"Sabar Itu Ada Batasnya," Masa Sih?

Blooming Sparkly Red Rose

"Sabar Itu Ada Batasnya," Masa Sih?




Assalamu'alaikum. Masih tetap sehat dan sabar ya berdiam diri di rumah, hehe..

Ngomong-ngomong soal sabar, pasti kamu pernah dengar ya kalimat "sabar itu ada batasnya". Coba deh, untuk jangan pernah lagi mengucapkan kalimat itu. Soalnya, kalimat itu nggak benar, tapi bukan berarti salah juga ya, cuma kurang pas aja pemahamannya.

Kata sabar, sangat banyak disebutkan dalam Alquran dan hadist. Intinya, kesabaran adalah merupakan kunci keberhasilan dalam hidup. Kesabaran juga salah satu jalan menuju kemenangan.

Seringnya pemikiran kita terlalu dangkal memaknai kalimat "sabar itu ada batasnya". Sesungguhnya, jika kita berpikir demikian, hal itu malah membuat kita semakin lemah dan seakan tidak menerima segala persoalan dalam hidup, yang sejatinya semua itu adalah ujian dari Allah SWT. Terlebih lagi, pemahaman tersebut akan menimbulkan sifat dendam dalam batin kita.

Cobalah untuk lebih ikhlas menjalani apa yang sudah menjadi ketentuan Allah SWT. Yakinlah, jika kita sabar, Allah akan memberikan hasil yang terbaik kepada apa yang telah kita nanti, selain segudang pahala tentunya. Karena, setiap rencana yang kita buat pastilah kita anggap baik. Di luar dari itu semua, bisa saja kita tidak puas dengan hasil yang didapat. Dengan kata lain, rasa kecewa, sakit hati, dan seolah tidak menerima kenyataan, sedikit demi sedikit muncul dalam pikiran. 

Tetapi, jangan pernah mengeluh atau bahkan menyesal, karena Allah lebih mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Allah lebih memahami apa yang kita butuhkan dan seberapa mampu kita bertahan untuk bersikap lebih sabar menghadapi segala sesuatu.

Allah SWT berfirman dalam surah Al Kahfi ayat 7 yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan bagi manusia, agar kamu menguji mereka siapakah diantara mereka yang terbaik perbuatannya.”

Makna dari ayat di atas adalah, bahwa untuk menjadi manusia yang terbaik, maka ketaatannya perlu untuk di uji terlebih dulu. Sederhananya, contoh dalam sekolah, pasti selalu ada ujian yang harus dilewati supaya bisa naik kelas. Sama halnya dengan tingkat keimanan seseorang yang harus di uji terlebih dahulu, seberapa besar kesabaran yang ia miliki untuk menghadapi berbagai ujian hidup. Karena sejatinya, keimanan dan ketaqwaan adalah hal utama yang sangat berharga dari pada kehidupan di dunia. Itulah prestasi terbaik yang harus kita miliki. Selalu merasa kurang dihadapan Allah, karena itulah prestasi terbesar hambaNya dalam meraih ketaqwaan.

Allah tidak pernah memberikan batas apapun untuk kebaikan, begitu juga dengan kesabaran. Sesungguhnya, Allah sedang berencana menaikkan derajat hambaNya ketika ditimpa suatu permasalahan. Maka patut untuk kita selalu bersyukur terhadap apa yang Allah beri, sekalipun dalam keadaan susah.

Sabar adalah hal terpenting yang harus ada dalam diri setiap manusia. Karena sabar adalah kunci menuju ketaqwaan dan jalan menuju kemenangan.

Jujur, saya sendiri kadang masih suka nggak sabar dalam hal-hal kecil. Tapi, pasti selalu ada yang mengingatkan atau lebih sering mengelus dada sendiri sambil hela napas panjang dan beristighfar. Masih perlu banyak belajar nih untuk bisa lebih lebih dan lebih sabar dalam menghadapi apapun termasuk hal-hal kecil. Bismillah..

Bersabarlah, sesungguhnya sabar itu tidak ada batasnya.

Itu dulu keseriusan saya membahas tentang sabar yang nggak ada batasnya. Semoga kita selalu sabar  dalam menghadapi apapun. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa. Wassalamu'alaikum.

Gif: tenor.com


Post a Comment

14 Comments

  1. Istilah SABAR ITU ADA BATAS NYA berarti harus di ubah ya teh, hehehe. Makasih postingannya, jadi banyak mengingatkan.

    ReplyDelete
  2. ya inti nya harus tetap sabar dalam menghadapi apa pun... :)

    jangan lupa mampir ya mbak :) nice atricle

    ReplyDelete
  3. Aq dari dulu paling susah sabar lo mba 😂 harap maklum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, semacam udah mendarah gitu ya, gawat 😂

      Delete
  4. Innallaha ma'a shobirin ya mba hehe :)

    ReplyDelete
  5. Bener juga mbak, kadang kita sering ngucapin kalimat "sabar itu ada batasnya' padahal kalau ditelaah lebih dalam lagi, ini jangan-jangan kita sudah capek untuk bersabar atau malah tidak ikhlas menjalaninya. Yuk mari bersabar atas apa yang telah digariskan, percayalah Allah menguji hambanya sesuai kadar atau kemampuannya.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap! Karena sabar itu termasuk pengingat diri untuk jadi pribadi yang lebih baik 😁

      Delete
  6. Bersyukur adalah cara untuk menikmati hidup.. semangat mba!

    ReplyDelete

Sponsored by Bali Digital Marketing Agency

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.