Penyebab, Gejala Munculnya Biang Keringat dan Cara Mengatasinya



Penyebab, Gejala Munculnya Biang Keringat dan Cara Mengatasinya

Cuaca panas belakangan membuat siapa saja merasa tidak nyaman ketika melakukan aktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan. Hal ini pun membuat munculnya biang keringat di beberapa bagian tubuh, seperti punggung, leher, bahkan wajah.

Biang keringat, atau yang biasa disebut dengan keringat buntet ini adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya ruam merah dan gatal. Ruam ini terjadi akibat saluran keringat yang tersumbat oleh keringat dan sel kulit mati.

Penyebab Munculnya Biang Keringat

Penyebab biang keringat yang paling umum terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa adalah:

1. Cuaca Panas dan Lembap

Cuaca yang panas dan lembap dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak keringat. Jika keringat tidak dapat menguap dengan sempurna, maka dapat menyumbat saluran keringat.

2. Mengenakan Pakaian yang Terlalu Ketat atau Tebal

Pakaian yang terlalu ketat atau tebal dapat menghambat sirkulasi udara dan membuat kulit menjadi lebih panas. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya biang keringat.

3. Olahraga Terlalu Berat

Olahraga yang berat dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak keringat. Jika keringat tidak dapat menguap dengan sempurna, maka dapat menyumbat saluran keringat.

4. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan, seperti obat antidepresan, obat antihipertensi, dan obat antikonvulsan, dapat meningkatkan risiko terjadinya biang keringat.

5. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti diabetes dan penyakit ginjal, dapat meningkatkan risiko terjadinya biang keringat.

Gejala Biang Keringat

Gejala biang keringat biasanya muncul dalam beberapa jam atau hari setelah terpapar faktor-faktor yang dapat menyebabkannya. Gejala tersebut meliputi:

- Ruam kecil kemerahan

- Gatal

- Perih

- Sensasi menyengat

Cara Mengatasi Biang Keringat

Biang keringat biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi gejala biang keringat, yaitu:

1. Menjaga Kulit Tetap Dingin

Kamu bisa mandi dengan air hangat dengan cairan antiseptik, atau gunakan kipas angin atau AC untuk mendinginkan ruangan.

2. Mengompres Area yang Terkena Ruam

Kompres area yang terkena ruam dengan es batu yang dibalut kain atau handuk selama kurang lebih 10 menit sekali.

3. Menggunakan Bedak Talek

Bedak talek dapat membantu menyerap keringat dan mencegah kulit menjadi lembap.

4. Menggunakan Obat-obatan Topikal

Obat-obatan topikal, seperti calamine lotion atau krim hidrokortison, dapat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan.

Jika biang keringat tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter. Nantinya dokter akan meresepkan obat-obatan oral, seperti antihistamin atau antibiotik.

Dengan mengetahui penyebab, gejala, dan cara mengatasi biang keringat, maka kamu bisa segera mengantisipasinya dan bahkan mencegah biang keringat muncul kembali. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

0 Komentar