Cat

09 December 2019

Yuk! Siapkan Si Kecil dengan Karakteristik yang Mengagumkan


Menjadi ibu atau calon ibu, pastinya ingin memiliki anak yang tumbuh kembangnya sangat baik, termasuk karakteristik yang kuat pada anak. Dan agar dewasa nanti mereka bisa menjadi pribadi yang baik dan memiliki prestasi serta kesuksesan yang luar biasa.

Apa aja ya karakteristik baik yang harus di miliki si kecil ? Yuk, langsung baca aja.

1. Berani

Sebagai orang tua, pastilah ada rasa cemas dalam diri, apakah si kecil mampu untuk melakukan segala sesuatunya sendiri ? Nah, ibu bisa lho memulai mengajarkan kepada si kecil tentang beberapa keberanian untuk melakukan sesuatu. Misalnya, menyuruhnya untuk tidur sendiri, atau sesuatu yang lain yang mengharuskannya bersikap berani. Jika dia berhasil, berilah pujian, karena dia sudah berani melakukan hal kecil namun sangat berpengaruh untuk masa depannya.

2. Banyak Akal 

Ini salah satu karakter anak yang paling saya suka. Karena, hal ini akan membuat kita sangat takjub kepada anak. Mulailah dengan melatih anak untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Namun, jangan terburu-terburu untuk membantu. Biarkan dia berpikir dan memutuskan apa yang sebaiknya dia lakukan. Hal itu akan mengasah pikiran anak. Dan alangkah baiknya jika orang tua tidak terlalu banyak melarangnya melakukan sesuatu yang baik. Biarkan dia berekspresi. Namun, tetap awasi anak agar tetap aman berkegiatan yaa..

3. Adaptif

Kemampuan beradaptasi sangat penting lho, karena anak kelak akan beranjak dewasa dan menemukan berbagai hal baru dalam hidupnya. Dan sikap adaptif menjadi modal utama untuk bisa berbaur dalam lingkungan sosialnya. Misalnya saja, lepaskan anak untuk bermain dengan teman-teman barunya. Dari situ ibu bisa perhatikan bagaimana reaksinya terhadap orang-orang di sekelilingnya, terutama yang belum dia kenal.

4. Mandiri

Ajarkan anak untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Misalnya saja, makan, mengambil minum, memakai baju sendiri, sampai pipis sendiri. Namun, harus tetap diperhatikan yaa.. Selalu berikan contoh baik terlebih dulu, maka lambat laun, anak pasti akan mengikutinya. Dan jangan lupa untuk memberinya pujian, atau sekedar bertepuk tangan.

5. Gigih

Melatih kemampuan anak untuk menjadi pribadi yang tekun, rajin dan teguh pada pendiriannya. Dan ajarkan anak untuk selalu menyelesaikan segala sesuatu hingga tuntas, dan bukan setengah-setengah. Misalnya saja, ajak anak bermain lego, atau puzzle. Selain kegigihan yang tercipta pada diri sang anak, akan tumbuh pula rasa kesabaran yang luar biasa.

6. Mengalah

Karakteristik satu ini memang agaknya susah untuk di bangun. Misalnya, saat bermain dengan teman seusianya atau bahkan dibawahnya, pasti ada saja mainan yang diperebutkan. Nah, cobalah untuk mengajarkan agar mengalah pada yang lebih kecil, atau dengan kalimat lain seperti "main bareng yaa.." Kegiatan ini akan sangat menguras suara ibu ya, hehe..

Oke, itulah tadi beberapa cara menumbuhkan karakteristik si kecil untuk menjadikannya pribadi yang sangat baik jika dewasa kelak.

Semoga bermanfaat yaa.. Sampai jumpaa..

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri penilaian, masukan dan saran yang membangun. Mohon tidak menyertakan link aktif atau komentar spam. Terima kasih :)

Pageviews