Peran Ayah Terhadap Anak, Seberapa Penting Ya ?


IG: @kyndaerim

Assalamu'alaikum. Halo Ayah dan Ibu.. Beberapa orang berpikir bahwa tugas Ayah hanyalah menafkahi keluarga, benar nggak ? Ada juga yang beranggapan, bahwa pendidikan anak hanyalah tanggung jawab seorang Ibu. Jadi, kebanyakan dari para Ayah hanya menghabiskan waktunya untuk bekerja membanting tulang. Sepulang bekerja pun Ayah lelah dan tidak sempat bermain dengan si kecil. Sampai terkadang Ayah selepas pulang bekerja, namun anak-anak sudah tidur.

IG: @kyndaerim

Sebenarnya, seberapa jauh sih peran Ayah terhadap tumbuh kembang anak ? Yuk kita bahas..

Usia 0 - 2 tahun


IG: @kyndaerim

Apa hal pertama yang Ayah rasakan saat anak lahir ? Kalau suami Saya sih, bersyukur karena anaknya lahir dengan selamat tanpa kurang satu apapun. Ada yang kaget, atau bahkan bingung, mau menggendongpun belum berani, hehe..


IG: @kyndaerim

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Ayah akan terbiasa. Termasuk mendalami perannya sebagai seorang Ayah. Sedini mungkin, Ayah harus bisa memiliki ikatan emosional yang kuat dengan anak. Apalagi, bila anak kedua baru lahir, Ayah harus sigap meminimalkan sikap anak pertama yang butuh perhatian lebih, karena sang Ibu yang fokus terhadap anak kedua yang baru lahir.

Usia 2 - 4 tahun

IG: @bayupradana_bp

Mulai usia 2 tahun, Ayah harus sering-sering meluangkan waktunya untuk bermain dan belajar dengan si kecil. Ajaklah sholat bersama, jangan takut anak bertingkah banyak. Ajarkanlah perlahan tentang agama. Tentang bersikap baik dan berikan pula contoh perilaku baik selama berada dirumah. Karena fase usia ini, anak akan banyak meniru kebiasaan orang tuanya, termasuk berkata yang baik juga.

Usia 4 tahun ke atas


IG: @bayupradana_bp

Ayah harus sering mengajak anak beraktivitas di luar. Seperti sholat berjamaah, bersilahturahim, bermain bersama teman-temannya. Hal ini sangat baik untuk menumbuhkan jiwa sosialnya. Juga meneladani nilai-nilai yang baik yang terlihat dari Ayahnya saat berinteraksi.


IG: @bangrasyiid

Nah, itu tadi peran Ayah yang nggak kalah penting dengan peran Ibu ya. Semoga kita bisa mendidik anak-anak kita dengan baik dan sangat baik. Semoga bermanfaat, bagikan artikel ini yaa.. Sampai jumpa..


IG: @bangrasyiid

Sumber: Rumahku Madrasah Pertamaku




Blog:
Dibuat & Didukung oleh: Tukang SEO

4 Comments

  1. Setuju nih. Ayah dan Ibu harus bekerja sama dalam mendidik anak. Supaya anak nggak deket sama salah satu aja, hehe..

    ReplyDelete
  2. Saya ayah, penting banget ajak anak untuk turut beraktivitas di luar, kayak ngajak sholat di Masjid (kalo sholat Jum'at, kedua anak saya semangat banget), keliling komplek naik motor, jalan pagi sekalian olah raga dan aktivitas lainnya.

    Kadang juga main game bareng lewat hape, jangan diliat dari 1 sisi saja, aktivitas ini juga bisa mendekatkan hubungan anak dan ayah jadi lebih erat, tentu dengan pengawasan yang ekstra... Selama membawa dampak positif, menurut saya oke-oke aja. Mau setuju atau gak, itu hak masing-masing yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul mas, yg penting bangun ikatan batin yg kuat thd anak 😁👍

      Delete

Silahkan berkomentar dengan bijak. Mohon tidak menyertakan link aktif atau komentar spam. Terima kasih :)