Penting! Cara Menstimulasi Kemampuan Bicara Anak

Pretty Black Cat

Penting! Cara Menstimulasi Kemampuan Bicara Anak



cara stimulasi, cara stimulasi bicara anak

Assalamu'alaikum. Hai Ibu dan Ayah. Saya mau berbagi tips lagi nih tentang cara stimulasi kemampuan bicara anak. Ketika anak menginjak usia 1 tahun, anak akan mengucap kata pertamanya. Seperti ayah, mama dan papa. Biasanya sih yang berbau vocal "A", haha..

Nah, disitulah peran para orang tua dalam menambah kosakata anak. Tapi terkadang, ada beberapa anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara. Oleh karenanya, penting untuk orang tua memperhatikan dan melatih kemampuan bicaranya sejak dini.

Berikut beberapa cara menstimulasi kemampuan bicara anak yang telah Saya rangkum. Simak yaa..

1. Berinteraksi dengan Anak Sejak Dini

Sejak anak lahir, interaksi dari orang tua harus di mulai. Misalnya mengucap kata~kata lucu, saat sedang mandi atau memakaikan pakaiannya. Semua hal yang dilakukan bisa menciptakan interaksi positif pada anak. Meski anak belum bisa merespon, tapi anak akan mendengar suara orang tuanya. Lakukan dengan rutin, maka anak akan merekam apa yang di dengarnya. Tapi ingat, berkatalah yang baik~baik, hehe..

2. Nyanyikan / Dengarkan Musik

Senandungkan lagu~lagu anak, atau bersolawat. Anak akan mendengarkan dan seolah merespon dengan ekspresinya dan mencoba mengikuti apa yang orang tuanya ucap. Cara ini sangat menyenangkan lho..

3. Ajak Anak Bermain sambil Belajar

Sempatkanlah belajar sambil bermain bersama anak. Ibu dan Ayah bisa mengajak anak bermain dengan sarana boneka, puzzle, mobil~mobilan, dsb. Atau bercerita dengan buku bergambar. Sebutkan gambar apa yang dilihat, dan minta anak untuk mengikutinya perlahan~lahan.

4. Ajak Anak untuk Bercerita dan Mengobrol

Usia di atas 1 tahun, anak mulai bisa berinteraksi dengan cukup baik. Coba tanyakan pada anak, apa dia sudah makan, atau sedang bermain apa. Anak akan mencoba berpikir dan berusaha menjawabnya. Latihlah anak untuk bisa merespon pertanyaan orang lain.

5. Tanggapi Ocehannya

Ada beberapa anak yang sudah cukup jelas berbicara, padahal usianya baru 2 tahun. Namun, adapula beberapa anak yang masih belum jelas kosakatanya. Nah, di sini Ayah dan Ibu akan mendengar dengan lebih ekstra, hehe.. Tanggapi saja apa celetukannya, mencoba mengartikan apa yang anak sampaikan. Ia akan sangat senang apabila ocehannya direspon. Hal ini melatih anak agar lebih bersemangat dalam berkosakata. Namun, jika kurang jelas, tapi kita mengerti apa yang anak ucapkan, cobalah untuk memperbaikinya, agar kemampuan bicaranya semakin baik.

Yup, itu tadi beberapa tips untuk menstimulasi kemampuan bicara anak. Satu hal, orang tua harus sabar yaa, hehe.. Tapi jangan terlalu cerewet juga. Sedikit demi sedikit ajarkanlah kata~kata yang baik pada anak.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa share yaa.. Sampai jumpaa..

Sumber: Shopee Moms Club


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Tiap anak memang beda-beda cara tumbuhnya. Semuanya balik lagi ke org tua, harus benar-benar sabar, hehe

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.