Adbox
LightBlog

13 November 2019

Sejarah Unik Hari Ayah Nasional


Hi para pembaca setia kyndaerim.com. Hari ini merupakan Hari Ayah Nasional lho. Ada yang tau nggak sejarah tercetusnya Hari Ayah Nasional ? Saya juga baru tau kok, hehe.. Ayoklah kita simak bareng-bareng sejarah Hari Ayah Nasional.

Tepat di hari ini tanggal 12 November adalah ditetapkannya Hari Ayah Nasional. Gimana ya sejarah asal mula dari Hari Ayah Nasional ?

Ayah merupakan sosok penting di keluarga. Selain sebagai pencari nafkah, tugas lain Ayah adalah sebagai kepala rumah tangga, pelindung keluarga dan sebagainya. Biasanya pendapat Ayah juga sangat dibutuhkan dalam keluarga.

Sebagaimana telah adanya Hari Ibu di tanggal 22 Desember, maka hal itu telah mendorong untuk tercetusnya pula Hari Ayah Nasional di tanggal 12 November. Keduanya di peringati sebagai rasa ingin menghargai pengorbanan dan perjuangan Ayah dan Ibu.

Dikutip dari Tribun, Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara tersebut mendapat sambutan cukup baik dan mendapatkan sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Beberapa surat terbaik tersebut dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, Mahasiswa, serta umum. Momen tersebut kian mengharukan ketika anak-anak yatim piatu melakukan sungkeman pada ibu-ibu dari Panti Jompo. Usai acara, panitia penyelenggara dibuat terkejut dengan pertanyaan para peserta, "Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi."

Pertanyaan tersebut menggugah hati untuk mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. PPIP berusaha mencari informasi tentang hari ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta. Mereka menanyakan kapan hari ayah di Indonesia dan jika belum ada penetapan hari Ayah, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah. Namun ketika itu PPIP tak mendapatkan jawaban memuaskan.

Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'.

Di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku 'Kenangan untuk Ayah' yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah. Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. Setelah itulah setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.
Cukup unik ya sejarah Hari Ayah Nasional. Semoga seluruh Ayah di dunia selalu di berikan kesehatan serta kebahagiaan dalam hidupnya dan untuk bisa lebih dekat dengan keluarganya. Aamiin..

Baca juga ya puisi Hari Ayah Nasional di postingan berikutnya. Sampai jumpa.

1 comment:

Silahkan beri penilaian, masukan dan saran yang membangun. Mohon tidak menyertakan link aktif atau komentar spam. Terima kasih :)

LightBlog
LightBlog