Liburan Akhir Tahun di Bali? Simak Hal Penting Ini!


Aaawww.. !! Kurang dari dua bulan lagi, masa liburan akhir tahun segera tiba. Siapa nih yang udah atur jadwal liburan akhir tahun ? Pada mau kemana sih ? Udah siapin budget belum ? Pokoknya apapun itu, kalian harus benar-benar mempersiapkannya dengan baik ya.

Ok. Karena kebetulan Kynda berdomisili di Bali, jadi buat kalian yang mau liburan akhir tahun di Bali, bisa intip beberapa tips jitu yang terbaik menurut Kynda. Tau sendiri kan yang namanya Bali itu selalu jadi salah satu tempat favorit para pelancong untuk berlibur.

Namun, kebanyakan orang yang ingin berlibur, hanya memikirkan kesenangannya saja. Sebenarnya banyak hal penting lain yang harus diperhatikan ketika akan berlibur, khususnya di Bali. Langsung ke TKP aja yaa..


1. Kemacetan


Kemacetan adalah musuh pertama yang harus kamu hadapi ketika akan melakukan perjalanan menuju tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Apalagi kebanyakan ruas jalan di Bali tidak selebar atau seluas jalan-jalan di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Kemacetan paling sering terjadi di arah jalan menuju tempat wisata daerah Bali selatan, seperti Bedugul atau Kintamani.Di hari biasa saja banyak bis-bis pelancong dari Jawa. Atau sekolah-sekolah yang mengadakan study tour.


Terkadang malah ada pernyataan, "Oh, it's okay. Saya sudah terbiasa kok dengan macet", tapi lihatlah bahwa semua jadwal liburanmu akan menjadi kacau balau, dan tidak tepat waktu, malah membuang waktu. Sayangkan..??


Misalnya nih, dari Denpasar kamu hendak ke Bedugul. Kamu sudah memprediksi lama perjalanan 3 jam (sudah termasuk antisipasi macet). Dari Bedugul kamu berencana langsung ke Kintamani. Total perjalanan yang kamu perkirakan sekitar 6 jam (Denpasar-Bedugul-Kintamani).


Ternyata di tengah jalan raya Denpasar-Singaraja kamu terjebak kemacetan yang luar biasa (ingat, ini kondisi peak season loh). Otomatis waktu perjalanan bertambah. Tentunya ini akan mengurangi jatah waktu untuk bersenang-senang di tempat wisata yang dituju bukan?


Semestinya kamu bisa bersantai di Kebun Raya Bedugul atau di Danau Bratan sekitar dua jam. Berhubung waktunya sudah terpotong di jalan raya, momen untuk bersantai di sana jadi lebih singkat.


2. Penginapan Dekat Bandara dan Sewa Motor


Segera cari penginapan dekat bandara. Pesanlah minimal 3 bulan sebelum berangkat, karena harganya belum terlalu mahal, haha.. Selain itu kamu nggak perlu lagi naik taksi atau sewa mobil, kamu bisa 'ngegembel' berjalan dari atau ke bandara. Dan saat mau keliling Bali, lebih baik menyewa sepeda motor. Cara ini akan ampuh untuk kamu lebih cepat sampai dan tidak memakan waktu saat melakukan perjalanan menuju tempat wisata. Dan mending save money untuk keperluan lain dari pada sewa mobil dan beli bensin.


3. Berangkatlah Lebih Awal


Persiapkan perlengkapan traveling dengan baik, lalu berangkatlah lebih pagi agar terhindar dari panas matahari dan macet. Dan lebih baik memulai perjalanan ke arah utara atau timur. Seperti tempat wisata Ubud, Desa Panglipuran atau Kintamani. Memang perjalanan akan sedikit lebih jauh, tapi yakinlah kamu tidak akan membuang waktumu hanya karena macet yang sering terjadi di daerah Kuta, Nusa Dua atau Uluwatu.


4. Tujulah Pulau Sekitar Bali


Kamu harus tau, bahwa pulau-pulau disekitar Bali juga tak kalah indah. Salah satunya Nusa Penida. Dan kebanyakan wisata di pulau ini termasuk murah meriah. Juga kamu bisa menyewa sepeda motor atau sepeda dayung untuk berkeliling pulau. Hanya saja kamu harus menyeberang laut dulu, dan biaya tiketnya lumayan sih, tapi kamu akan lebih tenang menikmati liburan akhir tahun. Percayalah!


Yes.. Itu aja deh tipsnya. Segera deh buat daftar liburan akhir tahun di bali, dan perhatikan betul persiapannya, jangan sampai ada yang terlupa atau terlewatkan. Semoga berfaedah. Sampai jumpaa..

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan beri penilaian, masukan dan saran yang membangun. Mohon tidak menyertakan link aktif atau komentar spam. Terima kasih :)

My Instagram

Pageviews