal ODOP tercipta?

Dicetuskan oleh seorang guru blogger, pebisnis online sekaligus pengasuh di sekolah sosial Rumah Muda Indonesia, beliaulah Syaiful Hadi alias Bang Syaiha. Dan ternyata, komunitas ODOP ini sudah ada sejak 2015 lho, dan keberadaannya semakin berkembang sampai sekarang.

One Day One Post (ODOP)

Ada dua hal penting yang harus tertanam dalam dirimu sebelum mengikuti ODOP. Pertama, komitmen yang kuat, yaitu tanamkan dalam diri bahwa kamu bisa dan sanggup untuk melewati tantangan menulis 30 hari ini. Kedua, bagi waktu antara menulis dengan kegiatan prioritas, sudah jelas ya. Supaya jangan terkesan memaksa, tetap lakukan tanggung jawabmu terhadap pekerjaan utama.

Manfaat Ikutan ODOP

Ikut program ODOP juga memiliki banyak manfaat lho, apa aja sih manfaatnya? Yuk, kita simak..

1. Lebih produktif

Percayalah, ODOP akan membuat kamu semakin semangat untuk menulis, sehingga lebih produktif dan tulisanmu akan semakin banyak. Karena memang mau tidak mau kamu harus menulis, dan menghasilkan konten bermanfaat, yang pasti sesuai dengan kesenanganmu.

2. Pengetahuan berkembang

Tentunya, kamu harus mencari ide tulisan ya. Untuk itu, secara tidak sadar kamu juga sedang meningkatkan pengetahuanmu seputar apapun, tergantung kategori tema yang sedang dijalankan.

3. Page view meningkat

Ini nih yang paling disukai blogger seperti saya. Ya! Pengunjung blog kamu pasti akan meningkat dengan perlahan tapi pasti.

Ada yang bisa menambahkan manfaat lain dari program ODOP ini? Cus, ramaikan kolom komentar dong..

Tips dan Trik ODOP

Memutuskan untuk mengikuti ODOP, memang harus siap lahir dan batin ya. Kenapa begitu?? Ya karena kita harus siap untuk menulis atau membuat apapun dalam satu hari. Anggap aja PR sekolah, istilahnya harus siap baru bisa dikumpul, hehe..

Tapi buat kamu si pekerja keras yang mungkin nggak akan sempat untuk bikin konten, tapi tetep bersikeras mau ikut ODOP? wkwk, bahasanya serius amat. Tenaang.. Karena saya punya tips dan trik nih supaya kamu selalu siap untuk membuat konten disetiap harinya. Yuk langsung intip..

1. Catatlah ide-ide yang ada dalam pikiranmu, sekalipun cuma sekedar melintas, catat aja, siapa tau bisa dikembangkan jadi tulisan panjang, hehe..

2. Ceritakan pengalaman menarik dalam hidupmu. Pernah punya pengalaman dalam hidupkan? Pengalaman manis atau pahit, yang penting endingnya ada pelajaran yang bisa diambil.

3. Mulailah dengan membahas hal yang ringan. Misalnya, tips agar bisa bangun lebih pagi, kamu bisa ceritakan menurut kebiasaanmu atau cuma imajinasi juga no problemo, hihi..

4. Buat kategori tulisan. Kamu mau cerita tentang apa hari ini? Gaya hidup? Parenting? Kembali lagi nih ke pengalaman hidup kamu. Kamu bisa ceritakan gaya hiup sehatmu, atau tentang cara mengasuh anak yang baik, dsb.

5. Fokus ke satu bahasan. Hindari beralih tema. Kamu harus bisa fokus dengan tema yang ingin kamu tulis hari ini.

Itu aja kali ya.. Mau ada yang menambahkan? Boleh yuk lanjut di kolom komentar.

Siap Terima Tantangan ODOP?

Memutuskan untuk ikutan ODOP, nggak perlu sampai bertapa di gunung lho, yang penting lahir dan batin kamu siap untuk menerima tantangan 30 hari menulis ini. Langsung aja yuk daftar ODOP bersama Komunitas Indonesian Content Creator (ICC) dan Mubadalah (partner). Akan ada banyak tema seru seputar kategori yang patut untuk diperbincangkan, hehe..

Open Participant ODOP ICC

Menjadi partisipan ODOP nggak akan bikin kamu rugi deh. Karena, akan ada kejutan diakhir penyelenggaraan ODOP, tentunya buat kamu yang berhasil menyelesaikan tantangan 30 hari menulis ini.

Penasaran syarat-syaratnya apa aja? Yuk silakan disimak baik-baik..

Persyaratan Peserta ODOP ICC

1. Peserta merupakan member ICC dan umum. Jika ingin bergabung bersama ICC terlebih dulu juga boleh, silakan daftar dan mengisi formulir ICC.

2. Langsung daftar dan mengisi formulir ODOP.

3. Repost flyer ODOP ICC di Instagram Story dan/atau Feed.

4. Follow dan tag Instagram @IndonesianContentCreator dan @Mubadalah (partner), jangan lupa juga sertakan hashtag #ODOPICC #IndonesianContentCreator #30HBCICC

5. Yang terakhir, jangan private akun instagram kamu, okay!


One Day One Post (ODOP)

Jadwal Pendaftaran ODOP ICC

1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 - 29 Desember 2020.

2. Pelaksanaan dimulai tanggal 1 - 30 Januari 2021

3 Penutupan berakhir tanggal 31 Januari 2021

Gampang toh syarat pendaftarannya.. Yuk, buruan daftar, dan beranikan dirimu untuk menjawab tantangan 30 hari bercerita bersama ODOP ICC. Semangat dan sampai jumpaa..


Gif: https://www.tenor.com/users/kyndaaa



Posting Komentar

6 Komentar

  1. Mba aku juga mau ikutan, makasih sudah diingatkan. Asik semoga aku bisa menjalankannya full, soalnya aku belum pernah ODOP nih, heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pertama kalinya ikut ODOP nih mbak. Semoga kita berhasil konsisten bikin konten tiap harinya yaa. aamiin..

      SEMANGAAT!!

      Hapus
  2. Balasan
    1. makasih karena sudah membuat ODOP ini bu :D

      semangat untuk kita semuaaa..

      Hapus
  3. pengen bisa ikutan kegiatan seperti ini, tapi takut nggak berhasil hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. nggak akan dihukum kok kalo nggak update satu hari kak..

      semoga next time berani ikut yaa, hehe

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.