Blooming Sparkly Red Rose

Cuma Anak Rantau yang Paham! Momen Haru Saat Ramadhan Bareng Keluarga




Assalamu’alaikum. Sebagai anak rantau, dari Medan ke Denpasar, pastinya saya rindu berkumpul sama keluarga. Setidaknya 2 tahun sekali saya usahakan untuk mudik. Dan berhubung tahun lalu udah mudik, jadi tahun ini nggak mudik. Meskipun begitu, rasa rindu ini tetap menggebu. Momen saat lebaran pun terngiang dalam benak. Kalau kata saya sih yang penting uang THR sampai ke orangtua, hehe..

Btw, pasti ada yang punya perasaan sama seperti yang saya alami sekarang. Tetap doakan orangtua dan keluarga ya, agar selalu sehat.

Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman momen-momen haru anak rantau sebelum ramadhan lebaran tiba.

1. Suara ibu bangunin sahur

Biasanya satu jam sebelum makan sahur ibu pasti udah bangunin. Kadang lembut juga kadang sampai sedikit teriak, karena yang dibangunin masih malas-malasan, malah kadang tidur lagi. tapi ibuk tetap sabar untuk bangunin sahur anak-anaknya. Kalau anak rantau, seringnya malah kesiangan. Padahal alarm udah di pasang 2 jam sebelum subuh.

2. Makan sahur seadanya

Ya namanya juga anak rantau, apa-apa pasti harus irit, hehe.. Beda kalau kita makan sahur di rumah sama orangtua. Semua sudah tersedia. Kadang juga bantuin ibu siapin makan sahur. Kegiatan ini sih yang selalu bikin rindu.

3. Buka puasa seadanya

Biasanya bareng ibuk, kakak dan adik, ngumpul di rumah sambil bikin kudapan berbuka puasa. Seringnya sih kolak pisang atau singkong lengkap sama es buahnya. Habis itu sholat maghrib berjamaah di rumah. Kalau anak rantau, buka puasa pakai air putih sama gorengan aja udah cukup, haha..

4. Berburu kue lebaran

Oleh karena ibuk nggak hobi sama yang namanya masak, jadinya ibuk selalu beli kue lebaran. Kebanyakan sih kue kering. Nah, kalau anak rantau, boro-boro bikin kue, beli juga enggak. Malah seringnya mengharapkan pemberian tetangga kos, haha.. Moon maap..

5. Belanja baju lebaran

H-2 sebelum lebaran, bapak pasti ngajakin keluarga keliling mall buat berburu baju lebaran. Kalau anak rantau, baju lebaran 2 tahun lalu dipakai lagi juga nggak masalah. Kalau ada uang lebih palingan cuma beli sandal, haha..

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal seru yang nggak pernah terlewatkan saat bareng keluarga di rumah, sekalipun bukan momen saat ramadhan. Berada di tengah-tengah keluarga memang sangat membahagiakan ya. Semoga orangtua dan saudara kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT, aamiin..

Terima kasih sudah mampir. semoga postingan ini juga bikin kamu rindu keluarga ya. Sampai jumpa..

Gif: tenor.com


Post a Comment

6 Comments

  1. Huhuu jd baper mbaak rindu banget sama keluargaa. Uda 3 tahun ini puasa dan lebaraan gak sama keluarga di rumaah, jd kangen ketupat bikinan ibuk. Kangen juga makan lesehan bareng keluarga besar. Semogaa pandemi ini segera berakhir yaa mbak, biar bsa langsung temu kangen sama keluarga di kampung halaman. Aamiin 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin 😇
      Semua hal berbau keluarga memang selalu dikangenin mbak.
      Sehat selalu buat keluarga kita ya mbak.

      Delete
  2. saya pernah merantau krna prakrin 3 bulan.. jdi harus keluar daerah tpi waktu itu blom sempat bulan puasa sih

    ReplyDelete
  3. Aku gak anak rantau, ga paham :( Tapi kalo soal tutorial aplikasi android paham banget #ehe wkwk

    ReplyDelete

Kyndaerim: Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.